Kehamilan

KEHAMILAN
30 April 2020

Sperma Terlalu Encer, Bagaimana Mengatasinya?

Tidak selalu butuh diobati kok, Dads
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Air mani atau sperma yang dianggap normal umumnya berwarna putih dan memiliki konsistensi yang kental.

Sehingga air mani atau sperma terlalu encer sering kali dihubungkan dengan masalah infertilitas atau ketidaksuburan. Namun apa sebenarnya penyebab sperma encer dan bagaimana cara mengatasinya?

Sperma Encer Dipicu Oleh Berbagai Faktor Penyebab

Sperma Terlalu Encer, Bagaimana Mengatasinya? 1

Foto: pexels.com

Mengutip Medical News Today, sperma yang memiliki konsistensi terlalu encer dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Produksi Sperma Rendah

Kuantitas sperma yang rendah tidak selalu memiliki penyebab yang jelas. Namun, beberapa kondisi genetik seperti sindrom Klineferlet diketahui dapat mempengaruhi jumlah sperma seseorang. Sementara penyebab lainnya termasuk:

  • Kelainan hormon seperti hipertiroidisme dan hipogonadisme
  • Paparan radiasi atau racun seperti bahan kimia industri, herbisida, dan timbal
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Asupan alkohol yang berlebihan
  • Merokok
  • Kelebihan berat badan

Baca Juga: Benarkah Seks Tiap Hari Bikin Sperma Lebih Sehat?

2. Varikokel

Varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah dari testis ke skrotum, baik hanya satu ataupun di kedua sisi. Varikokel sering kali tidak menunjukkan gejala, tetapi dampaknya dapat menguragi produksi sperma dan menurunkan kualitas semen pada beberapa pria.

3. Terlalu Sering Ejakulasi

Ejakulasi yang terlalu sering juga dapat menyebabkan sperma terlalu encer. Pasalnya, jika pria melakukan masturbasi atau melakukan aktivitas seksual sampai beberapa kali dalam sehari, tubuh mereka mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk menghasilkan air mani dengan kualitas ataupun volume yang sama.

Dalam sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan di Translational Andrology and Urology, menemukan bahwa volume dan jumlah sperma dari 20 laki-laki diketahui mengalami penurunan pada hari di mana mereka melakukan ejakulasi setiap hari.

4. Ejakulasi Retrograde

Selama ejakulasi, air mani melewati uretra dan keluar dari penis. Namun, sfingter kandung kemih yang disfungsional dapat menyebabkan air mani mengalir kembali ke kandung kemih, menyebabkan suatu kondisi yang disebut dengan ejakulasi retrograde.

Pria yang mengalami kondisi ini dapat menghasilkan air mani yang lebih sedikit atau tampak tipis dan encer.

Baca Juga: Simak 4 Cara Alami Tingkatkan Jumlah Sperma Agar Cepat Hamil

Bagaimana Cara Mengatasi Sperma Terlalu Encer?

Sperma Terlalu Encer, Bagaimana Mengatasinya? 2

Foto: pexels.com

“Air mani encer yang disebabkan oleh produksi sperma yang rendah tidak memerlukan perawatan,” kata Dr. Kam Mann, dokter spesialis kesehatan pria di The Mann Clinic, seperti dikutip dari Net Doctor.

“Memiliki jumlah sperma yang rendah bukan berarti Anda pasti infertil. Itu mungkin jika ada penyebab tambahan atau Anda mungkin memiliki infeksi yang dapat memicu rendahnya kuantitas sperma.”

Sementara air mani terlalu encer karena penyebab lain, menurut Dr. Mann, cenderung mudah diobati.

“Jika disebabkan infeksi bakteri, dapat diobati dengan antibiotik. Jika ada ketidakseimbangan hormon, dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan terapi hormon. Varikokel (pembengkakan testis) biasanya dapat diobati dengan embolisasi atau pembedahan,” jelas Dr. Mann.

Baca Juga: Ini Pengaruh Kurang Tidur pada Kualitas Sperma

Gaya Hidup Sehat Membantu Memperbaiki Kualitas Sperma

Sperma Terlalu Encer, Bagaimana Mengatasinya? 3

Foto: pexels.com

Meskipun cenderung tidak memerlukan obat atau perawatan, air mani encer akibat produksi sperma yang rendah dapat diatasi dengan gaya hidup sehat. Terlebih lagi telah banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa kebiasaan hidup sehat merupakan salah satu kunci untuk menjaga dan meningkatkan kualitas maupun kuantitas sperma.

Beberapa saran perubahan gaya hidup yang penting diterapkan oleh pria dengan air mani encer, menurut Healthline, antara lain:

  • Berhenti merokok.
  • Menurunkan berat badan jika Dads kelebihan berat badan.
  • Mengurangi atau berhenti mengkonsumsi alkohol.
  • Berolahraga secara teratur.

Baca Juga: 6 Cara agar Sperma Sehat dan Siap Membuahi

Selain itu, tidak melakukan hubungan intim untuk sementara waktu juga dianggap dapat membantu memperbaiki kualitas air mani.

Jadi, itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi sperma terlalu encer yang dapat Dads terapkan. Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, kuantitas dan kualitas sperma hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan medis.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait