Balita dan Anak

9 Juni 2020

Tahapan Perkembangan Bahasa Pada Anak dari Usia ke Usia

Berikut tahapan perkembangan bahasa pada anak yang perlu Moms ketahui sebagai panduan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, bagaimana rasanya saat Si Kecil pertama kali berbicara? Pasti senang sekali mendengarnya mengucapkan kata-kata baru yang tak terduga sebelumnya, ya.

Tak terasa, nanti Si Kecil semakin bertumbuh dan tiba-tiba saja dia sudah bisa berkomunikasi dengan aktif dan lancar. Nah, terkait perkembangan bahasa pada anak-anak, berikut beberapa informasi yang perlu Moms ketahui.

Tahap Perkembangan Bahasa Anak

Mengutip dari Children Development, ada 4 bagian dalam bahasa, yaitu:

  1. Fonologi: bunyi atau nada pada bahasa.
  2. Semantik: mengandung kata kerja dan mampu menggambarkan konsep melalui kata-kata.
  3. Tata bahasa: aturan subjek, predikat, dan objek diposisikan ke dalam suatu kalimat.
  4. Pragmatis: aturan untuk komunikasi yang efektif dan sopan.

Lalu, bagaimana tahap perkembangan bahasa anak dari usia ke usia? Agar Moms memiliki panduannya, simak informasi terkait di bawah ini, ya.

1. Usia 3 Sampai 12 Bulan

Tahap Perkembangan Bahasa Anak 1.jpg

Foto: pexels.com

Tahap perkembangan bahasa anak pada usia 3 bulan biasanya akan lebih dominan untuk membuat suara-suara yang belum berbentuk kata. Dua bulan kemudian, Si Kecil akan mulai ‘berbicara’ dengan menggunakan nada tertentu dan berusaha mengikuti nada maupun gerak tubuh.

Lalu, beberapa bulan selanjutnya, Si Kecil akan mulai memainkan ‘kata’ dengan nada yang lebih panjang. Pada masa ini kemungkinan anak mampu mengucapkan kata ‘papa’ atau ‘mama’, walaupun belum mengerti artinya.

Selanjutnya, pada usia 10 bulan kata-kata yang diucapkan memiliki maksud tertentu, seperti meminta sesuatu, menolak, menyapa seseorang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Perlukah Anak Berbahasa Asing Sejak Usia Dini?

2. Usia 12 Sampai 18 Bulan

Tahap Perkembangan Bahasa Anak 2.jpg

Foto: pexels.com

Pada tahun pertamanya, anak mulai berbicara dengan maksud dan tujuan yang diinginkan. Si Kecil baru mengerti arti kata ‘papa’ dan ‘mama’ di usia ini. Anak juga mulai dapat mengenali nama benda di sekitarnya seperti baju, celana, boneka, mobil, dan lain sebagainya.

Kemudian pada umur 18 bulan, Si Kecil mulai memahami perintah dan penjelasan yang sederhana. Ia akan datang ketika dipanggil namanya dan lama kelamaan mengerti menggunakan kata ‘aku’.

3. Usia 2 Sampai 3 Tahun

Tahap Perkembangan Bahasa Anak 3.jpg

Foto: pexels.com

Kata-kata yang diketahui dan digunakan Si Kecil akan bertambah secara cepat. Ia mulai mampu bertanya menggunakan kata ‘siapa’, ’apa’, dan ‘di mana’.

Tahap perkembangan bahasa anak di usia 2 tahun akan mulai menggunakan kata kepunyaan dan mulai mengerti maksudnya pada tahun ketiga. An akan mampu menyusun kalimat dengan 3 atau 4 kata.

Ia juga akan mulai memahami perintah seperti ‘ayo sini, makan mangga’ dan mulai mengerti menjawab pertanyaan, kecuali pertanyaan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’.

Pada usia ini, anak menggunakan hampir seluruh nada dalam berbicara dan mulai mengerti aturan berbicara, sehingga akan mendengarkan ketika orang lain berbicara dan berbicara setelah gilirannya tiba.

Baca Juga: 4 Manfaat Istimewa Musik Untuk Perkembangan Anak

4. Usia 3 Sampai 5 Tahun

Tahap Perkembangan Bahasa Anak 4.jpg

Foto: pexels.com

Pada umur 3 tahun, anak mulai menggunakan kalimat-kalimat yang lebih kompleks, yakni menggunakan kata ‘karena’, ‘dan’, juga ‘kalau’.

Anak mampu menggunakan kata ‘aku’ dan ‘kamu’ dengan benar. Ia juga mulai mengerti aturan dasar dalam menyusun kalimat, sehingga mampu bercerita dengan tema tersendiri.

Cerita dan kalimat-kalimat ini dapat dimengerti oleh orang tua. Si Kecil juga dapat mengerti penjelasan yang lebih kompleks dan paham banyak perintah dalam satu kalimat.

Lalu, pada usia 4 tahun, anak bisa memahami banyak kata-kata, walaupun jarang menggunakannya. Ia sudah bisa memahami emosi, seperti ‘senang’, ‘sedih’, dan ‘marah’.

Anak pun sudah mampu menggabungkan 2 kalimat dengan kata ‘karena’, ‘atau’, juga ‘dan’ sehingga ia akan semakin mahir dalam berbicara secara bergiliran.

5. Usia 5 Sampai 8 Tahun

Tahap Perkembangan Bahasa Anak 5.jpg

Foto: pexels.com

Si Kecil mulai paham menggunakan penekanan nada dalam kalimat. Ia mampu bercerita dengan baik dan menarik, seiring dengan semakin banyak kegiatan belajar di sekolah. Pada usia ini, anak juga akan mampu memberikan ide atau pendapatnya, bahkan mampu bercerita seperti orang dewasa.

Baca Juga: 3 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak

Wah, ternyata tiap tahap perkembangan bahasa anak sangat menakjubkan ya, Moms. Kemampuan Si Kecil untuk berbicara tentu lahir dari komunikasi yang baik bersama semua orang dan keluarga.

Karena itu, komunikasi dengan orang tua dan orang sekitar sangat penting diterapkan sejak usia dini, agar kemampuan bahasanya dapat berkembang secara optimal.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait