Program Hamil

13 Maret 2019

Sudah Mau Lahiran Meghan Markle Masih Pakai Sepatu Hak, Ini 6 Bahaya Ibu Hamil Mengenakan High Heels

Apa bahayanya menggunakan high heel saat Ibu sedang hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Meghan Markle sering terlihat mengenakan high heels saat hamil tua. Seperti saat Meghan bersama Pangeran Harry saat menyaksikan Cirque du Soleil di Royal Albert Hall. Ia mengenakan high heels 10 cm rancangan Stuart Weitzman.

Terlihat juga Meghan mengenakan high heels 10 cm model sling-back berwarna krem yang senada dengan pakaiannya saat mendatangi penangkaran hewan Mayhew di London.

meghan duchess of sussex visits animal welfare charity news photo 1083227944 1547650761

Menurut penjelasan dr. Sarah Jarvis MBE, general practitioner di Shepherd’s Bush, London, England pada laman thesun.co.uk, mengatakan kalau dirinya tidak menyarankan wanita menggunakan high heels selama masa kehamilan.

Hal itu dapat menyebabkan terganggunya persiapan tubuh menjelang persalinan dan berisiko bagi janin dan Ibu.

Apa saja bahaya-bahaya lain saat Ibu hamil mengenakan high heels? Menurut laman momjunction.com inilah bahayanya:

1. Kram Betis

Saat Moms mengenakan high heels dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat otot betis menjadi tegang. Hal ini dapat menyebabkan kram otot dan dapat membuat kondisi kehamilan semakin buruk.

2. Nyeri Punggung

Mengenakan high heels bisa saja merubah postur tubuh Moms. Apalagi Moms bisa mendapat beban lebih banyak pada bagian depan tubuh, sehingga dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada sendi atau ligamen punggung bawah dan pinggul.

Baca Juga: Hati-hati, Sepatu High Heels Bisa Tingkatkan Risiko Cedera Otot dan Persendian

meghan harry 16jan19 01

3. Keseimbangan Kurang

Ketika mengenakan high heels saat Moms sedang hamil, maka secara perlahan akan membuat kekuatan pada pergelangan kaki menjadi berkurang. Penyebabnya adalah berat badan Moms yang bertambah dan perubahan hormon.

Hal ini dapat semakin parah ketika Moms mengenakan high heels saat hamil, ada kemungkinan yang lebih tinggi untuk kehilangan keseimbangan dan tersandung, sehingga dapat mengakibatkan cedera. Tentunya kondisi ini berbahaya bagi Moms dan janin.

4. Peregangan Otot

Sama seperti halnya punggung dan perut Moms, ligamen pada pergelangan kaki dan betis juga bisa mengendur karena hormon kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan peregangan otot pada kaki.

Sepatu hight heels yang biasa Moms pakai nyaman sebelum hamil, sekarang bisa menjadi ketat dan menyakitkan.

5. Pembengkakan Kaki

Kondisi ini sering disebut dengan edema atau pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Gejala ini sangat umum terjadi saat Moms sedang hamil.

Mengenakan high heels saat hamil dapat memperburuk keadaan kaki yang membengkak. Bahkan tidak jarang kaki yang sudah bengkak akan disertai dengan rasa sakit.

Baca Juga: Suka Pakai High Heels? Hati-hati 5 Bahaya Kesehatan Ini

the duchess of sussex arrives in hamilton square during a news photo 1082174428 1547464213

6. Keguguran

Moms yang sedang hamil dan mengenakan high heels juga dapat berisiko lebih tinggi mengalami keguguran. Kandungan di dalam perut akan terancam dari risiko terjatuh dan terpeleset.

Nah, setelah mengetahui bahayanya mengenakan high heels saat hamil, sebaiknya Moms memakai alas kaki yang lebih nyaman dan tidak ada potensi membahayakan kesehatan dan kondisi kandungan ya.

(IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait