Home & Living

10 Juli 2021

10 Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil

Pilihan sofa di bawah Rp2.000.000 banyak loh, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sofa minimalis merupakan salah satu furniture yang ada di ruang tamu kecil. Sofa minimalis dipilih dengan tujuan supaya ketika ada orang yang bertamu ke rumah, maka orang tersebut bisa dipersilahkan untuk duduk di atas sofa tersebut.

Sofa juga menjadi hal pertama yang akan dilihat saat ada tamu berkunjung ke rumah. Bisa dikatakan kalau sofa bisa menimbulkan kesan pertama bagi para tamu yang datang.

Oleh karena itu, keberadaan sofa minimalis sangatlah penting untuk Moms perhatikan karena akan menyita hampir 50% persen lebih ruang di dalam ruang tamu minimalis.

Baca Juga: 12 Film Horor Komedi Terbaik, Pas untuk Nikmati Akhir Pekan

Tips Memilih Sofa

Dalam memilih sofa minimalis, Moms harus memperhatikan beberapa hal yang ada di bawah ini:

1. Tentukan Jenis Sofa

Sofa Minimalis

Foto: pexels.com/Pixabay

Hal yang pertama adalah tentukan jenis sofa minimalis yang akan dibeli terlebih dahulu. Ada banyak jenis sofa minimalis sehingga pasti bisa membuat Moms kebingungan memilih mana yang cocok untuk ruang tamu kecil.

Jika sudah menentukan jenis sofanya, barulah Moms bisa dengan mudah membeli sofa minimalis yang cocok.

2. Tentukan Bahan Material

Hal yang kedua adalah tentukan bahan material sofa minimalis. Bahan material sofa ini ada banyak juga jenisnya, yaitu:

  • Katun

Bahan material sofa minimalis yang paling banyak digunakan adalah katun. Bahan katun memiliki kelebihan harganya yang sangat terjangkau sehingga cocok untuk rumah minimalis.

Bahan katun terbuat dari jalinan benang dengan tingkat kerapatan tertentu. Semakin kuat kerapatannya, maka semakin awet bahan tersebut digunakan.

Kekurangan dari bahan katun adalah tidak tahan air sehingga jika ada cairan yang tumpah di atas sofa minimalis akan dengan mudah terserap ke dalamnya.

Baca Juga: Cari Tahu Warna Cat Dinding Terbaik untuk Zodiak Kita!

  • Kulit

Bahan kulit menjadi salah satu material sofa minimalis yang membuat tampilan sofa menjadi lebih mewah dan berkelas. Kulit yang digunakan bisa berupa kulit hewan seperti kulit sapi atau kulit lainnya.

Sofa yang dibuat dari bahan dasar kulit memiliki daya tahan yang lama dan tinggi jika dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Ditambah lagi, sofa kulit juga tahan air sehingga Moms hanya perlu membersihkan dengan cara mengelapnya saja.

Sayangnya, kekurangan dari bahan kulit adalah harga yang dibandrol juga cukup mahal. Harga sofa kulit bahkan bisa dua kali lipat mahalnya dari material biasa. Selain itu, sofa berbahan kulit harus Moms hindari dari paparan sinar matahari langsung supaya tidak cepat mengelupas.

  • Semi Kulit
Sofa Minimalis (pexels.com Martin Péchy).jpeg

Foto: pexels.com/Martin Péchy

Jika budget buat sofa minimalis tidak banyak, Moms bisa memilih bahan material semi kulit. Bahan semi kulit disebut dengan bahan oscar yang memiliki karakteristik mirip dengan bahan kulit.

Tak jauh berbeda dengan bahan kulit, bahan semi kulit juga sangat mudah dibersihkan. Meski bahannya semi kulit, tapi tetap saja harganya di atas bahan-bahan sofa minimalis lainnya.

  • Polyester

Bahan material ketiga yang banyak digunakan pada sofa minimalis adalah polyester. Bahan polyester ini terbuat dari serat buatan manusia. Sekilas bahan ini memang mirip dengan bahan katun, tapi bahan polyester berbeda dengan bahan katun karena tidak mudah meresap air.

Dengan begitu, sofa minimalis akan menjadi lebih awet. Harganya juga sangat terjangkau. Untuk cara membersihkannya, Moms bisa melakukan teknik dry cleaning.

Bahan polyster biasanya juga dipadukan dengan bahan lainnya seperti katun, rayon, hingga wool agar lebih awet. Polyester campuran dikenal sebagai polyester sintesis.

Baca Juga: Tidak Cuma Pink, 5 Warna Cat Dinding Ini Juga Cocok untuk Kamar Anak Perempuan

  • Rayon

Jenis bahan material selanjutnya adalah rayon. Rayon dihasilkan dari serat regenerasi selulosa. Bahan rayon juga sekilas mirip dengan bahan katun sehingga kita bisa salah mengenalinya.

Kelebihan dari bahan rayon memiliki harga yang jauh lebih murah dan tahan lama. jika dibandingkan bahan lainnya dengan harga serupa.

Kekurangan dari bahan rayon adalah teksturnya mudah terbakar dan mudah menciut atau mengkerut.

  • Nilon
Sofa Minimalis

Foto: pexels.com/Vecislavas Popa

Nilon adalah bahan yang terbuat dari serat buatan dan banyak digunakan sebagai material pembuatan sofa minimalis.

Bahan ini memiliki kelebihan punya tingkat elastisitas yang tinggi tidak mudah robek, tahan air, tahan jamur, serta mudah dicuci karena ringan.

Untuk kekurangan dari material nilon adalah lapisan luarnya mudah rusak jika terkena sinar matahari langsung. Jadi sebisa mungkin letakkan sofa di tempat yang tidak terjangkau sinar matahari.

  • Linen

Bahan linen juga bisa digunakan sebagai material sofa minimalis. Bahan linen memiliki serat alami yang kekuatannya 2-3 kali lipat lebih kuat dari bahan katun.

Kekurangan dari bahan linen ini, biasanya tidak memiliki banyak motif alias kebanyakan polos, hanya warnanya saja yang berbeda.

Jika terkena noda, usahakan untuk tidak menggunakan pembersih dengan bahan kimia karena bisa membuat permukaan sofa mengelupas. Moms bisa membersihkannya dengan menggunakan air dan kain kering atau ditambahkan baking powder untuk menghilangkan nodanya.

Baca Juga: 5 Tips Desain Kamar Minimalis Ala Korea, Cobain ya!

  • Chennile

Selanjutnya ada bahan chennile. Bahan ini memiliki tekstur seperti pilinan benang yang cukup tebal sehingga kuat, tidak mudah robek, dan tahan lama.

Bahan ini juga banyak ragam pilihan warna dan coraknya sehingga bisa Moms pilih yang sesuai dengan tema ruang tamu. Kekurangan dari bahan chennile adalah materiak sofa minimalis ini sangat sulit dibersihkan dari noda.

  • Akrilik
Sofa Minimalis

Foto: indonesia.alibaba.com

Akrilik adalah bahan material yang termasuk serat sintesis. Akrilik adalah imitasi dari jenis bahan wool.

Bahan akrilik tahan terhadap paparan sinar matahari dan mudah kering saat terkena air sehingga Moms tak perlu repot membersihkannya. Bahan ini juga tidak mudah kusut dan tahan lama. Kekurangannya adalah bahan ini mudah terbakar.

  • Velvet

Bahan yang terakhir adalah velvet. Bahan velvet ini tampilannya sangat mewah sehingga bisa menjadikan tampilan ruang tamu jadi lebih apik.

Tekstur dari bahan velvet ini sangat halus dan mengkilap sehingga mudah untuk dibersihkan saat terkena kotoran. Tapi sayangnya, bahan velvet untuk sofa minimalis memiliki harga yang cukup mahal.

Baca Juga: Yuk Dekorasi Kamar Tidur dengan 4 Pilihan Desain Terbaik 2019 Ini!

3. Selaraskan dengan Tema Ruangan

Sofa Minimalis Ruang Tamu

Foto: pexels.com/Max Vakhtbovych

Dalam memilih sofa minimalis, usahakan untuk menyelaraskan dengan tema ruang tamu. Terkadang kita tertarik untuk memilih yang disuka tanpa memikirkan apakah sofa tersebut cocok untuk ruang tamu kita atau tidak.

Oleh karena itu, sebelum membeli sofa minimalis, ada baiknya cocokkan dulu dengan tema ruang tamu. Misalkan saja, ruang tamu Moms bertema shabby chic, maka sofa dengan material katun berwarna pastel bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Ada tipe sofa untuk dua dudukan dan ada yang tiga dudukan, Moms harus memilih mana yang sesuai dengan luas ruangan. Jangan sampai sofa terlalu kecil atau terlalu besar saat sudah diletakkan di dalam ruang tamu.

Sebaiknya, sebelum membeli sofa minimalis, ada baiknya Moms mengukur terlebih dahulu luas ruang tempat untuk meletakkan sofa sehingga nanti Moms tidak salah beli ukuran.

Misalkan saja untuk luas ruang tamu 3x3 meter, maka pilihlah sofa dua dudukan supaya tidak terlalu makan tempat. Tapi jika luas ruang tamunya lebih dari itu, maka Moms bisa memilih sofa tiga dudukan.

Baca Juga: 9+ Ide Desain Kamar Mandi Minimalis yang Bisa Ditiru

5. Pilih Sofa dengan Rangka yang Kuat

Sofa Minimalis

Foto: pexels.com/Max Vakhtbovych

Saat membeli sofa minimalis, salah satu hal terpenting yang wajib Moms cek adalah rangka dari sofa tersebut. Carilah yang memiliki rangka kuat. Sofa dengan rangka yang kuat bisa membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Cari sofa dengan rangka yang menyatu dengan badan atau setidaknya dibor menggunakan paku. Hindari membeli sofa yang hanya dirangkai dengan lem atau staples saja karena pasti akan mudah jebol dan rusak.

Biasanya sofa dengan rangka yang dilem atau staples ini adalah sofa yang dijadikan sebagai dekorasi saja alias tidak boleh sering-sering diduduki.

6. Periksa dengan Teliti Dudukan Sofa

Dudukan sofa juga harus kita cek dengan teliti. Meski ini adalah sofa untuk ruang tamu, bukan untuk ruang keluarga, tapi usahakan untuk memberikan yang nyaman.

Sofa minimalis yang nyaman ini biasanya terletak pada dudukan sofanya. Jadi kalau ketika Moms duduk merasa empuk dan nyaman, maka Moms boleh memilihnya.

Tapi jika saat duduk terdengar bunya pegas, maka sebaiknya Moms tidak memilihnya karena itu tandanya dudukan sofa tidaklah kuat untuk diduduki berlama-lama.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Rumah yang Perlu Diperhatikan

7. Cek Ketinggian dan Kedalaman Sofa

Sofa Minimalis

Foto: pexels.com/Skitterphoto

Tips selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengecek ketinggian dan kedalaman sofa yang akan Moms beli.

Pastikan saat Moms duduk, telapak kaki bisa menyentuh lantai alias tidak menggantung saat duduk. Dengan begitu, posisi duduk di sofa tersebut akan terasa nyaman.

Selain mengecek ketinggian, Moms juga harus mengecek kedalaman sofa. Jangan sampai sofa terlalu kecil sehingga tidak bisa menampung badan saat sedang duduk.

8. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Tips yang terakhir adalah sesuaikan dengan kemampuan finansial Moms. Sebisa mungkin usahakan untuk membeli yang ramah di kantong.

Hindari untuk memaksakan diri membeli sofa yang harganya di atas kemampuan finansial karena jika Moms mau mencaritahu pasti ada sofa minimalis yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan finansial.

Baca Juga: 15 Aplikasi Desain Rumah, Yuk Mulai Rancang Rumah Idaman!

Sofa Minimalis Terbaru dengan Harga di Bawah Rp2.000.000

Jika dana Moms terbatas, tak perlu khawatir. Ada banyak sofa minimalis dengan harga di bawah Rp2.000.000. Untuk pilihannya, cek di bawah ini:

1. Hemlingby dari IKEA

Sofa Minimalis Hemlingby

Foto: ikea.co.id

Untuk pilihan sofa minimalis pertama adalah hemlingby dari IKEA. Sofa minimalis ini hanya dibandrol seharga Rp1.795.000.

Bahannya terbuat dari polyester sehingga Moms bisa membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner. Sofa ini berjenis dua dudukan dengan ukuran panjang 145 cm dan bagian kaki sofa yang terbuat dari kayu.

Hemlingby memiliki warna abu-abu tua yang cocok untuk tema rumah industrial.

2. Glostad dari IKEA

Sofa minimalis glostad

Foto: ikea.co.id

Masih dengan sofa minimalis dari IKEA, ada glostad yang harganya juga sama dengan hemlingby yakni hanya Rp1.795.000.

Glostad ini terbuat dari bahan polyester juga sehingga mudah untuk membersihkannya. Satu hal yang membedakannya dari hemlingby adalah bagian kakinya yang terbuat dari material besi.

Selain itu glostad juga memiliki dua dudukan. Selain warna biru, sofa minimalis ini juga tersedia dalam warna abu-abu tua.

Baca Juga: 75 Kata-kata Motivasi Terbaik untuk Hidupmu

3. Knopparp dari IKEA

Sofa minimalis Knopparp

Foto: ikea.co.id

Knopparp adalah sofa minimalis dari IKEA berwarna abu-abu muda. Knopparp dibandrol seharga Rp1.995.000. Untuk pilihan warnanya selain abu-abu muda ada biru tua.

Sofa minimalis ini memiliki dua dudukan dan dibuat dari bahan polyester. Bagian bawah kakinya menggunakan baja sehingga kuat.

Bentuk dari sofa ini sangat ramping sehingga cocok untuk ruangan dengan luas yang terbatas.

4. Hammarn dari IKEA

Sofa Minimalis Hammarn

Foto: ikea.co.id

Ruang tamu Moms bergaya industrial atau minimalis modern? Sofa Hammarn dari IKEA bisa menjadi pilihan yang cocok untuk ruang tamu kecil Moms.

Pasalnya, sofa minimalis ini ukurannya sangat mungil tapi bisa untuk duduk dua orang. Selain itu, Hammarn memiliki fungsi lain yakni bisa sebagai tempat tidur jika sedang ada tamu.

Hammarn terbuat dari bahan material polyester dan dibandrol seharga Rp1.795.000.

Baca Juga: 75 Kata-kata Keren yang Bisa Dijadikan Caption Medsos

5. Sofa Bed Kina dari Fabelio

Sofa Bed Kina

Foto: fabelio.com

Sofa minimalis berikutnya adalah Sofa Bed Kina dari Fabelio. Sofa ini adalah tipe sofa bed sehingga bisa digunakan sebagai tempat tidur juga. Sofa Bed Kina ini berjenis tiga dudukan karena panjangnya hingga 160 cm.

Sofa minimalis ini memiliki varian warna yang lebih bervariasi. Mulai dari warna kuning mustard, merah ati, hingga biru dongker. Sofa Bed Kina ini dibandrol seharga Rp1.399.000.

6. Brill Black dari Fabelio

Brill Black Sofa Minimalis

Foto: fabelio.com

Brill Black dari Fabelio bisa menjadi pilihan sofa minimalis di bawah Rp2.000.000 karena Brill Black dibandrol seharga Rp1.795.000. Sofa minimalis ini berjenis sofa dua dudukan dengan sandaran lengan di samping kanan kirinya.

Brill Black tersedia dalam dua pilihan warna, yakni abu-abu dan hitam. Sofa minimalis ini terbuat dari bahan katun sehingga awet digunakan.

Baca Juga: 100 Kata-kata Lucu yang Bikin Harimu Jadi Nggak Bete Lagi

7. Doumi Betty Sofa Bed dari Doumi

Doumi Betty Sofa Bed

Foto: dekoruma.com

Buat yang rumahnya punya tema ceria, ada Doumi Betty Sofa Bed yang memiliki banyak pilihan warna cerah untuk Moms pilih.

Sofa minimalis ini punya pilihan warna kuning lemon, hijau muda cerah, cokelat muda, krem, putih, biru muda, merah, abu-abu muda, hingga merah burgundy.

Doumi Betty Sofa Bed hanya dibandrol seharga Rp1.690.000. Bahan material sofa minimalis ini adalah kulit sintesis dan bagian kakinya ini dari bahan stainless steel sehingga kuat.

8. OLC Sofabed Luxio dari OLC

OLC Sofabed Luxio

Foto: dekoruma.com

Suka dengan bahan kulit sintesis tapi ingin model yang lain? Moms bisa melirik OLC Sofabed Luxio yang juga sama-sama dibuat dari kulit sintesis dan bagian kakinya dibuat dari bahan stainless steel.

Sofa minimalis ini dibandrol dengan harga yang sedikit lebih mahal yakni Rp1.886.999. Sofa ini memiliki banyak sekali pilihan warna. Mulai dari warna yang cerah hingga kalem.

Baca Juga: 10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Rumah Mungil

9. OLC Sofabed Ivanka Two Tone dari OLC

OLC Sofabed Ivanka Two Tone

Foto: dekoruma.com

Jika tidak begitu suka dengan material kulit sintesis, ada bahan kain woven yang bisa Moms pilih. OLC Sofabed Ivanka Two Tone memiliki dua warna dalam satu sofa. Warnanya ini sebenarnya adalah warna turunan dari warna dasar.

Pada bagian bawa kaki sofanya terbuat dari stainless steel dan untuk seri warnanya ada banyak pilihan, mulai dari polos hingga bercorak. OLC Sofabed Ivanka Two Tone dibandrol seharga Rp1.943.000.

10. Ebonia PONY Sofa 2 Dudukan Fabric dari Ebonia

Ebonia PONY Sofa 2 Dudukan Fabric

Foto: dekoruma.com

Tema ruang tamu Moms shabby chic, vintage, hingga girly? Ebonia PONY Sofa 2 Dudukan Fabric bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Moms karena varian warna dari sofa ini sangat kalem warnanya.

Ada pilihan warna biru telur asin, putih, cokelat muda, abu-abu muda, dan masih banyak lagi. Ebonia PONY Sofa 2 Dudukan Fabric

Ternyata ada banyak kan Moms sofa minimalis di bawah Rp2.000.000. Jadi Moms tak perlu khawatir lagi. Semoga salah satu sofa minimalis di atas ada yang cocok untuk ruang tamu kecil Moms.

  • https://www.universalexplorehome.com/2020/07/15/8-tips-for-choosing-the-perfect-sofa/
  • https://www.thespruce.com/tips-for-buying-a-great-sofa-1391218
  • https://www.ruparupa.com/jual/sofa
  • https://www.cekaja.com/info/15-sofa-ruang-tamu-sempit
  • https://fabelio.com/cp/ruang-tamu/sofa
  • https://www.ikea.co.id/in/search/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/10-jenis-sofa-minimalis-dan-cara-memilihnya-20200
  • https://artikel.rumah123.com/10-contoh-desain-sofa-l-minimalis-muat-di-ruang-tamu-kecil-70228
  • https://www.tokopedia.com/blog/jenis-macam-sofa-dan-fungsinya-hlv/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/16780/jenis-bahan-sofa
  • https://www.countryliving.com/home-design/decorating-ideas/g27698406/best-small-couches/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait