Kesehatan

17 Mei 2021

Moms Wajib Tahu! Ini Pentingnya Sunscreen untuk Remaja

Memilih sunscreen untuk remaja yang tepat ada triknya, lho! Ini dia!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Sunscreen untuk remaja patut untuk diberikan. Terlebih banyak perubahan fisik dan psikis yang berubah dari diri anak kita.

Jadi, sebagai orang tua kita perlu melakukan berbagai pendekatan agar tetap bisa dekat dan aktif berkomunikasi dengan anak kita.

Salah satu yang perlu dibicarakan adalah perawatan tubuh. Karena salah satu hal yang akan mengalami perubahan adalah kulit nih, Moms!

Terlebih sebagai remaja, Si Kecil akan penasaran dan mencoba berbagai macam produk untuk dipakai. Salah satu yang perlu Moms perhatikan dengan baik adalah product sunscreen untuk remaja.

Sebenarnya apa sih kegunaan sunscreen pada remaja? Ini dia!

Kegunaan Sunscreen untuk Remaja

sunscreen sunblock

Foto: Orami Photo Stock

Sunscreen dikenal sebagai tabir surya. Produk yang satu ini paling sering digunakan. Terlebih sunscreen untuk remaja adalah produk yang paling dibutuhkan.

Sunscreen pada remaja sendiri bekerja dengan menyerap sinar matahari dan menjebaknya agar tak masuk ke lapisan kulit.

Perlu diketahui bahwa sinar matahari yang berlebihan bisa merusak serat kolagen kulit dan elastin lho, Moms! Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka kulit akan tampak kendur, keriput dan pori-porinya pun bisa membesar.

Tak hanya itu, selain bisa menyebabkan penuaan bagi kulit, terpapar sinar matahari secara berlebihan pun bisa menyebabkan efek jangka panjang yakni kanker kulit.

Untuk menghindarinya, sunscreen pada remaja pun dibutuhkan, Moms! American Academy of Dermatology (AAD) mengutarakan, kebanyakan orang butuh 1 ons sunscreen untuk bisa diaplikasikan ke seluruh tubuh.

Dalam melakukan pengaplikasian sunscreen pada remaja dan orang dewasa bahkan anak-anak, jangan lupa untuk memakainya di kaki, leher, dan juga telinga ya, Moms!

Perlu diketahui bahwa biasanya sunscreen pada remaja dan orang dewasa akan bertahan rata-rata 2 jam dalam sekali pemakaian. Hal ini bisa diartikan Moms perlu melakukan pengaplikasian uang setiap dua jam satu kali.

Jika Moms atau Si Kecil sadar bahwa kulit terbakar, atau menghabiskan banyak waktu di air ketika berenang, maka pengaplikasian ulang sunscreen untuk remaja dan orang dewasa perlu dilakukan lebih sering.

Baca Juga: Moms, Ini Cara Tepat Perawatan Kulit Bayi

Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja

sunscreen untuk remaja

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Moms ingin memilih sunscreen untuk remaja ataupun untuk diri Moms sendiri.

Ini hal yang perlu Moms perhatikan sebelum membelinya!

1. Sunscreen yang Tahan Air

Sunscreen untuk remaja dan dewasa yang tahan air bisa menawarkan perlindungan yang lebih baik ketika melakukan aktivitas di dalam air.

Namun perlu diperhatikan, jangan sampai sunscreen luntur dan terkena mata ya, Moms! Penting juga untuk diketahui bahwa tidak ada sunscreen yang benar-benar tahan air. Jadi, pilihlah yang durasinya lebih lama dari yang lain.

2. Spray Sunscreen

Sunscreen untuk remaja dalam bentuk spray atau semprot sangat popular. Terlebih untuk mereka yang sering beraktivitas.

Namun untuk orang tua, Consumer Reports menyarankan untuk memakai sunscreen dengan bentuk krim. Sunscreen dalam bentuk spray bisa saja menghasilkan bahan kimia yang membahayakan ketika dihirup anak.

3. Pilihan yang Pakai Bahan Alami

sunscreen untuk remaja

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi melaporkan bahwa sunscreen yang dibuat dengan bahan dasar mineral tak bekerja sebaik tabir surya yang memakai bahan kimia yang aktif.

Nah, sunscreen dengan label "natural" atau "alami" biasanya dibuat dengan bahan bakar mineral.

Jika Moms mencari sunscreen dengan bahan mineral, sebuah studi yang berjudul In Vitro Sun Protection Factor Determination of Herbal Oils Used in Cosmetics menemukan bahwa sunscreen dengan bahan dasar minyak zaitun atau minyak kelapa akan memberikan proteksi yang lebih baik.

Minyak zaitun dan minyak kelapa sendiri mengandun perlindungan SPF alami.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Sensitif

4. Pemilihan SPF

Studi lain menemukan bahwa banyak tabir surya yang tidak bekerja sesuai yang diiklankan. Jadi, Moms perlu berhati-hati ketika memilih sunscreen untuk remaja ya!

Tidak ada yang bisa memproteksi lebih dari SPF 50. Namun ada ada kemungkinan kemasan yang mengaku memiliki SPF 50 ternyata memiliki kandungan kurang dari itu.

Sebenarnya penting kah SPF itu Moms? Untuk yang belum tahu, SPF adalah kependekan dari Sun Protection Factor. Dalam sunscreen, SPF sendiri membantu untuk melindungi kulit dari serangan radiasi matahari yang berlebihan.

Ketika kita pergi ke luar rumah, kulit bisa diserang radiasi matahari. Bahkan ketika Moms berada di dekat jendela, sinar matahari berlebihan pun bisa membahayakan.

Radiasi yang berlebih bisa membuat kulit terbakar serta memberikan efek negatif lainnya.

Nah SPF sendiri membantu kulit mempertahankan kelembapan dan kesehatannya meski terkena sinar matahari. Contohnya, SPF 15 melindungi kulit 15 kali lebih kuat dari kekuatan kulit normal tanpa pemakaian sunscreen.

Nah SPF 50 akan menyediakan proyeksi 50 kali lebih kian dari kulit tanpa sunscreen. Jadi, Moms perlu memilih sunscreen untuk remaja dan dewasa yang terbaik, ya!

Dilansir dari American Cancer Society pada umumnya sunscreen akan melindungi kulit kita dari UVB, yakni sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit.

Baca Juga: Heboh Razia Skincare di Sekolah, Apa Manfaat Perawatan Kulit untuk Anak Remaja?

Pentingnya Memakai Sunscreen untuk Remaja dan Dewasa

sunscreen untuk remaja

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms ketika Moms dan Si Kecil sedang melakukan indoor pengaplikasian sunscreen pun tetap dibutuhkan? Hal tersebut dikarenakan sinar matahari bisa menembus jendela.

Nah karena itu, ketika seseorang tidak memakai tabir surya, maka risiko terkena kanker kulit pun semakin tinggi.

AAD menyebutkan bahwa terdapat berbagai bentuk tabir surya. Jadi, Moms bisa memilih antara spray, krim, gel, ataupun stik. Jenisnya pun bisa dipilih dengan menyesuaikan jenis kulit lho, Moms!

Jika Moms memiliki kulit kering, Moms bisa menggunakan tabir surya dengan jenis krim. Ketika Moms memiliki kulit berbulu, sunscreen dalam bentuk gel lah yang cocok.

Sementara itu stik cocok untuk diaplikasikan di bawah mata. Sementara yang spray praktis untuk dipakai kemana-mana.

Nah untuk Moms yang memiliki kulit sensitif dan sedang hamil, Moms bisa memakai sunblock.

Sunblock sendiri berfungsi sebagai pelindung lapisan luar yang mencegah masuknya sinar UV ke kulit. Sunblock pun biasanya aman digunakan di berbagai jenis kulit termasuk kulit sensitif yang mudah terkena iritasi serta ibu hamil.

Ketika menggunakan sunblock, Moms perlu mengocoknya dulu dengan sempurna agar bahan yang ada bisa tercampur rata.

Perbedaan sunscreen dan sunblock sendiri bisa dilihat kasat mata. Beberapa sunblock memiliki tekstur buram dan bisa dilihat pada kulit setelah diaplikasikan. Nah, hal ini lah yang membuat sunblock jarang peminat karena secara estetika menjadi tidak menarik.

Nah itu dia Moms pentingnya mengaplikasikan sunscreen untuk remaja! Jangan tunda-tunda lagi, ya!

  • https://www.aad.org/sun-protection/sunscreen-faqs
  • https://www.consumerreports.org/cro/news/2011/07/don-t-spray-sunscreens-on-kids-at-least-for-now/index.htm
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3140123/
  • https://www.cancer.org/latest-news/choose-the-right-sunscreen.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait