Susu Formula

SUSU FORMULA
12 November 2020

9 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Balita untuk Kebutuhan Gizi Si Kecil

Inilah susu penambah berat badan balita yang cocok untuk si kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Anak yang sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anak yang kurus dan memiliki berat badan di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak.

Selain memberikan buah dan sayur yang seimbang, salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan untuk balita. Meski begitu, Moms menyesuaikan pemberian susu dengan usia anak.

Dalam tiap fase tumbuh kembangnya, anak membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang berbeda sesuai dengan tingkat usia dan aktivitasnya. Moms juga harus memperhatikan kandungan dalam susu penambah berat badan balita.

Tentang Berat Badan Balita

Dikutip National Health Service UK, anak usia 2 hingga 5 tahun mungkin telihat kecil, tetapi mereka sedang tumbuh dan membutuhkan energi (kalori) dan nutrisi yang berasal dari makanan yang bervariasi dan seimbang.

Jika kekurangan berat badan, anak mungkin tidak mendapatkan cukup kalori. Semua anak membutuhkan energi (kalori) dan nutrisi yang berasal dari pola makan yang bervariasi dan seimbang. Anak-anak memiliki perut yang lebih kecil dan perlu makan dalam jumlah yang lebih kecil tapi lebih sering.

Selain makanan, susu rendah lemak juga bisa menambah berat badan anak, termasuk pada balita. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal's Archives of Disease in Childhood, konsumsi susu rendah lemak atau skim dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau obesitas pada anak-anak.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Virgina meneliti kebiasaan minum susu dari sekitar 11.000 anak, seperti yang dilaporkan oleh orang tua atau wali mereka pada usia 2 tahun dan sekali lagi pada usia 4 tahun, sebagai bagian dari Studi Early Childhood Longitudinal Study, yang melacak perkembangan fisik dan pendidikan.

American Academy of Pediatrics (AAP) dan American Heart Association juga merekomendasikan agar anak-anak di atas usia 2 tahun minum susu rendah lemak atau susu skim untuk mengurangi lemak jenuh makanan dan mengontrol berat badan.

Para peneliti menduga bahwa anak-anak yang kelebihan berat badan mungkin akan bertambah berat badannya jika tidak minum susu rendah lemak sejak awal, dan bahwa konsumsi susu rendah lemak mungkin merupakan tanggapan atas perhatian orang tua mengenai kenaikan berat badan anak.

Baca Juga: Benarkah Balita Tidak Boleh Sembarangan Minum Susu? Ini 3 Faktanya!

Susu Penambah Berat Badan Balita

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi susu penambah berat badan balita sebagai pertimbangan untuk Moms sebelum memutuskan untuk memberikannya kepada Si Kecil.

1. Susu Penambah Berat Badan Balita: SGM Eksplor 1+ Madu 900gr

7% Rp84.700
Rp78.000
SGM Eksplor 1+ Madu 900gr

Jika Moms mencari susu penambah berat badan balita dengan harga yang ramah di kantong tetapi kualitasnya tidak mengecewakan, SGM Eksplor bisa menjadi pilihan. Susu yang diproduksi oleh Sari Husada ini sudah menjadi susu kepercayaan ibu-ibu Indonesia sejak lama dalam menemani tumbuh kembang anak.

SGM Eksplor 1 Plus membuat inovasi baru yang dilengkapi dengan formula complinutri yang dibutuhkan Si Kecil. SGM Eksplor 1 Plus memiliki varian isi 150 gr, 400 gr, 600 gr, dan 900 gr. Kandungan yang dimiliki pun beragam, seperti Protein, Inulin, Kalsium, Fosfor, Zinc, Zat Besi, Asam Amino, Kolin, Minyak Ikan, Omega 3.

Memiliki rasa Vanila dan Madu, susu ini diformulasikan untuk anak dengan usia 1-3 tahun.

2. Susu Penambah Berat Badan Balita: Curcuma Plus Susu Bubuk Ekstrak Temulawak - Strawberry 350g

Curcuma Plus Susu Bubuk Ekstrak Temulawak - Strawberry 350g

Biasanya, salah satu alasan anak kehilangan berat badan adalah karena nafsu makan yang berkurang. Curcuma Plus adalah susu penambah berat badan balita yang mengandung ekstrak Temulawak alami yang teruji mampu meningkatkan nafsu makan.

Meski mengandung Temulawak, rasanya tidak seperti jamu melainkan seperti susu pada umumnya dengan 4 varian rasa yang akan disukai anak, yakni Strawberry, Cokelat, Vanila, dan Madu. Susu yang direkomendasikan untuk anak usia 1-6 tahun ini memiliki ukuran kemasan 180 gr, 350 gr dan 750 gr.

Selain temulawak, Curcuma Plus juga mengandung bahan-bahan yang baik untuk tumbuh kembang anak seperti Protein, Kalsium, Serat Pangan, DHA, Kolin dan 11 vitamin dan 3 mineral lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anak-anak disarankan minum 2 gelas dalam sehari.

Baca Juga: Memperkenalkan Susu Sapi Ke Bayi

3. Susu Penambah Berat Badan Balita: Bebelac 4 Bebenutri Vanila 400gr Box

Rp59.300
Bebelac 4 Bebenutri Vanila  400gr Box

Sistem pencernaan yang kurang baik dapat berdampak pada berat badan anak. Bebelac 4 dapat menjadi pilihan susu penambah berat badan untuk balita. Susu ini mengandung FOS:GOS yang berfungsi sebagai prebiotik, sehingga dapat membantu menjaga sistem pencernaan anak usia 1-6 tahun.

Selain itu, susu Bebelac 4 juga mengandung banyak zat seperti Zat Besi, Zinc, Iodium, Vitamin A, Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, dan Kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan fisik maupun perkembangan kognitif anak. Dengan rasa madu dan vanila, susu ini tersedia dalam kemasan 400 gr, 800 gr, dan 1800 gr.

4. Susu Penambah Berat Badan Balita: Nestle Lactogrow 4 Vanilla 750gr New

10% Rp96.500
Rp86.850
Nestle Lactogrow 4 Vanilla 750gr New

Lactogen adalah nama lain dari Nestle Lactogrow sebelum berubah nama. Susu ini diklaim efektif sebagai penambah berat badan balita secara alami, karena mengandung minyak ikanyang dikenal sebagai bahan yang mampu merangsang nafsu makan.

Selain itu, Lactogrow juga dilengkapi dengan formula happy nutri yang dibutuhkan anak-anak agar bisa bertumbuh dengan sehat dan gembira. Memiliki rasa Vanila dan Madu, Lactogrow juga mengandung bahan yang dibutuhkan anak, seperti Protein, Kalsium, Omega 3, Omega 6, Zink, Zat Besi, Selenium, Vitamin, dan DHA.

Memiliki kemasan 750 gr, susu ini direkomendasikan untuk anak berusia 3-5 tahun

5. Susu Penambah Berat Badan Balita: Morinaga Chil Kid Soya 300gr

Morinaga Chil Kid Soya 300gr

Memiliki anak dengan riwayat alergi susu sapi dan laktosa tentu menjadi tugas tersendiri bagi orang tua. Apalagi jika Si Kecil kesulitan menaikkan berat badannya. Namun jangan khawatir, perusahaan Kalbe memproduksi susu soya yang ditujukan bagi anak-anak penderita galaktosemia maupun alergi protein sapi.

Namanya Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges. Meski bukan terbuat dari susu sapi, Moms tidak usah meragukan kandungan nutrisinya. Di dalam susu ini mengkombinasikan zat gizi makro dan mikro yang mampu mendukung pertumbuhan fisik maupun kecerdasan multi talenta anak.

Dikemas dalam kemasan 300 gr dan 600 gr, susu ini mengandung Kalsium, Vitamin D, Probiotik, Kolin, DHA, Asam Amino, dan Protein Kedelai. Memiliki rasa Vanila, usia anak yang direkomendasikan untuk meminumnya adalah 1-3 tahun.

Baca Juga: Cara Tepat Menyiapkan Susu Formula untuk Si Kecil

6. Susu Penambah Berat Badan Balita: Friso 4 Gold 400gr Tin

14% Rp122.500
Rp104.400
Friso 4 Gold 400gr Tin

Untuk Moms yang tidak hanya fokus dalam penambahan berat badan balita namun juga higienitas, susu ini cocok untuk dijadikan pilihan. Friso Gold 4 memiliki kemasan yang sangat praktis untuk dibuka dan ditutup karena memiliki protection lid, dan dilengkapi tempat untuk menaruh sendok.

Meski sering dibuka tutup, susu tetap terjaga kehigienisannya. Moms pun bisa membawanya bepergian tanpa takut tumpah. Bukan hanya itu, susu ini juga memiliki teknologi locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi yang tidak berubah saat diseduh menggunakan air panas.

Kandungan yang ada di dalamnya seperti Kalsium , Probiotik, Zink, Nukleotida, Selenium, Ala & La, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E pun mudah dicerna oleh perut. Friso Gold 4 juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Memiliki kemasan 400 gr dan 900 gr, dengan rasa plain susu ini bisa dikonsumsi oleh anak usia 3-12 tahun.

7. Susu Penambah Berat Badan Balita: Pediasure Triplesure Van 850g

Pediasure Triplesure Van 850g

Bagi anak yang susah makan, Pediasure bisa menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Susu ini mengandung mikronutrien dan makronutrien yang cukup lengkap seperti 12 vitamin, 7 mineral, protein, lemak, serta karbohidrat.

Jadi meski anak susah makan, setidaknya Moms tak perlu khawatir tubuh Si Kecil mengalami mal nutrisi. Kualitas Pediasure sudah terbukti diklaim bermanfaat selama puluhan tahun. Dengan rasa Vanilla, Cokelat dan Madu, susu yang memiliki kemasan 400 gr dan 850 gr ini cocok untuk anak berusia 1-10 tahun.

8. Susu Penambah Berat Badan Balita: Similac Gain Plus - Rp 135.500

9 Susu Penambah Berat Badan Balita -8.jpg

Foto: Shopee.com

Susu penambah berat badan balita ini memiliki nutrisi tambahan yang dibutunkan oleh Si Kecil. Similac Gain Plus khusus dipentukkan bagi anak-anak usia 1-3 tahun yang memiliki kekurangan berat badan. Dalam Similac Gain Plus terkandung 12 vitamin dan 9 mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Susu ini juga juga memiliki campuran minyak nabati dari minyak bunga matahari, minyak kelapa, serta minyak kedelai, serta kandungan Kalsium, Zat Besi, Zinc, Minyak Nabati, Protein, Fosfor, yang akan melengkapi nutrisinya.

Memiliki rasa vanila yang disukai anak-anak, Similac Gain Plus memiliki kemasan 400 gr dan 900 gr dalam kemasan kaleng.

Baca Juga: Kandungan Gizi Dalam Susu Bayi

9. Susu Penambah Berat Badan Balita: S-26 NutriSure Gold - Rp 249.000

9 Susu Penambah Berat Badan Balita -9.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Si Kecil mengalami masalah makan seperti picky eater, tentunya Moms membutuhkan susu penambah berat badan balita agar terhindar dari kekurangan nutrisi. Susu S-26 Nutrisure Gold bisa menjadi pilihan karena kandungan makronutrien dan mikronutrien yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan.

Susu ini bisa diberikan dalam rentang usia yang cukup panjang, yakni anak usia 1-10 tahun. Setelah masalah makan anak teratasi, pemberian susu ini bisa diganti dengan susu biasa. S-26 NutriSure Gold memiliki kemasan 400 gr dan 900 gr dengan rasa Vanila.

Susu penambah berat badan untuk balita hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, anak-anak juga harus mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi ya Moms!

Artikel Terkait