Obat-obatan

13 Desember 2021

6 Jenis Suplemen Otot dan Rekomendasinya

Setiap suplemen memiliki manfaat tersendiri, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Mendapatkan bentuk tubuh dan otot yang ideal membutuhkan komitmen dalam berolahraga dan menjaga pola makan. Selain itu, diperlukan juga asupan suplemen otot yang tepat.

Ada banyak suplemen otot yang dijual di pasaran untuk membantu Dads membesarkan otot hingga memulihkan tubuh setela melakukan olahraga yang berat.

Jika Dads tertarik mengonsumsinya, penting untuk mengetahui jenis suplemen yang baik sehingga membantu pembentukan otot tubuh lebih efektif. Yuk simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini!

Baca Juga: 15+ Rekomendasi Film dan Drama Choi Woo Shik, Salah Satunya Parasite yang Berhasil Meraih Oscar!

Jenis Suplemen Otot

jenis suplement otot.jpg

Foto: mirror.co.uk

Suplemen otot bukan hal yang mutlak perlu dikonsumsi dalam upaya membentuk tubuh. Selama rutin latihan dan mengikuti diet ketat makanan berprotein tinggi, otot bakal terbentuk dengan sendirinya.

Fungsi suplemen hanyalah mempercepat dan memaksimalkan proses pembentukan otot, sekaligus memberi tambahan energi untuk mendukung latihan yang lebih berat.

Agar manfaat suplemen otot lebih maksimal, berikut jenis suplemen yang dapat Dads konsumsi:

1. Kreatin

Kreatin sebenarnya sudah diproduksi oleh tubuh kita dan terkandung dalam makanan yang kita konsumsi, terutama daging merah dan ikan.

Kreatin memberikan energi untuk otot dan jaringan-jaringan tubuh. Mengonsumsi suplemen otot ini dapat meningkatkan kandungan kreatin dalam otot hingga 40% di atas normal.

Melansir The Journal of Strength and Conditioning Research, efek megonsumsi suplemen otot kreatin adalah sel-sel otot dan performa berolahraga menjadi lebih optimal.

Manfaat lain suplemen kreatin dalam tubuh:

  • Mempromosi massa tubuh tanpa lemak
  • Meningkatkan volume sel otot
  • Memulihkan lebih cepat pasca latihan
  • Meningkatkan penyimpanan glikogen
  • Meningkatkan performa otot berintensitas tinggi

2. Beta-Alanine (BA)

Beta alanine termasuk kedalam jenis asam amino non-essensial, yang artinya tubuh kita secara alami bisa memproduksi beta-alanine dari asam amino lain tanpa harus mendapatkannya dari asupan makanan.

Tubuh kita memerlukan manfaat dari beta-alanine agar bisa mensintesis jenis asam amino lainnya yang disebut dengan karnosin yang disimpan di dalam otot dan otak agar bisa mengurangi rasa lelah.

Dalam hal ini, beta alanine bekerja sama dengan L-Histidine yang termasuk kedalam sembilan asam amino esensial.

Dengan mempertahankan tingkat kadar karnosin melalui suplemen otot yang mengandung BA, tubuh dapat menunda akumulasi hidrogen dan keasaman yang dihasilkan, yang kemudian dapat menunda kelelahan dan kegagalan otot.

Manfaat tambahan suplementasi beta-alanin:

  • Meningkatkan daya tahan latihan
  • Meningkatkan hasil latihan
  • Menunda rasa lelah
  • Meningkatkan kemampuan sprint (berlari dengan cepat)
  • Bekerja secara sinergis dengan creatine

Baca Juga: 10+ Website dan Aplikasi Terpercaya untuk Jadi Kalkulator Kehamilan, Yuk Cek!

3. Protein

Jika ingin memperbesar otot, Dads perlu mengonsumsi protein lebih banyak dari asupan harian normal yang disarankan.

Umumnya asupan harian yang normal adalah 0,8 gram per kilogram berat badan, jumlahnya perlu ditingkatkan menjadi sekitar 1,2 sampai 2 kilogram per kilogram berat badan, tergantung pada fase latihan.

Ada dua tipe protein yang bisa Dads konsumsi, yakni whey dan casein.

Protein whey lebih cepat dicerna sehingga cocok dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan untuk meningkatkan sintesis protein dan pemulihan tubuh serta otot.

Menambahkan whey protein sebagai suplemen latihan akan mempercepat proses penambahan lemak bersih dan pengurangan lemak kotor dalam tubuh

Sementara casein perlu waktu lama untuk dicerna sehingga lebih baik dikonsumsi sebelum tidur. Protein jenis ini memiliki mannfaat menghasilkan asam amino sepanjang waktu sehingga mampu mencegah kerusakan otot dan memelihara jaringan otot.

4. Branched Chain Amino Acids (BCAA)

Branched-chain amino acids atau yang dikenal dengan BCAA terdiri dari tiga elemen asam amino, yaitu leucine, isoleucine, dan valine. Senyawa ini dapat ditemukan di beberapa sumber protein seperti daging, telur, susu, ikan, dan yang lainnya.

Tubuh menggunakan BCAA untuk membantu memulihkan otot. Seperti whey protein, suplemen BCAA mendorong nutrisi ke jaringan otot dan memungkinkan pemulihan pasca latihan dengan lebih baik.

Di dalam otot, BCAA berfungsi sebagai sumber energi selama berolahraga sehingga mengonsumsi suplemen yang mengandung BCAA dapat membantu memulihkan nutrisi yang hilang selama latihan.

Suplemen ini juga mengurangi rasa sakit akibat kelelahan otot dan memperbaiki pemulihan metabolik. Mengkonsumsi BCAA adalah salah satu tips olahraga yang tepat untuk Dads lakukan.

Selain itu, melansir The Journal of Nutrition, BCAA ini sangat penting untuk pertumbuhan otot dan dapat meningkatkan asam amino di dalam tubuh hingga 14%.

Jumlah asupan BCAA yang disarankan adalah 5 gram pada pagi hari, sebelum, dan sesudah latihan.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Mujair yang Sukses Bikin Ngiler, Bisa Dibikin di Rumah!

5. HMB

Beta-hydroxy beta-methylbutyrate (HMB) adalah molekul yang diproduksi ketika tubuh Dads memproses asam amino leusin.

HMB bertanggung jawab atas beberapa efek menguntungkan dari protein dan leusin dalam makanan. Ini sangat penting untuk mengurangi pemecahan protein otot.

Secara alamiah, HMB diproduksi oleh tubuh, tetapi minum sumplemen otot yang mengandung jenis ini memungkinkan tingkat yang lebih tinggi dan dapat bermanfaat bagi pembentukan otot tubuh.

Sebuah penelitian Medicine & Science in Sports & Exercise (MSSE) menunjukkan bahwa, mengonsumsi 3-6 gram HMB per hari dapat meningkatkan perolehan massa tubuh tanpa lemak dari latihan beban.

6. Jenis Suplemen Otot Lainnya

Beberapa suplemen otot lain mengklaim dapat meningkatkan massa otot. Ini termasuk asam linoleat terkonjugasi, penguat testosteron, glutamin dan karnitin.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  • Asam linoleat terkonjugasi atau CLA. Jenis ini mengacu pada sekelompok lemak omega-6, yaitu asam yang memberikan beberapa efek pada tubuh.
  • Penguat testosteron. Suplemen penambah testosteron termasuk, Asam D-aspartat, tribulus terrestris, fenugreek, DHEA dan ashwagandha.
  • Glutamine dan carnitine. Jenis ini mungkin tidak efektif untuk meningkatkan massa otot pada usia muda. Namun, sebuah penelitian telah menunjukkan karnitin memiliki beberapa manfaat untuk massa otot pada orang tua.

Baca Juga: Simak Penyebab dan Cara Mengatasi Tremor, Berbahaya Jika Terjadi dalam Waktu Lama!

Rekomendasi Suplemen Otot

Suplemen otot ini menjadi salah satu produk yang banyak dicari oleh para fitness enthusiast, terutama bagi Dads yang ingin membangun massa otot.

Nah agar tidak bingung memilih suplemen otot, berikut ini rekomendasi suplemen otot yang bisa dijadikan referensi:

1. Universal Real Gains Weight Gainer

Universal Real Gains Weight Gainer.jpg

Suplemen otot jenis gainer ini sangat cocok untuk Dads yang membutuhkan asupan kalori lebih banyak untuk kebutuhan membangun massa otot.

Universal Nutrition memproduksi suplemen penambah berat badan ini, yang mengandung karbohidrat kompleks serta protein dalam jumlah yang cukup.

2. L-Men Gain Mass

L-Men Gain Mass.jpg

Suplemen otot yang satu ini bisa menambah masa otot sehingga tubuh tak sekadar gemuk namun juga terbentuk dengan bagus.

Selain itu, suplemen rendah lemak dan bebas gula ini juga mengandung BCAA dan L-Glutamine yang berfungsi menaikkan daya tahan otot agar tidak diurai setelah berolahraga dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

3. Muscletech Nitro Tech Whey Isolate Gold

Muscletech Nitro Tech Whey Isolate Gold.jpg

Suplemen otot yang satu ini sangat cocok untuk Dads yang tidak sabar melihat hasil workout yang dilakukan, karena kandungan peptida dan  protein whey yang sangat mudah diserap oleh tubuh ketika usai berolahraga.

Selain itu, Muscletech Nitrotech Whey Isolate Gold diproduksi dengan teknologi cold microfiltration yang dapat menyaring karbohidrat, lemak dan laktosa secara optimal dan juga tidak merusak kandungan asam amino dan protein.

Baca Juga: Program Hamil Anak Perempuan, Ini Suplemen dan Rincian Biayanya

4. Evolene Evomass

Evolene Evomass.jpg

Evomass adalah susu tinggi protein, karbohidrat, dan kalori dari Evolene. Diformulasikan untuk Dads yang ingin menambah massa otot dan menaikkan berat badan tanpa bikin perut besar atau buncit .

Suplemen otot rendah lemak ini juga membantu mempercepat pemulihan otot dan pembentukan otot.

5. Optimum Nutrition Micronized Creatine Powder

Optimum Nutrition Micronized Creatine Powder.jpg

Optimum Nutrition Micronized Creatine Powder sangat cocok bagi Dads yang sedang membentuk massa otot dalam tubuh, karena mengandung 300 gram creatine yang sangat dibutuhkan tubuh sehingga dapat meningkatkan massa otot.

Tidak hanya itu, produk suplemen ini aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung zat adiktif dan akan meningkatkan kekuatan Dads pada saat melakukan olahraga.

Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Emosi Anak, Apa Saja Ya?

Nah itu dia Dads jenis hingga rekomendasi suplemen otot. Agar lebih aman, jika ingin mengonsumsinya lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20847704/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16365096/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11128859/
  • https://www.healthline.com/nutrition/supplements-for-muscle-gain#TOC_TITLE_HDR_1
  • https://www.sfgate.com/market/article/best-muscle-building-supplements-16588991.php
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait