2-3 tahun

30 Desember 2020

Manfaat Bernyanyi Bagi Anak Selama Pandemi, Yuk Seru-seruan Bareng Si Kecil!

Meningkatkan kebahagiaan juga lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selama ini kita mengetahui bahwa mendengarkan musik merupakan salah satu yang cara yang baik untuk melepas stres.

Namun tahukah Moms, tak hanya dengan mendengarkan saja, saat bernyanyi pun juga ternyata baik untuk kesehatan, lho. Termasuk bermanfaat bagi anak-anak.

Mengutip Harvard Medical School, tubuh manusia sudah biasa dengan irama, seperti detak jantung, pernapasan, dan gelombang otak semuanya berirama.

Tak heran, bila musik bahkan sudah sejak lama dijadikan untuk banyak ritual terapi. Kira-kira apa saja manfaat bernyanyi bagi anak, termasuk untuk kesehatan fisik dan psikis?

Yuk, cari tahu daftarnya berikut ini.

Baca Juga : 7 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat bernyanyi bagi anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Frankfurt, Jerman, bernyanyi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini menguji darah para anggota paduan suara profesional sebelum dan setelah satu jam latihan.

Hasilnya, jumlah protein dalam sistem kekebalan yang berfungsi sebagai antibodi secara signifikan lebih tinggi setelah latihan.

Ini menjadi manfaat bernyanyi bagi anak yang patut menjadi perhatian.

2. Membuat Bahagia

manfaat bernyanyi bagi anak-2

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya dengan mendengarkan musik, manfaat bernyanyi bagi anak akan membuat Si Kecil bahagia. Menyanyi bisa membuat mood menjadi riang.

Hal ini karena saat bernyanyi, tubuh akan melepaskan endorfin, zat kimia yang membuat mood lebih baik dan bahagia.

Merasakan bahagia juga memengaruhi kesehatan mental, yang juga menjadi manfaat bernyanyi bagi anak selanjutnya.

Menurut studi dari Harvard Medical School, bernyanyi dapat membangkitkan semangat yang kendur, meningkatkan suasana hati, mengurangi gejala depresi, dan bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Kualitas tidur seseorang berpengaruh pada kesehatan mental.

Baca Juga: 4 Manfaat Kursus Menyanyi Untuk Anak

3. Mengatasi Masalah Tidur

manfaat bernyanyi bagi anak-3

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms, jika bernyanyi ternyata bisa mengatasi permasalahan tidur seperti mendengkur.

Menurut studi dari Exeter University dan the Royal Devon and Exeter NHS Foundation Trust, Inggris, bernyanyi dapat membantu memperkuat otot-otot tenggorokan dan langit-langit mulut.

Dampaknya, hal ini yang membantu menghentikan dengkuran dan sleep apnea, suatu gangguan tidur dimana pernapasan sering berhenti saat tidur.

Tentunya, manfaat bernyanyi bagi anak ini akan memberikan Si Kecil kualitas tidur yang baik, dan akan memengaruhi suasana hati dan kesehatan fisiknya.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

manfaat bernyanyi bagi anak-4

Foto: Orami Photo Stock

Tidak sedikit orang-orang malu untuk bernyanyi, apalagi bernyanyi di depan umum. Mungkin juga termasuk Si Kecil.

Namun, saat bernyanyi di depan orang-orang dan mendapatkan apresiasi dari mereka, maka akan meningkatkan kepercayaan diri.

Seiring waktu, keberanian Si Kecil pun akan terasah dan kepercayaan diri pun semakin terbangun. Ini juga menjadi manfaat bernyanyi bagi anak.

Baca Juga: 6 Cara Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak, Patut Dicoba!

5. Mendukung Kesehatan Fisik

manfaat bernyanyi bagi anak-5

Foto: Orami Photo Stock

Bernyanyi ternyata bisa menjadi salah satu bentuk olahraga, lho. Ini juga menjadi manfaat bernyanyi bagi anak. Hal ini karena saat bernyanyi dengan teknik yang tepat, paru-paru pun akan ikut terlatih.

Tak hanya itu, diafragma Si Kecil juga akan lebih kuat dan dapat membuat aliran oksigen dalam darah lebih lancar terdistribusikan ke seluruh tubuh. Bahkan bernyanyi bisa disamakan dengan aerobik lho!

Selain itu, dalam jurnal Trends in Cognitive Sciences, manfaat fisiologis dari bernyanyi sudah sejak lama dieksplorasi dari berbagai penelitian.

Terbukti bernyanyi mampu melatih otak dan tubuh, sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan pernapasan, postur, dan ketegangan otot.

Bernyanyi juga terbukti menghilangkan rasa sakit. Ketika Moms bernyanyi, maka secara alami tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang menjadi obat penghilang rasa sakit alami di dalam tubuh.

Untuk itu, bernyanyi juga berperan dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Nah, Moms sudah tahu ragam manfaat bernyanyi bagi anak. Selain bisa melakukan aktivitas bernyanyi bersama Si Kecil, Moms juga perlu memastikan asupan nutrisi anak tercukupi.

6. Pentingnya Mendukung Nutrisi Si Kecil

Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Moms bisa memberikan Bebelac 4 HiQ-EQ, yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia prasekolah.

Bebelac 4 HiQ-EQ memiliki formula yang ditingkatkan. Bebelac dibuat dengan minyak ikan (0,26%) dan mengandung Asam A-linolenat (Omega 3) 107 mg/saji dan Asam Linoleat (Omega 6) 1073 mg/saji.

Selain itu, Bebelac 4 HiQ-EQ juga ada kandungan FOS:GOS 1:9, serta 13 Vitamin & 5 Mineral dengan kandungan Zat Besi, Zinc, Vitamin A dan Kalsium untuk pertumbuhan yang optimal.

Itu dia Moms, ragam manfaat bernyanyi bagi anak. Sekarang, Moms sudah tahu kan manfaat bernyanyi bagi anak? Yuk bernyanyi bersama Si Kecil!

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait