Kesehatan Umum

26 Oktober 2021

Moms Wajib Tahu! Ini Pentingnya Sunscreen untuk Remaja

Simak juga rekomendasi produk sunscreen untuk remaja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Sunscreen untuk remaja patut untuk diberikan. Terlebih banyak perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri anak Moms.

Jadi sebagai orang tua, Moms perlu melakukan berbagai pendekatan agar tetap bisa dekat dan aktif berkomunikasi dengan anak.

Salah satu yang perlu dibicarakan adalah perawatan tubuh karena kulit termasuk bagian yang mengalami perubahan.

Terlebih sebagai remaja, buah hati Moms biasanya akan penasaran dan mencoba berbagai macam produk untuk dipakai.

Oleh karena itu, Moms perlu memahami kegunaan sunscreen untuk remaja beserta rekomendasinya untuk diberi tahu pada anak.

Baca Juga: 9 Review Sunscreen Terbaik, Ada yang Aman Digunakan Anak lho Moms!

Kegunaan Sunscreen untuk Remaja

sunscreen sunblock

Foto: Orami Photo Stock

Sunscreen dikenal sebagai tabir surya. Produk yang satu ini paling sering digunakan karena bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari dan menjebaknya agar tak masuk ke lapisan kulit.

Perlu diketahui bahwa sinar matahari yang berlebihan bisa merusak serat kolagen kulit dan elastin lho, Moms! Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka kulit akan tampak kendur, keriput, dan pori-porinya pun bisa membesar.

Tak hanya itu bisa menyebabkan penuaan kulit, terpapar sinar matahari secara berlebihan pun bisa menyebabkan efek jangka panjang yang sangat berbahaya yakni, kanker kulit.

Penggunaan sunscreen untuk remaja pun dibutuhkan, Moms. American Academy of Dermatology (AAD) menyatakan bahwa kebanyakan orang butuh 1 ons sunscreen untuk diaplikasikan ke seluruh tubuh.

Jadi selain bagian wajah, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di bagian tangan, kaki, leher, dan telinga ya, Moms!

Baik sunscreen untuk remaja dan orang dewasa, mampu bertahan rata-rata 2 jam dalam sekali pemakaian. Dengan demikian, Moms dan remaja perlu melakukan pengaplikasian uang setiap 2 jam sekali.

Jika Moms atau buah hati sadar bahwa kulit terbakar, atau menghabiskan banyak waktu di air ketika berenang, maka pengaplikasian ulang sunscreen untuk remaja dan orang dewasa perlu dilakukan lebih sering.

Baca Juga: 7 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit, Salah Satunya Mencegah Kanker Kulit!

Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja

sunscreen untuk remaja

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Moms ingin memilih sunscreen untuk remaja ataupun bagi diri Moms sendiri.

Ini hal yang perlu Moms perhatikan sebelum membeli sunscreen!

1. Sunscreen yang Tahan Air

Sunscreen untuk remaja dan dewasa yang tahan air bisa menawarkan perlindungan yang lebih baik ketika melakukan aktivitas di dalam air.

Namun perlu diperhatikan, jangan sampai sunscreen luntur dan terkena mata ya, Moms!

Penting juga untuk diketahui bahwa tidak ada sunscreen yang benar-benar tahan air. Jadi, pilihlah sunscreen yang memiliki durasi perlindungan terhadap matahari lebih lama dari produk yang lain.

2. Spray Sunscreen

Sunscreen untuk remaja dalam bentuk spray atau semprot sangat popular karena dinilai lebih praktis. Terlebih untuk mereka yang sering beraktivitas luar ruangan.

Namun, Consumer Reports menyarankan untuk memakai sunscreen dengan bentuk krim. Pasalnya, sunscreen dalam bentuk spray bisa saja menghasilkan bahan kimia yang membahayakan ketika dihirup anak Moms.

3. Pilihan yang Pakai Bahan Alami

sunscreen untuk remaja

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi melaporkan bahwa sunscreen yang dibuat dengan bahan dasar mineral tak bekerja sebaik tabir surya yang memakai bahan kimia yang aktif.

Nah, sunscreen dengan label "natural" atau "alami" biasanya dibuat dengan bahan bakar mineral.

Jika Moms mencari sunscreen dengan bahan mineral, studi yang berjudul Pharmacognosy Research menemukan bahwa sunscreen dengan bahan dasar minyak zaitun atau minyak kelapa akan memberikan proteksi yang lebih baik.

Minyak zaitun dan minyak kelapa sendiri mengandung perlindungan SPF alami.

4. Pemilihan SPF

Moms juga perlu mengetahui bahwa ada banyak tabir surya yang tidak bekerja sesuai klaimnya. Jadi, Moms perlu berhati-hati ketika memilih sunscreen untuk remaja ya!

Sebenarnya, tidak ada sunscreen yang bisa memproteksi lebih dari SPF 50. Maka, ada kemungkinan keterangan kemasan yang mengaku memiliki SPF 50 ternyata memiliki kandungan kurang dari itu.

Bagi Moms yang belum tahu, SPF adalah kependekan dari Sun Protection Factor. Dalam sunscreen, SPF sendiri membantu untuk melindungi kulit dari serangan radiasi matahari yang berlebihan.

Ketika Moms dan remaja pergi ke luar rumah, kulit bisa diserang radiasi matahari. Bahkan ketika Moms berada di dekat jendela saja, sinar matahari berlebihan pun bisa membahayakan.

Radiasi yang berlebih ini bisa membuat kulit terbakar serta memberikan efek negatif lainnya.

SPF ini akan membantu kulit mempertahankan kelembapan dan kesehatannya meski terkena sinar matahari. Misalnya, SPF 15 melindungi kulit 15 kali lebih kuat dari kekuatan kulit normal tanpa pemakaian sunscreen.

Semakin tinggi nilai SPFnya, akan semakin baik proteksinya bagi kulit. Oleh karena itu, Moms perlu memilih sunscreen untuk remaja dan dewasa yang terbaik.

Dilansir dari American Cancer Society, umumnya sunscreen akan melindungi kulit manusia dari UVB, yakni sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit.

Baca Juga: Kulit Sensitif? Gunakan 5 Rekomendasi Sunscreen Tanpa Alkohol Ini!

Pentingnya Mengaplikasikan Sunscreen

sunscreen untuk remaja

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah bahwa ketika Moms dan anak sedang melakukan indoor pengaplikasian sunscreen pun tetap dibutuhkan? Hal tersebut dikarenakan sinar matahari bisa menembus jendela.

Oleh sebab itu, ketika seseorang tidak memakai tabir surya, maka risiko terkena kanker kulit pun bisa semakin tinggi.

AAD menyebutkan bahwa terdapat berbagai bentuk tabir surya. Jadi, Moms bisa memilih antara spray, krim, gel, ataupun stik. Jenisnya pun bisa dipilih dengan menyesuaikan jenis kulit lho, Moms!

Apabila memiliki kulit kering, Moms bisa menggunakan tabir surya dengan jenis krim. Ketika Moms memiliki kulit berbulu, sunscreen dalam bentuk gel lah yang cocok.

Sementara itu, stik sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan di bawah mata. Sementara yang spray praktis untuk dipakai kemana saja dan kapan pun.

Nah, untuk Moms yang memiliki kulit sensitif dan sedang hamil, Moms bisa memakai sunblock.

Sunblock sendiri berfungsi sebagai pelindung lapisan luar yang mencegah masuknya sinar UV ke kulit. Sunblock biasanya aman digunakan di berbagai jenis kulit termasuk kulit sensitif yang mudah terkena iritasi, serta ibu hamil.

Ketika menggunakan sunblock, Moms perlu mengocok kemasannya terlebih dahulu dengan sempurna agar bahan yang ada bisa tercampur rata.

Perbedaan sunscreen dan sunblock bisa dilihat secara kasat mata. Biasanya, beberapa sunblock memiliki tekstur buram dan bisa dilihat pada kulit setelah diaplikasikan.

Baca Juga: 4 Area Wajah yang Sering Terlewatkan saat Memakai Sunscreen

Rekomendasi Sunscreen untuk Remaja

Setelah memahami pentingnya menggunakan sunscreen, berikut ada beberapa produk sunscreen yang bisa Moms pilih untuk remaja.

1. Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

emina sun battle protection

Emina merupakan brand lokal yang dibuat khusus para remaja, tetapi juga bisa digunakan oleh usia 20-an ke atas. Produk tabir surya yang dikeluarkan bernama Emina Sun Battle SPF 30.

Sunscreen ini memiliki tekstur ringan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Emina Sun Battle SPF 30 juga diperkaya dengan aloe vera extract dan emolient untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

Tekstur dari sunscreen Emina sangat ringan, tidak lengket, dan mudah menyerap ke kulit.

2. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

Azarine-Hydrasoothe-Sunscreen-Gel-SPF45-PA-50ml.jpg

Produk sunscreen untuk remaja berikutnya, yakni Azerine Hydrasoothe Sunscreen Gel. Dengan tekstur gel yang berbahan dasar air, sunscreen Azerine memiliki tekstur sangat ringan, dingin, dan mudah meresap di kulit.

Azerine Hydrasoothe Sunscreen Gel diformulasikan dengan kandungan bahan alami, seperti propolis, aloe vera, green tea, dan delima yang baik untuk melindungi kulit dari sinar UV A & UV B sekaligus bisa menutrisi kulit.

Sunscreen ini juga aman digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk pemilik kulit sensitif dan acne prone.

Baca Juga: 3 Cara Memilih Sunscreen dengan Tepat, Perhatikan Jumlah SPF!

3. Erha x Aqua Re-Fresh Hydrating Sunscreen SPF 30/PA++

Erha x Aqua.png

Erha X Aqua Re-fresh Hydrating Sunscreen SPF 30/PA++ adalah kolaborasi dari produk lokal yang bisa Moms pilih sebagai sunscreen untuk remaja.

Sunscreen ini merupakan campuran dari physical dan chemical sunscreen yang bertekstur ringan sehingga mudah untuk diaplikasikan pada kulit. Sesuai namanya, produk yang satu ini sangat mudah menyerap di kulit layaknya air.

Sunscreen dari Erha X Aqua dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari UV A dan UV B. Dengan teknologi 24-Hour Hydration Lock untuk mempertahankan kelembapan kulit wajah.

4. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50

wardah UV Shield SPF 50.png

Masih dari brand lokal, Moms bisa memilih Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 untuk remaja.

Produk yang sudah terjamin kehalalannya ini diformulasikan dengan Broad Spectrum Protection sehingga 50x lebih optimal dalam menjaga kulit dari sinar UV A/UV B, serta pancaran blue light berlebih.

Menariknya, produk tabir surya dari Wardah dibuat dengan 0% alkohol, namun tetap ringan, tidak lengket, serta Aquafused Technology di dalamnya yang menjadikan sunscreen terasa segar seperti air dan dapat menghidrasi kulit dengan baik.

Baca Juga: Perlukah Memakai Sunscreen dalam Ruangan?

5. Skin Aqua Moisture Milk SPF 50 PA+++

skin aqua.png

Berikutnya, ada Skin Aqua Moisture Milk SPF PA+++ yang bisa Moms jadikan referensi produk sunscreen untuk remaja. Brand asal Jepang ini memiliki perlindungan ganda terhadap sinar UV A dan UV B.

Tabir surya Skin Aqua terbuat dengan ekstrak Improved Hydraulic Acid (AcHA) dan Collagen yang dapat melembapkan kulit, melembutkan kulit, dan mempertahankan elastisitas kulit.

Selain itu, diperkaya dengan vitamin B5 dan vitamin E yang bisa menutrisi kulit. Teksturnya ringan dan mudah menyerap sehingga nyaman digunakan.

6. Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++

Carasun Solar Smart UV Protector.png

Rekomendasi sunscreen untuk remaja selanjutnya, yaitu Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++. Produk ini mampu menangkal 97,8 persen sinar UV B, serta dilengkapi dengan PA++++ untuk memberikan perlindungan tertinggi terhadap UV A yang dapat memicu hiperpigmentasi dan penuaan dini.

Sunscreen ini dibuat dengan teknologi CloudLike™️ yang dipatenkan sehingga memiliki tekstur unik seringan awan yang non-comedogenic.

Selain itu, sunscreen dari Carasun dibuat tanpa fragrance dan alkohol, serta teruji klinis sesuai untuk kulit sensitif. Jadi, aman digunakan oleh remaja sehari-hari.

Baca Juga: 4 Cara Tepat Menggunakan Sunscreen

7. Nivea Sun Protect & White Serum SPF 50+

Nivea protect white.jpg

Moms yang sedang mencari produk sunscreen untuk remaja juga bisa memilih Nivea Sun Protect & White Serum SPF 50+.

Produk ini dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV A & UV B yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti kusam, bintik hitam, dan penuaan dini.

Kandungan L-Carnitine di dalamnya dapat membantu mengurangi minyak berlebih sekaligus membuat make up tahan lama dan tidak mudah luntur.

Selain melindungi dari bahaya sinar matahari, Nivea Sun Protect & White Serum SPF 50+ juga diperkaya dengan vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit dan menutrisi kulit.

Itu dia Moms, pentingnya mengaplikasikan sunscreen untuk remaja beserta rekomendasi produknya! Jangan tunda-tunda lagi, ya, yuk biasakan anak melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  • https://www.aad.org/sun-protection/sunscreen-faqs
  • https://www.consumerreports.org/cro/news/2011/07/don-t-spray-sunscreens-on-kids-at-least-for-now/index.htm
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3140123/
  • https://www.cancer.org/latest-news/choose-the-right-sunscreen.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait