Kesehatan

KESEHATAN
7 November 2020

Sulam Lesung Pipi, Bahaya dan Efek Sampingnya

Sulam lesung pipi merupakan satu tindakan medis untuk kecantikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Lesung pipi adalah lekukan yang terjadi saat beberapa orang tersenyum. Mereka paling sering berada di bagian bawah pipi. Beberapa orang mungkin juga memiliki lesung pipi, tetapi ada juga yang tidak memilikinya.

Melansir healthline.com pada beberapa orang, lesung pipi terjadi secara alami dari lekukan pada dermis yang disebabkan oleh otot wajah yang lebih dalam. Namun, ada beberapa orang yang memiliki lesung pipi karena cedera di bagian wajah.

Di beberapa budaya atau negara, lesung pipi merupakan sebuah tanda kecantikan, keberutungan dan pembawa nasib baik. Karena beberapa kepercayaan tersebut, banyak orang yang ingiin membuat lesung pipi buatan dengan cara operasi atau sulam lesung pipi atau dikenal juga dengan dimplasty yang merupakan singkatan dari dimple plastic.

Baca Juga: Threading, Waxing, Sulam Alis, Mana yang Lebih Baik?

Indian Journal of Plastic Surgery menjelaskan secara kesuluruhan, proses sulam lesung pipi aman. Karena tidak ada jaringan yang dipotong, sehingga sangat kecil kemungkinannya terjadi perdarahan dan juga pembengkakan.

Saat ingin melakukan sulam lesung pipi, Moms pastikan mencari dokter yang sudah ahli dan berpengalaman. Tindakan ini memang dapat dilakukan oleh dokter kulit terlatih, tetapi demi meminimalkan terjadinya bahaya sulam lesung pipi, sebaiknya Moms memilih ahli bedah plastik berijazah.

Setelah menemukan ahli bedah yang terbaik menurut Moms, buatlah janji. Hal ini penting, agar Moms dapat konsultasi dan mengetahui apakah tindakan ini berbahaya atau tidak. Moms juga dapat mengetahui efek samping sulam lesung pipi. Namun, bagian paling dari konsultasi adalah mengetahui dimana sebaiknya lesung pipi ditempatkan.

Baca Juga: Tak Perlu Disulam, Coba 7 Bahan Alami untuk Menebalkan Alis Secara Ampuh

Bahaya Sulam Lesung Pipi

sulam lesung pipi

foto: freepik.com

Sulam lesung pipi merupakan tindakan medis yang dikategorikan ringan dan dapat dilakukan oleh pasien rawat jalan. Selain itu, dokter juga akan memberikan bius lokal saat melakukan sulam lesung pipi. Bahkan, tindakan ini dapat dilakukan di klinik kecantikan.

Walaupun terlihat sederhana dan minim efek samping, bukan berarti sulam lesung pipi tidak bahaya. Karena tindakan yang berhubungan dengan tubuh, dapat berbahaya jika tidak dilakukan oleh seorang ahli.

Indian Dermatology Online Journal menjelaskan sulam lesung pipi memang aman, tetapi bukan berarti tindakan medis ini tidak berbahaya. Salah satu bahaya sulam lesung pipi adalah terjadinya pembengkakan pasca operasi, tetapi hal ini dapat diminimalkan dengan menggunakan antibiotik dan juga menjaga kebersihan mulut.

Baca Juga: Dari Setrika Wajah Hingga Sulam Alis, Ketahui Efek Jangka Panjang Pada Berbagai Perawatan Kecantikan Modern

Oleh karena itu, Moms sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dan mencari tahu mengenai sulam lesung pipil. Karena hal ini dapat membantu Moms terhindar dari bahaya sulam lesung pipi. Moms pasti tidak mau kan, kalau sulam lesung pipi gagal dan merusak wajah Moms.

Sebelum menjalani sulam lesung pipi, Moms perlu memperhatikan beberapa hal layaknya pasien yang akan melakukan tindakan operasi. Jika Moms sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, harus dihentikan.

Selain itu, Moms juga tidak boleh memiliki riwayat tekanan darah tinggi, diabetes atau kondisi medis lainnya. Semua hal ini perlu Moms jelaskan pada dokter saat konsultasi, sehingga Moms dapat terhindari dari bahaya sulam lesung pipi.

Kendati demikian, beberapa ahli menyebutkan bahwa bahaya sulam lesung pipi sangatlah kecil. Bahkan, tidak sedikit pasien yang sudah melakukan tindakan ini merasa puas karena mendapatkan lesung pipi yang indah.

Baca Juga: Weekly Routine Merawat Kecantikan Wajah

Proses Sulam Lesung Pipi

sulam lesung pipi

foto: freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sulam lesung pipi merupakan tindakan medis yang ringan dan dapat dilakukan oleh pasien rawat jalan.

Saat melakukan sulam lesung pipi, dokter akan mengoleskan anastesi lokal, seperti lidokain ke area kulit. Kemudian, dokter akan menunggu sekitar 10 menit untuk memastikan bius tersebut sudah bekerja atau belum.

Kemudian, dokter akan membuat lubang di kulit secara manual menggunakan alat biopsi. Dokter akan memotong sebagian kecil otot dan membuang lemak untuk membentuk lesung pipi. Luasnya sekitar, 2 hingga 3 milimeter.

Kemudian, dokter akan menjahit bagian tersebut dari satu otot pipi ke otot lainnya. Benang kemudian diikat untuk membentuk lesung pipi agar permanen dan sesuai dengan posisi yang dinginkan oleh Moms.

Setelah menjalani operasi ini, Moms tidak perlu takut terdapat bekas luka di wajah. Karena semua prosedur ini dilakukan dari bagian dalam pipi atau di dalam mulut Moms. Selain itu, proses sulam lesung pipi dilakukan hanya dalam waktu 30 menit.

Baca Juga: Ini 3 Cara Mudah Dapatkan Kulit Wajah Kencang Tanpa Operasi

Proses Penyembuhan Sulam Lesung Pipi

sulam lesung pipi

foto: freepik.com

Proses penyembuhan sulam lesung pipi tidak terlalu lama. Jahitan akan menyatu dengan kulit sekitar dua minggu. Saat jaringan internal sembuh, otot pipi terhubung ke kulit, sehingga membuat lesung pipi saat tersenyum.

Periode ini dapat bervariasi dari beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada penyembuhan dan luasnya jaringan yang diangkat. Biasanya perlu waktu beberapa minggu agar lesung pipi baru Moms terlihat alami. Moms juga bisa makan setelah sulam lesung pipi, tetapi disarankan untuk menunggu sampai anestesi hilang.

Namun, Moms perlu ingat setiap tindakan operasi tentu akan menyebabkan pembengkakan sama seperti sulam lesung pipi. Hanya saja, Moms dapat menguranginya dengan cara melakukan kompres air dingin atau juga sapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.

Kebanyakan pasien yang menjalankan sulam lesung pipi dapat melanjutkan rutinitas kembali, seperti bekerja, sekolah atau lainnya. Namun, hal itu sangat disarankan untuk melakukan kegiatan tersebut dua hari pasca operasi.

Moms juga akan diminta oleh dokter untuk kembali ke rumah sakit atau klinik setelah beberapa minggu. Prosedur tersebut harus dilakukan untuk menilai hasil dari sulam lesung pipi.

Baca Juga: Ini Cara Tepat Mengecilkan Perut Pasca Operasi Caesar

Efek Samping Sulam Lesung Pipi

sulam lesung pipi

foto: freepik.com

Efek samping dari sulam lesung pipi jarang sekali terjadi. Namun kemungkonan risikonya tetap dapat serius jika benar terjadi. Beberapa kemungkinan efek samping dari sulam lesung pipi, seperti perdarahan di tempat operasi, kerusakan saraf wajah, kemerahan atau bengkak, infeksi dan bekas luka.

Jika Moms mengalami perdararahan atau keluar cairan yang berlebihan di tempat operasi, segera temu dokter. Karena hal tersebut bisa disebabkan oleh infeksi. Semakin cepat infeksi diobati, semakin kecil kemungkinannya menyebar ke aliran darah sehingga komplikasi tidak akan terjadi.

Bekas luka juga dapat menjadi salah satu efek samping dari sulam lesung pipi. Walaupun jarang terjadi, tetapi hal ini juga perlu Moms waspadai adanya bekas luka. Karena bisa jadi, luka tersebut akan sulit untuk diobati sehingga terdapat gangguan di wajah Moms.

Sama seperti tindakan operasi plastik kebanyakan, sulam lesung pipi juga akan memberikan resiko jangka panang dan jangka pendek. Namun, risiko ini sangat jarang terjadi untuk tindakan sulam lesung pipi. Dan, kebanyakan pasien yang melakukan tindakan ini merasa puas karena tidak mengalami efek samping apapun.

Kendati demikian, lesung pipi buatan ini dapat hilang dalam beberapa waktu. Hal ini memang selalu terjadi dalam terhadap beberapa operasi plastik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Pipi dan Menghilangkan Double Chin?

Moms sudah tahukan mengenai sulam lesung pipi, gimana tertarik?

Artikel Terkait