Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Bayi | Mar 11, 2019

Penting! Ini 5 Stimulasi Perkembangan Fisik Bayi 0-3 Bulan

Bagikan


Tiga bulan pertama perkembangan fisik bayi baru lahir akan berlalu lebih cepat daripada yang dapat Moms bayangkan.

Selama waktu ini, Moms akan mencatat beberapa perubahan dalam pertumbuhan, kemampuan motorik, perkembangan sensorik, dan penampilan Si Kecil.

Apa yang dapat Moms lakukan untuk memastikan perkembangan fisiknya optimal? Berikut ini lima stimulasi untuk membantu perkembangan fisik bayi 0-3 bulan!

1. Tummy Time

Beri Si Kecil tummy time di mana Moms dapat membiarkannya bermain dalam posisi tengkurap selama beberapa saat. Bicaralah padanya sehingga dia akan mengangkat kepalanya untuk melihat Moms.

Pegang mainan yang terang atau berisik di depannya sehingga dia tertarik untuk mencoba melihatnya.

Stimulasi ini akan membantu bayi belajar mengangkat kepalanya dan mendorong lengannya. Dia bahkan mungkin belajar menggerakkan tubuhnya di lantai.

Ini akan semakin memperkuat otot punggung dan lehernya yang sangat dibutuhkan beberapa bulan ke depan untuk membantunya merangkak.

2. Pijat Bayi

Cobalah untuk menstimulasi perkembangan fisik buah hati dengan memberikan pijatan lembut, terutama di bagian lututnya, untuk membantu melenturkan tubuhnya.

Ketika dia mulai bergerak ke arah suatu benda, cobalah untuk memindahkan benda tersebut sedikit lebih jauh dari jangkauannya untuk merangsang kontrol dan gerakan.

Gunakan setiap aktivitas dan pengalaman bermain baru sebagai cara bagi bayi untuk belajar tentang tubuhnya, misalnya merasakan digelitik, dipijat, dan sensasi air saat dia dimandikan.

Baca Juga: Jenis Mainan yang Tepat Untuk Bayi Usia 4 Bulan

3. Berikan Sentuhan Lembut

Memberikan sentuhan-sentuhan lembut di tubuh bayi akan merangsangnya untuk menggerakkan bagian tubuhnya yang tersentuh.

Sering-seringlah memeluk dan mencium buah hati juga akan membantu menstimulasi kepercayaan diri serta perkembangan fisiknya di usia 0-3 bulan.

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Hal penting yang tidak boleh dilupakan selain stimulasi melalui aktivitas fisik adalah nutrisi. Makanan sangat penting untuk membantu tumbuh kembang bayi secara optimal.

Selama enam bulan pertama hidupnya, semua kebutuhan nutrisi dipenuhi oleh ASI. Jadi, pastikan Si Kecil selalu mendapatkan cukup ASI dan dapat langsung menyusu saat dia merasa lapar.

Setelah usianya enam bulan, Moms dapat memperkenalkan makanan padat atau MPASI karena kebutuhannya akan nutrisi mikro meningkat.

Pola makan yang sehat dan sesuai usia adalah faktor penting untuk memastikan bayi tumbuh dengan sehat.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Perhatikan 5 Tanda Bayi Alami Overstimulasi Saat Bermain dan Cara Mengatasinya

5. Lebih Sering Bermain Bersama Bayi

Lebih sering bermain memungkinkan bayi untuk menggunakan keterampilan fisiknya secara konsisten. Permainan atau aktivitas yang tepat dapat merangsang perkembangan fisiknya.

Lakukanlah permainan-permainan yang merangsang bayi untuk lebih sering menggerakkan atau menggunakan tubuhnya.

Pada usia 0-1 bulan, ia mungkin terkesan tidak merespon permainan yang Moms lakukan bersamanya.

Tetapi jangan lupa bahwa di bulan pertama kehidupannya bahkan perkembangan fisik bayi sudah dimulai, seperti mulai belajar mengepalkan tangan, menendang, mengangkat lengan, dan sebagainya. Lakukanlah permainan apapun yang sesuai dengan perkembangan fisik di usianya.

Ingat, setiap bayi adalah unik, jadi jangan khawatir jika Si Kecil belum mencapai tonggak perkembangan pada waktu yang Moms harapkan. Biarkan dia tumbuh sesuai dengan tonggaknya sendiri.

Namun, jika perkembangannya terlalu lambat dan tonggaknya tidak terpenuhi selama berbulan-bulan, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa kondisi buah hati baik-baik saja.

Pada tahap perkembangan apa Si Kecil saat ini? Jangan lupa bagikan cerita Moms melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini!

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.