COVID-19

COVID-19
7 Maret 2021

8 Layanan Swab di Rumah, Cek Di Sini!

Jika khawatir keluar rumah, Moms bisa menggunakan layanan swab di rumah saja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Jumlah pasien infeksi COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Hingga kini pun masyarakat diimbau untuk bertahan di rumah saja untuk menghindari penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Namun, jika Moms ingin melakukan swab test tapi khawatir untuk keluar rumah, Moms bisa menggunakan layanan swab di rumah saja.

Caranya pun mudah, Moms tinggal memesan layanan swab test at home ini secara online lalu menunggu petugas kesehatan datang ke rumah dan melakukan swab test.

Tentunya, layanan ini bisa jadi solusi praktis untuk tetap sehat, aman dan nyaman selama di rumah saja.

Baca Juga: Perbedaan Rapid Test dan Swab Test, Wajib Tahu!

Daftar Layanan Swab di Rumah

Swab di rumah bukanlah hal baru. Sebab, beberapa artis seperti Syahrini, Maia Estianty hingga Olla Ramlan juga pernah melakukan swab di rumah bersama anggota keluarga lainnya.

Nah, jika Moms berminat, berikut rekomendasi layanan swab di rumah yang bisa dicoba di rumah.

1. Ceklab.id

xx Rekomendasi PCR at Home

Foto: Orami Photo Stock

Ceklab.id merupakan salah satu startup layanan kesehatan menyediakan swab tes t di rumah.

Sistemnya, petugas kesehatan akan mendatangi rumah konsumen lalu melakukan pengujian di lokasi tersebut, tentunya dengan alat pelindung diri yang lengkap dan higienis.

Meskipun swab test ini dilakukan di rumah, namun Ceklab.id menyediakan peralatan dan layanan yang lengkap seperti rapid test dan swab test metode PCR.

Ivan Sinarso, Co- Founder Ceklab.id, menyebut bahwa metode yang digunakan perusahaannya berbeda dengan metode lainnya.

"Kami memakai alat dari Belanda dan sudah bekerjasama dengan vendornya. Kalau rapid test lain biasanya mengambil sampel dari jari, kami dari vena supaya lebih akurat," seperti dikutip dari KONTAN.

Saat ini, layanan swab di rumah oleh Ceklab.id tersedia di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Untuk harga swab test dengan metode PCR, Ceklab.id mematok harga Rp2,4 juta. Sedangkan rapid test dibanderol Rp700 ribu.

2. Home Visit EMC: PCR Swab Test

RS EMC Sentul juga menyediakan layanan swab di rumah. Untuk memesan layanan ini, Moms hanya perlu menghubungi RS EMC Sentul di nomor 083813680104 atau 813 1798 5044.

Sama halnya seperti swab di rumah lainnya, petugas dari RS EMC Sentul akan mendatangi rumah konsumen lalu melakukan swab di rumah. Hasil swab baru akan diketahui satu hari setelahnya.

Untuk biaya, RS EMC Sentul memberikan dua opsi yakni jarak rumah kurang kurang dari radius 5 km dari RS EMC Sentul dibanderol Rp4,5 juta untuk 3 orang.

Sedangkan jarak rumah yang lebih dari 5 km dari RS EMC Sentul dibanderol Rp6 juta untuk 3 orang.

Baca Juga: 4 Fakta Modus Pelecehan Swab Test Vagina di India

3. Halodoc

layanan swab test di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Halodoc tak hanya memberikan layanan konsultasi dokter maupun pembelian obat resep dokter. Kini, Moms juga bisa menggunakan layanan swab test rumah saja melalui aplikasi Halodoc.

Layanan pemeriksaan COVID-19 ini menggunakan metode rapid test (IGG & IGM) dengan alat tes merk Vazyme dan pemeriksaan COVID-19 dengan metode swab PCR.

Moms hanya perlu membuka aplikasi, pilih layanan swab di rumah (home care) lalu pilih paket yang tersedia.

Ada dua pilihan paket yang disediakan yakni paket rapid test di rumah untuk 1 orang sebesar Rp350 ribu dan paket swab test mulai dari Rp1,8 juta hingga Rp2,8 juta.

4. Primaya Hospital

Primaya Hospital turut menyediakan layanan swab di rumah seharga Rp 2,3 juta per orang. Pendaftaran bisa dilakukan melalui telepon sesuai dengan lokasi rumah sakit Primaya Hospital.

Layanan ini bisa digunakan di beberapa wilayah di Indonesia seperti Makassar, Tangerang, Karawang Evasari Jakarta, Bekasi Timur, Bekasi Utara, dan Bekasi Barat.

Baca Juga: Rumah Sakit di Jabodetabek yang Menerima Rapid/Swab Test COVID-19 dan Biayanya

5. Mayapada Clinic

xx Rekomendasi PCR at Home

Foto: Orami Photo Stock

Mayapada Clinic menyediakan layanan swab di rumah seharga Rp2,5 juta per orang. Layanan ini bisa Moms pesan melalui e-commerce atau menghubungi nomor ponsel 087870360947.

Meski begitu, layanan ini hanya bisa dilakukan di sekitar Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Tangerang di jam operasional hari Senin-Jumat pukul 09.00 - 11.00 WIB.

6. Bumame Farmasi

Layanan swab di rumah selanjutnya yang bisa Moms coba adalah dari Bumame Farmasi.

Bumame Farmasi menyediakan jasa swab di rumah berstandar internasional untuk Moms yang tengah menjalani karantina mandiri atau merasa khawatir untuk bepergian keluar rumah.

Untuk PCR swab test, akan dikenakan biaya Rp880.000 (tidak termasuk PPN). Namun jika Moms ingin menggunakan layanan home service, maka harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp1.000.000,- untuk setiap kunjungan.

Namun untuk hasilnya, Moms bisa mendapatkan dalam waktu 24 jam untuk PCR Swab Test dan Swab Antigen ± 30 menit.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi melalui WhatsApp ke 0811-959-8085.

Baca Juga: Menteri Airlangga Hartarto Tegaskan Vaksin COVID-19 Mandiri untuk Karyawan Gratis!

7. Labcito.co.id

xx Rekomendasi PCR at Home

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms takut utnuk mendatangi rumah sakit atau klinik tertentu untuk melakukan swab, jasa swab di rumah selanjutnya yang bisa Moms gunakan ada dari Labcito.co.id.

Petugas dari Laboratorium Klinik CITO ini akan datang ke rumah Moms, lengkap dengan pakaian APD sesuai standar dan bebas Covid-19.

Layanan home service ini tersedia di Lab CITO cabang Semarang, Jogjakarta, Pekalongan, Solo, Jakarta, Bogor, dan Surabaya.

Hubungi segera Lab CITO terdekat untuk informasi lebih lanjut ya Moms, atau Moms bisa juga kunjungi akun Instagramnya di @labcito dan website-nya di Labcito.co.id.

8. Rumah Sakit Mitra Keluarga

Rumah Sakit Mitra Keluarga yang memiliki cukup banyak cabang juga menyediakan jasa swab di rumah. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Berlaku untuk pasien umum dan minimal 1 rumah terdiri 5 peserta (tidak boleh kurang).
  • Melakukan Appointment H-1 serta tidak berlaku untuk hari minggu dan libur nasional.
  • Untuk Appointment serta biaya melalui Whatsapp ke nomor 0821-1191-5767

Sayangnya untuk biaya yang dikenakan Moms harus menghubungi langsung ke nomor yang tertera.

Baca Juga: Pakar Prediksi COVID-19 Bakal Jadi Penyakit Endemik, Ini Penyakit Pandemik yang Menjadi Endemik

Namun bisa dipastikan Moms tidak perlu repot keluar rumah untuk melakukan test dan petugas akan datang dengan protokol kesehatan yang sangat terjaga.

Itu dia Moms beberapa rekomendasi swab di rumah untuk Moms yang takut bepergian ke luar rumah di masa pandemi Covid-19 ini. Apakah Moms berminat mencoba salah satu swab di rumah yang direkomendasikan?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait