Pernikahan & Seks

22 Maret 2020

Kenapa Suami Bersikap Dingin kepada Istri?

Bagaimana cara menghadapi suami kita?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms memiliki pasangan yang sulit untuk diajak berkomunikasi? Atau mereka sering menolak untuk membicarakan hal-hal yang mungkin mengganggu pikiran mereka? Mungkin ini adalah sikap dingin yang ditunjukkan suami terhadap istri.

Dalam situasi seperti ini, mudah untuk merasakan hubungan pernikahan kita dan suami menjadi berantakan. Padahal dalam sebuah pernikahan, komunikasi merupakan hal yang amat penting.

Apa yang harus Moms lakukan jika suami bersikap dingin?

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Kehidupan Seks yang Romantis Setelah Punya Anak?

Menghadapi Suami yang Bersikap Dingin

Beberapa tips di bawah ini bisa dilakukan untuk menghadapi suami yang bersikap dingin terhadap Moms.

1. Beri Suami Waktu

suami bersikap dingin

Foto: candidapatient.com

Jika memang suami mendadak bersikap dingin dan sebelumnya tidak seperti itu, ada baiknya Moms menghormati keputusan suami. Baru Moms lihat lagi beberapa saat kemudian apakah hal ini berlanjut terus atau tidak.

Bisa jadi suami bersikap dingin atau terkesan cuek dengan kita karena satu dan lain hal, lalu ia belum siap untuk menceritakan hal tersebut. Beri suami sedikit waktu untuk memikirkan masalahnya, jangan mendesaknya terus.

2. Jangan Tersinggung

suami bersikap dingin

Foto: lovelearnings.com

Jangan tersinggung dengan sikap suami yang terlalu dingin. Penting untuk dipahami bahwa pasangan mungkin butuh privasi dan bukan marah atau kesal dengan istrinya.

Suami Moms mungkin melalui fase di mana ia membutuhkan waktu untuk sendiri. Apa pun masalahnya, sadari bahwa lebih mudah untuk memberinya ruang daripada menuntut penjelasan dengan marah.

Baca Juga: Gemas dan Mengesalkan, Ini 3 Cara Menghadapi Suami yang Cuek

Jika pasangan Moms mau berbagi perasaannya, mereka pasti akan berkomitmen untuk membicarakan masalah mereka dengan bijaksana.

3. Ajak Suami Berkencan

suami bersikap dingin

Foto: beingmrsmcintosh.com/

Jika Moms merasa sikap dingin suami sudah menjauhkan Moms dengan si dia, coba dekatkan kembali dengan mengajaknya kencan berdua. Coba pilih kegiatan yang Moms dan suami sukai agar bisa dilakukan bersama.

Cara terbaik untuk membangun kembali hubungan emosional adalah dengan menjadikan hubungan kita sebagai prioritas dan menghabiskan waktu bersama yang berkualitas. Tidak peduli seberapa frustrasinya kita dengan perilaku dingin suami, ingatlah bahwa mereka akan selalu merespons lebih positif terhadap tindakan yang positif.

4. Jangan Balas dengan Sikap Cuek

suami bersikap dingin

Foto: en.clipdealer.com

Hanya karena pasangan menjadi jauh atau dingin tidak berarti Moms harus mundur sepenuhnya.

Kita tidak harus mengejar pasangan secara agresif tetapi Moms dapat bertindak baik dan melakukan hal-hal kecil untuk membuat suami merasa dicintai. Percaya atau tidak, sikap seperti ini terkadang bisa melunakkan perasaan seseorang.

Baca Juga: 3 Tips Kencan Single Parent yang Patut Diikuti

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Gottman Institute mengungkapkan bahwa kebaikan adalah satu-satunya kualitas terpenting yang dapat dimiliki seseorang dalam memelihara pernikahan agar penuh cinta dan sehat.

Jadi jika suami bersikap dingin, coba respon dengan sikap yang penuh kehangatan.

5. Cintai Suami Apa Adanya

suami bersikap dingin

Foto: kfm.co.za

Kita memang tidak bisa mengendalikan sikap suami, namun kita bisa mengendalikan sikap kita sendiri.

Terlepas dari bagaimana sikap pasangan, Moms harus selalu memilih untuk memperlakukan mereka dengan penuh kasih sayang. Dengan begitu, tidak akan meruntuhkan ikatan emosional kita pada suami.

Terimalah bahwa suami mungkin bersikap dingin karena sejumlah alasan berbeda. Mungkin mereka bergumul dengan perasaan depresi atau kurang percaya diri. Mungkin stres di tempat kerja atau merasa lelah. Apa pun alasannya, jangan menyerah.

Itu dia Moms beberapa hal yang bisa Moms coba jika suami bersikap dingin. Jangan lakukan hal yang sama terhadap suami Moms ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait