Kehamilan

25 Juli 2020

Susah Tidur saat Hamil Trimester 2, Simak 10 Tips Ini!

Tidur nyaman trimester kedua kini bukan hanya impian. Simak tips serta trik yang bisa dilakukan berikuti ni
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pada awal trimester 2, Moms mungkin merasa lebih nyaman dan menyesuaikan diri dalam kehamilan dibanding dengan trimester 1. Trimester 2 juga dapat disebut sebagai periode bulan madu kehamilan karena Moms mungkin merasa lebih senang serta tenang saat hamil.

Namun, Moms mungkin harus berjuang dengan masalah tertentu seperti tidur. Sementara beberapa calon ibu dapat tertidur dengan nyenyak, yang lain mungkin merasa susah tidur saat hamil trimester 2 ini.

Menurut Pakistan Journal of Medical Sciences, Meningkatnya kadar progesteron dan upaya membawa beban tambahan dapat meningkatkan kelelahan saat hamil yang dapat memperburuk kurang tidur.

Baca Juga: Ibu Hamil Susah Tidur Saat Trimester Ketiga? Ini Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak

Mengatasi Susah Tidur saat Hamil Trimester 2

Meskipun Moms jarang mengalami masalah tidur selama trimester kedua, namun beberapa Moms mengeluhkan susah tidur saat hamil trimester 2. Memang, kondisi ini tidak selalu dialami oleh ibu hamil. Tapi, sebaiknya kita mengetahui tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 di bawah ini.

1. Waktu Tidur Tetap

Tidur nyaman trimester dua

Foto: Orami Photo Stock

Moms, pertahankan waktu tidur yang teratur pada gilirannya akan membantu mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Jadwalkan rutinitas harian Moms yang sesuai.

2. Hindari Menonton TV Sebelum Tidur

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Kebiasaan menonton TV sebelum tidur cenderung mengganggu jadwal tidur dan membuat Moms lebih rentan terkena masalah tidur, seperti insomnia. Jadi, buat Moms yang terbiasa menonton TV di malam hari, sebaiknya hindari dulu ya untuk mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2.

3. Relaksasi

Tidur nyaman trimester dua

Foto: Orami Photo Stock

Tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 selanjutnya adalah dengan mencoba teknik relaksasi sebelum tidur. Mungkin, Moms bisa mendengarkan musik yang menenangkan atau mandi air hangat.

Ini akan membantu tubuh Moms menjadi tenang serta membuat tidur nyaman.

4. Hindari Makanan Pedas

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 selanjutnya adalah hindari makanan pedas. Dilansir dari sleepfoundation.org, makan makanan pedas setiap hari meningkatkan risiko terkena mulas. Ini juga menyebabkan sulit tidur di malam hari.

Sebagai gantinya, Moms bisa menikmati segelas susu hangat. Selain cukup mengenyangkan, minum susu hangat juga bisa membuat badan lebih rileks.

5. Makan Snack

Tidur nyaman trimester dua

Foto: Orami Photo Stock

Tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 selanjutnya adalah makan snack. Camilan sebelum tidur sah-sah saja lho Moms. Ini akan membantu mengganjal perut Moms selama semalaman. Jadi, Moms tidak perlu khawatir terbangun tengah malam dan susah kembali tidur saat hamil trimester 2.

Baca Juga: Tidur Siang Saat Hamil Bisa Ganggu Tumbuh Kembang Janin, Benarkah?

6. Tidur Menghadap Kiri

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 selanjutnya adalah tidur menghadap kiri. Ketika Moms mencapai trimester dua dan ketiga, sangat ideal untuk tidur di sisi kiri. Berada dalam posisi ini memaksimalkan aliran darah ke rahim tanpa memberi tekanan pada hati.

7. Tambah Bantal

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 selanjutnya adalah tambahkan bantal untuk kenyamanan. Utamanya, bila Moms mengalami sakit pinggul atau punggung selama kehamilan mungkin menemukan bahwa menempatkan satu atau dua bantal di antara lutut atau menekuk lutut selama tidur dapat membantu memberikan bantuan.

Seorang wanita yang lebih suka tidur di sisi kanannya dapat mengambil posisi ini sebagai gantinya. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa ini berbahaya. Beberapa posisi tidur lain yang dapat membantu menyelesaikan masalah umum termasuk:

  • Mengangkat tubuh bagian atas dengan beberapa bantal untuk mengurangi mulas
  • Meninggikan kaki dengan bantal untuk membantu pembengkakan dan nyeri kaki
  • Menggunakan bantal tubuh atau bantal kehamilan untuk menggendong tubuh dan memberikan dukungan punggung tambahan

8. Olahraga

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 selanjutnya adalah berolahraga. Mungkin ini cukup sulit untuk dilakukan pada trimester dua. Tetapi bahkan jalan kaki pun dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu mengurangi kram kaki malam hari.

Wanita aktif cenderung tidur lebih nyenyak daripada yang hanya bersantai di sofa.

Hanya saja, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur (setidaknya dua jam sebelumnya) karena olahraga melepaskan adrenalin yang dapat membuat Moms terjaga di malam hari dan benar-benar membuat Moms lebih sulit untuk tidur.

9. Tidur tanpa Memikirkan Hal Berat

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Tips mengatasi susah tidur saat hamil trimester 2 selanjutnya adalah tidur tanpa memikirkan hal berat. Stres dan kecemasan adalah penyebab utama dalam mencegah tidur nyenyak.

Ingatlah bahwa khawatir tidak akan membantu, tetapi membicarakan masalah akan membantu. Temukan teman atau profesional yang dapat mendengarkan dan membantu Moms jika ada masalah dalam hidup yang membuat Moms khawatir atau merasa kesal.

Trik lain: Untuk membongkar kekhawatiran apa pun sebelum Anda masuk, simpan buku catatan di atas meja malam. Banyak insomnia di antara wanita hamil berasal dari tekanan yang tidak terselesaikan, terutama dengan masalah tentang bayi (persalinan, bagaimana akan menjadi seorang ibu, menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga, dan yang lainnya).

10. Cari Bantuan

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Moms, beberapa Moms mengaku susah tidur saat hamil trimester 2 karena mereka mengalami mimpi buruk saat tidur. Mimpi buruh memang melelahkan dan menguras energi. Tekanan yang Moms hadapi dan pikirkan bisa jadi salah satu penyebabnya.

Beberapa Moms mengalami mimpi buruk meninggalkan bayi mereka. Tidak sedikit juga yang menempatkan bayi dalam situasi berbahaya. Dan mimpi buruk tersebut terasa begitu nyata sehingga ketika bangun pun Moms akan merasakan apa yang Moms rasakan saat bermimpi.

Jika Moms mengalaminya, sebaiknya segera cari bantuan ya. Moms bisa mencari terapis atau konselor untuk membantu menyelesaikan masalah mimpi buruk yang membuat Moms susah tidur sata hamil trimester 2.

11. Sempatkan Tidur Siang

Susah Tidur saat Hamil trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms tidak cukup istirahat di malam hari karena susah tidur saat hamil trimester 2, tidur siang untuk membantu mengurangi kelelahan. Coba tidur siang selama 20 hingga 30 menit di akhir pekan dan jika Moms pulang kerja dari awal. Tapi jangan lebih dari itu ya Moms. Tidur siang yang panjang sebenarnya bisa membuat Moms merasa lebih lelah daripada sebelumnya.

Baca Juga: Susah Tidur saat Hamil? Ini 5 Cara Mengatasinya

Wanita yang tidak mendapatkan kualitas tidur selama kehamilan dapat mengalami kelelahan fisik dan emosional. Kelelahan ini dapat menyulitkan bekerja, pergi ke sekolah, atau menyelesaikan tugas sehari-hari

Penelitian yang dikeluarkan oleh BMC Pregnancy and Childbirth menunjukkan bahwa kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan mood, seperti depresi, dan berpotensi menghasilkan hasil kehamilan negatif, seperti hambatan pertumbuhan janin dan preeklamsia.

Hal ini juga dapat menyebabkan masalah sekunder, seperti kecelakaan terkait kelelahan.

Jika Moms mengalami susah tidur yang berkelanjutan selama kehamilan, maka harus berbicara dengan dokter tentang cara meningkatkan kualitas tidur.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait