Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tahapan Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Bagikan


Perkembangan Anak

Anak usia 3 tahun belajar terutama dengan bereksplorasi menggunakan semua inderanya. Saat bermain, mereka sudah lebih fokus pada ‘tugas’ yang sedang dihadapi bahkan mampu bertahan menyelesaikan sesuatu yang cukup sulit untuknya.

Ia tahun juga berpikir lebih kreatif dan metodis saat memecahkan masalah dibanding tahun sebelumnya. Perhatikan, Moms, kemampuan bahasanya juga semakin baik.

Mulai dari kosa kata yang bertambah pesat, pengucapan yang lebih tepat dan jelas, hingga kemampuan mendengarkan dan memahami percakapan, cerita sederhana atau lagu.

Kalau Moms suka membacakan buku untuknya, di usia ini ia juga sudah mampu menyadari bahwa tulisan di buku memberi tahu pembaca apa yang harus dikatakan.

Coba amati, apakah ia juga sudah mampu mengenali beberapa huruf atau angka? Bisa saja ia juga mulai mencoba menulis huruf meski hasilnya berupa coret-coretan saja.

Ini tanda ia mengerti bahwa orang dewasa atau anak yang lebih besar darinya bisa menulis apa yang mereka katakan atau menulis sesuatu untuk dibaca.

Selain itu, anak-anak usia 3 tahun juga tengah mengembangkan keterampilan penalaran logis mereka saat bermain. Mereka mampu mengklasifikasikan dan menyortir objek, tapi biasanya hanya dengan satu karakteristik pada satu waktu.

Untuk menstimulinya, coba ajak anak mengidentifikasi benda-benda yang "sama" atau "berbeda." Misalnya, ajak juga anak berhitung 1 sampai 5.

Baca juga: Kenali 6 Manfaat Berbagai Area Permainan Anak di Sekolah

Catatan di Usia Ini

Tidak perlu khawatir bila pertambahan berat badan anak usia 3 tahun tidak secepat saat usia 1 tahun dulu. Ini karena aktivitas fisiknya pun meningkat.

Sepanjang hari ia mungkin sibuk berlari, memanjat, mengendarai sepeda roda tiga, menangkap bola.

Di tengah kesibukan hariannya ini lah ia butuh orang dewasa untuk memastikan keamanannya. Temani, dampingi, tapi beri juga ia ruang yang cukup untuk mengembangkan rasa kebebasan ya, Moms.

Di usia ini, anak sudah mampu menjalin persahabatan dengan sebayanya, lho. Nanti ketika konflik muncul dengan teman sebaya, ia biasanya akan mencari bantuan orang dewasa.

Dari sana, mereka akan belajar mengenali sebab-akibat, perasaan hingga bagaimana memberi respon atau pertolongan sederhana untuk temannya. Dengan memberi pelukan kepada teman yang sedih karena permennya jatuh, misalnya.

Perhatikan juga bagaimana anak mengatur emosinya saat bermain dengan teman atau menghadapi situasi yang tidak menyenangkan.

Baca juga: Membuat Playdate Pertama Anak Menjadi Seru

Moms Coba, Deh

Kembangkan kemampuan seni Si Kecil, yuk! Di usia 3 tahun, anak sedang belajar mengembangkan kontrol yang lebih besar atas suaranya, mengenali, menyebutkan hingga menyanyikan lagu favoritnya.

Bila diberi kesempatan, ia juga bisa memainkan instrumen irama sederhana. Selain itu, anak usia tiga tahun menyukai permainan peran dan kadang-kadang akan begitu terlibat dalam skenario imajinernya.

Jangan terkejut bila ia terus mempertahankan peran mereka bahkan setelah permainan berhenti. Hihihi...lucunya!

Ia juga akan sangat suka bila diajak atau dibiarkan menggunakan benda dan kostum dalam permainan peran mereka. Pura-pura jadi guru, penyanyi, dokter, pelaut, bahkan dinosaurus. Seru!

Narasumber: Belinda Agustya, M.Psi., (Psikolog Anak Rainbow Castle, Jakarta Selatan dan
Co-founder Markas Main Edukatif el-SkaL Indonesia, Tangerang Selatan)

(AK/INT)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.