Kesehatan

12 Mei 2021

Ternyata Ini Penyebab Stretchmark dan 14 Cara Mengatasinya

Salah satunya dengan menggunakan bubuk kopi lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Intan Aprilia

Stretchmark adalah sebuah guratan-guratan putih kemerah-merahan pada bagian tubuh yang memiliki panjang mulai dari milimeter sampai dengan belasan centimeter.

Munculnya stretchmark dapat disebabkan karena elastisitas kulit melewati batasnya. Sehingga menyebabkan munculnya guratan-guratan tersebut.

Melansir Journal Cutaneous and Aesthetic Surgery, stretchmark dapat terjadi pria maupun wanita. Kehamilan dan pubertas adalah dua waktu paling umum dalam hidup untuk mengalami stretchmark.

Pada awalnya, stretchmark akan muncul sebagai garis tipis merah atau ungu pada kulit yang memiliki tekstur berbeda dari lapisan kulit di sekitarnya.

Akhirnya, sebagian besar guratan ini memudar dan berubah menjadi lebih terang atau hampir transparan, dan menjadi berkilau.

Sumber: 6 Langkah Jitu Perawatan Luka Pada Kulit Bayi, Moms Wajib Tahu

Penyebab Stretchmark

strerchmark.jpg

Foto: healthline.com

Stretchmark adalah hasil dari peregangan kulit dan peningkatan kortison dalam sistem.

Kortison adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenal. Namun, terlalu banyak hormon ini bisa membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Pertumbuhan atau penyusutan kulit yang ekstrim dapat menyebabkan stretchmark.

Penyebab umum terjadinya stretchmark:

  • Kehamilan: Banyak wanita mengalami stretchmark selama kehamilan karena kulit meregang dengan berbagai cara untuk memberi ruang bagi bayi yang sedang berkembang. Menarik dan meregangkan secara terus-menerus ini dapat menyebabkan guratan pada kulit.
  • Pubertas: Pertumbuhan yang cepat khas pada orang muda yang sedang melewati masa pubertas. Ini bisa menyebabkan stretchmark.
  • Pertambahan berat badan yang cepat: Menambah banyak beban dalam waktu singkat dapat menyebabkan stretchmark.
  • Kondisi medis: Kondisi tertentu dapat menyebabkan guratan pada kulit, seperti sindrom Marfan dan sindrom Cushing. Sindrom Marfan dapat menyebabkan penurunan elastisitas pada jaringan kulit, dan sindrom Cushing dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak hormon yang menyebabkan penambahan berat badan yang cepat dan kerapuhan kulit.
  • Penggunaan kortikosteroid: Penggunaan krim dan losion kortikosteroid dalam waktu lama dapat menurunkan kadar kolagen di kulit. Kolagen memperkuat dan menopang kulit, dan menguranginya dapat meningkatkan risiko stretchmark.

Kulit terdiri dari tiga lapisan utama. Stretchmark terbentuk di dermis, atau lapisan tengah, ketika jaringan ikat diregangkan melebihi batas elastisitasnya. Ini biasanya karena ekspansi atau kontraksi kulit yang cepat.

Saat tubuh tumbuh, serat penghubung di dermis perlahan meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan yang lambat.

Namun, pertumbuhan yang cepat menyebabkan peregangan tiba-tiba. Hal ini menyebabkan dermis robek, memungkinkan lapisan kulit yang lebih dalam terlihat. Ini bisa membentuk guratan dan berkontribusi pada penampilannya.

Stretchmark akhirnya memudar menjadi keperakan, putih, atau tampilan mengkilap, karena lemak pucat di bawah kulit menjadi terlihat, bukan pembuluh darah biasa.

Mereka lebih mungkin berkembang dan menjadi lebih parah di mana ada tingkat kortison yang bersirkulasi tinggi, atau ketika kortison dioleskan ke kulit.

Kortisol, hormon stres yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, diubah menjadi kortison. Ini melemahkan serat elastis di kulit.

Baca Juga: Seperti Pada Kulit, Perlukah Memakai Sunscreen Rambut?

Cara Mengatasi Stretchmark

mengatasi stretchmark

Foto: Orami Photo Stock

Tidak mungkin menghilangkan stretchmark dengan cara yang benar-benar alami. Mereka adalah jenis jaringan parut yang jarang memudar hingga tidak terlihat.

Namun, ada beberapa pengobatan yang dapat membantu meminimalkan munculnya stretchmark dan membantunya memudar lebih cepat.

Untuk mengurangi atau menghilangkan guratan ini pada tubuh. Bahan alami, yaitu:

1. Konsumsi Air Putih

Air putih tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya menghilangkan stretchmark.

Untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, usahakan minimal setiap hari konsumsi 8-10 gelas air putih.

2. Kopi

Caranya cukup campur bijih kopi yang baru dihaluskan secara langsung dengan air hangat sampai membentuk pasta, lalu oleskan secara rutin pada bagian guratan berwarna putih atau area yang terkena.

3. Bubuk Coklat

Pertama siapkan terlebih dahulu bubuk coklat tawar (belum ada tambahan pemanis), lalu buatnya semacam pasta atau krim dengan coklat tersebut. Pastikan pasta yang kamu buat tidak terlalu cair dan pekat.

Oleskan pasta coklat tersebut pada bagian kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

4. Cocoa Butter

Kokoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao yang sudah banyak ada dalam bentuk lotion dan sunblock.

Gunakan bahan alami ini untuk menghilangkan stretchmark pada paha dan perut, caranya cukup dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

5. Minyak Jarak

Caranya cukup oleskan minyak jarak tersebut secara merata pada bagian yang mengalami guratan selama 30 menit sehari.

6. Putih Telur

Bisa menggunakan telur ayam atau bebek yang mengandung protein tinggi. Pecahkan dan pisahkan antara kuning dan putih telurnya, lalu kocok putih telur sampai mengeluarkan sedikit busa atau buih.

Oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian stretchmark selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

7. Kentang

Cara mengatasi stretchmark dengan kentang cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada bagian yang terkena guratan. Alternatif lain, bisa jugq membuat masker kentang.

8. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian stretchmark, tetapi agar gel tersebut bisa meresap secara optimal beri pijatan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

9. Lemon

Belah 1 buah lemon yang masih segar kemudian oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretchmark secara merata.

Lalu diamkan sampai mengering dan meresap kiranya 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

10. Minyak Zaitun (Olive Oil)

Melansir National Library of Medicine, minyak zaitun mempercepat waktu penyembuhan luka di kulit.

Siapkan minyak zaitun secukupnya lalu oleskan minyak tersebut setelah mandi selama 30 menit. Pastikan beri pijatan lembut pada guratan agar meresap. Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih

11. Gula

Gula dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit kasar. Agar hasilnya semakin maksimal, campurkan gula dengan madu dan gosokan secara perlahan pada bagian stretchmark setelah mandi.

Baca Juga: Mengatasi Kulit Kering saat Hamil, Gunakan 10 Cara Alami Ini!

12. Terapi Laser

Terapi ini menggunakan gelombang cahaya untuk merangsang pertumbuhan kolagen, elastin atau yang memproduksi melamin dalam kulit.

13. Tretinoin Cream

Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan tretinion cream (Retin-A, Renova, Avita) dapat mengurangi guratan, pada mereka yang usia stretchmark nya masih muda atau baru beberapa bulan saja yang memiliki warna merah, merah muda atau ungu.

Tetapi Tretinoin dapat membuat kulit iritasi, makanya tidak dianjurkan selama masa kehamilan (tunggu sampai melahirkan).

14. Mikrodermabrasi

Pengobatan ini menggunakan kristal yang menembus ke kulit. Kristal lembut itu mengikis permukaan kulit.

Mikrodermabrasi adalah terapi yang menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastik. Terapi ini merupakan pilihan untuk Moms yang guratannya sudah lama (warna putih atau keabu-abuan).

Itu dia Moms penjelasan penyebab dan cara mengetasi stretchmark. Semoga membantu ya!

  • https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-stretch-marks
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/283651#causes
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20523108/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5782435/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait