Kesehatan

3 Juni 2021

Muncul Stretch Mark pada Remaja? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ternyata bisa disebabkan oleh obesitas, waspada!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms pernah melihat anak remaja Moms  mengalami transformasi fisik yang biasanya dikarenakan perubahan hormonal? Perubahan itu salah satunya adalah stretch mark pada remaja yang seringkali meninggalkan bekas.

Ini bukan hal yang aneh karena masa remaja biasanya datang dengan banyak perubahan. Masa-masa ini adalah masa ketika remaja perlahan-lahan membangun identitas mereka dan mengembangkan kepribadian baru, termasuk berdampak munculnya stretch mark pada remaja.

Akan tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stretch mark pada remaja adalah bagian normal dari pubertas. Dengan sedikit hati-hati, stretch mark dapat memudar.

Baca Juga: Tak Perlu Minder, Begini Cara Menghilangkan Stretch Mark di Payudara

Di Mana Stretch Mark Pada Remaja Bisa Terlihat

stretch mark

Foto: insider.com

Sebuah penelitian menunjukan bahwa sekitar 40 persen remaja laki-laki, terutama mereka yang berpartisipasi aktif dalam olahraga dan 70 persen remaja perempuan, mengalami stretch mark.

Saat perubahan hormonal di tubuh remaha mungkin mengalami lonjakan pertumbuhan yang tiba-tiba dan mungkin melihat tanda peregangan berkembang di bagian tubuh mereka. Penelitian menunjukan bahwa hal itu mengakibatkan stretch mark pada remaja biasa terlihat pada:

  • Pinggul
  • Pantat
  • Paha
  • Payudara
  • Abdomen
  • Punggung bawah dan atas (termasuk bahu)
  • Lengan bagian atas
  • Lutut dan kaki (terkadang)

Perlu Moms ingat juga bahwa peregangan ekstrim dapat menyebabkan bekas luka ungu atau merah karena perubahan pada jaringan ikat dan serat kolagen di dalam kulit.

Tanda dan Gejala Stretch Mark Pada Remaja

stretch mark

Foto: youngwomenshealth.com

Tanda atau gejala munculnya stretch Mark pada remaja dapat bervariasi tergantung penyebab, durasi, lokasi, dan jenis kulit. Penelitian menyebutkan tanda stretch mark pada remaja yang biasa terlihat pada kulit yaitu berupa:

  • Goresan indentasi (tepi dengan garis zigzag)
  • Garis-garis di kulit
  • Garis-garis cerah atau garis-garis pudar
  • Goresan menutupi bagian utama kulit
  • Goresan berwarna merah muda, merah atau ungu
  • Goresan hitam atau biru

Jika Moms perhatikan tanda stretch mark pada remaja yang terjadi pada anak Moms, dapat dilihat bahwa seiring waktu, garis yang lebih gelap dapat memudar menjadi warna yang lebih terang.

Baca Juga: 21+ Fakta Seputar Stretch Mark pada Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Penyebab Stretch Mark Pada Remaja

thehansindia.com

Foto: thehansindia.com

Jika Moms bertanya-tanya bagaimana anak remaja Moms mengembangkan stretch mark, maka inilah jawabannya. Stretch mark, juga dikenal sebagai striae atau sesuatu yang berkembang saat kulit mengalami peregangan cepat di luar batasnya.

Hal ini menyebabkan kerusakan pada serat kolagen dan elastin. Tidak hanya itu, peregangan ini juga terkadang menyebabkan timbulnya bekas luka di area yang terkena.

Selama masa remaja, baik anak laki-laki maupun perempuan mungkin mengalami lonjakan pertumbuhan yang meregangkan kulit dan meninggalkan bekas luka. Penelitian juga menyebutkan bahwa penambahan atau pengurangan berat badan yang cepat, dapat memicu stretch marka pada remaja.

Beberapa faktor lain juga dapat menyebabkan stretch mark pada remaja, yaitu:

  • Penggunaan obat steroid oral atau topikal (untuk kondisi seperti sindrom Cushing)
  • Kegemukan
  • Sejarah genetik dari stretch mark

Ingatlah bahwa tingkat keparahan stretch mark pada remaja dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit, faktor genetik, elastisitas kulit, dan kadar kortisol. Dijelaskan dalam penelitian bahwa kortisol adalah hormon yang diproduksi di kelenjar adrenal, dan meningkatkan elastisitas serat kulit.

Baca Juga: 5 Jenis Essential Oil untuk Kurangi Stretch Mark pada Ibu Hamil

Cara Menghindari dan Menghilangkan Stretch Mark Pada Remaja

Stretch mark pada remaja tidak bisa dihindari dan tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Namun, jika anak remaja Moms melakukan tindakan pencegahan yang cukup, mereka dapat memperbaiki penampilannya dan membuat stretch mark tersebut kurang terlihat.

Terdapat beberapa cara untuk membuat kulit anak remaja Moms kenyal dan mencegah robekan hebat dan stretch mark menjadi parah. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stretch mark pada remaja:

1. Exercise

welldoing.org

Foto: welldoing.org

Setiap orang atau termasuk remaja, harus rutin berolahraga. Selain mengencangkan tubuh, olahraga juga membantu mencegah penambahan berat badan yang berlebihan.

Berolahraga dapat mencegah kulit dari peregangan yang tidak perlu dan menghambat perkembangan stretch mark pada remaja. Olahraga membuat stretch mark pada remaja tidak menjadi lebih parah dan mungkin menjadi kurang terlihat seiring waktu.

2. Tetap Terhidrasi

Menjaga diri agar tetap terhidrasi merupakan hal yang sangat penting. Kulit kering mudah meregang dan lebih rentan terhadap kerusakan, sehingga menyebabkan timbulnya stretch mark pada remaja. Tetap terhidrasi dari dalam juga dapat memastikan organ di tubuh, termasuk kulit, tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Menggunakan Pelembab Secara Teratur

stretch mark

Foto: touchofmink.com

Seiring dengan tetap terhidrasi dari dalam, kulit juga membutuhkan pelembab tambahan dari luar.  Pijat kulit dengan body lotion dan krim untuk mencegah kulit kering.

Kulit yang dilembabkan dengan benar bersifat elastis dan mudah meregang. Ini juga dapat membantu mencegah stretch mark pada remaja.

Baca Juga: Kulit Dehidrasi, Apakah Berbeda dengan Kulit Kering?

4. Gunakan Tabir Surya

Sangat dipahami bahwa tidak mungkin seseorang dapat menghindari matahari seutuhnya. Namun, paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan memperburuk stretch mark pada remaja.

5. Ikuti Diet Seimbang

Vitamin dan nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit seperti stretch mark pada remaja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin juga membantu menjaga berat badan.

Faktor-faktor ini dapat membantu mencegah peregangan kulit yang tidak perlu dan tanda-tanda yang disebabkannya. Konsumsi buah-buahan segar, sayuran, protein tanpa lemak, produk susu dan unggas, dan biji-bijian. Hindari juga makanan olahan, air soda, soda, dan minuman manis serta makanan ringan demi menghilangkan stretch mark.

6. Gunakan Produk atau Obat bebas

Anak remaja Moms dapat menggunakan produk OTC atau obat bebas anti regangan untuk memudarkan stretch mark. Namun, pastikan untuk menggunakannya secara teratur.

Gunakan produk saat stretch mark pada remaja bsru muncul. Stretch mark dewasa biasanya sulit dihilangkan.

Pijat produk dengan lembut di atas stretch mark untuk meningkatkan efektivitasnya. Oleskan produk selama beberapa minggu dan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga: Yuk Contoh Diet Ala Pelari Marathon yang Super Sehat

Perawatan Medis Untuk Mengatasi Stretch Mark Pada Remaja

stretch mark

Foto: phillyvoice.com

Jika stretch mark pada remaja Moms parah dan tidak memudar dengan tindakan pencegahan dan pelembab teratur, konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.

Biasanya, dokter mungkin memberikan pilihan berikut untuk mengatasi stretch mark:

  • Terapi Laser: Ini bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit menggunakan laser
  • Mikrodermabrasi: Ini adalah proses di mana lapisan atas kulit dikelupas menggunakan perangkat genggam
  • Microneedling: Proses ini juga menggunakan perangkat genggam dengan jarum mikro, yang digunakan untuk menusuk kulit dan mendorong perkembangan kolagen.
  • Tretinoin dan Produk Topikal Lainnya: Ini adalah obat yang diresepkan dokter dan dapat membantu memudarkan stretch mark.

Namun, dokter seringkali tidak merekomendasikan pilihan pengobatan tersebut untuk mengatasi stretch mark pada remaja. Ini karena remaja belum dewasa dengan sempurna. Selain itu, stretch mark yang mereka kembangkan selama masa remaja bisa memudar seiring waktu.

Baca Juga: Deodorant untuk Remaja

Karena anak remaja masih tumbuh, selalu ada ruang untuk mengembangkan stretch mark pada remaja di kemudian hari selama masa dewasa mereka. Oleh karena itu, dokter mungkin lebih senang meresepkan krim dan salep topikal untuk remaja. Tindakan pencegahan seringkali bekerja paling baik dalam kasus stretch mark pada remaja.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait