Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Anak | Jul 12, 2018

Tak Hanya Cerdas Akademik, Moms Perlu Kenali 8 Kecerdasan Anak Lainnya

Bagikan



Pintar selalu identik dengan nilai akademis yang baik. Padahal, nyatanya, cerdas tidaknya seorang anak tidak bisa dilihat hanya dari sisi akademis di sekolah.

Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Bisa saja ada anak yang pandai matematika, namun kurang menguasai seni musik. Ada juga yang juara untuk menggambar, namun kurang minat di bidang ilmu pengetahuan alam.

Setiap anak dianugerahi kecerdasan yang tidak seragam. Hal tersebut yang mendasari Dr Howard Gardner dari Harvard University mengenalkan teori kecerdasan multiple.

Dikutip dari Kars4kids.org, orang tua tidakperlu khawatir anaknya tidak tidak pintar di satu bidang. Dalam teori kecerdasan multiplenya, Gardner punya delapan bidang kecerdasan. Satu dari delapan area kecerdasan ini mungkin dikuasai oleh Si Kecil.

Jadi, Si Kecil sebenarnya tidak harus pintar secara akademis, yang penting, mereka punya kemampuan di bidang lain yang bisa dikembangkan.

Apa saja jenis kecerdasan multiple tersebut? Cari tahu yuk Moms!

Kecerdasan linguistik (word smart)

Kecerdasan bahasa menunjukkan kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata, baik secara tertulis maupun lisan, dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya.

Kecerdasan logika-matematika (number smart)

Kecerdasan matematika-logika menunjukkan kemampuan seseorang dalam berpikir secara induktif dan deduktif, berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka, serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir.

Kecerdasan visual-spasial (picture smart)

Kecerdasan visual-spasial menunjukkan kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang.

Kecerdasan gerak tubuh (body smart)

Kecerdasan gerak tubuh menunjukkan kemampuan seseorang untuk secara aktif menggunakan bagian-bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan berbagai masalah.

Kecerdasan bermusik (music smart)

Kecerdasan musikal menunjukkan kemampuan seseorang untuk peka terhadap suara-suara nonverbal yang berada di sekelilingnya, termasuk dalam hal ini adalah nada dan irama.

Kecerdasan interpersonal (people smart)

Kecerdasan interpersonal menunjukkan kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan orang lain. Mereka cenderung untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain sehingga mudah bersosialisasi dengan lingkungan di sekelilingnya.

Kecerdasan intrapersonal (self smart)

Kecerdasan intrapersonal menunjukkan kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan dirinya sendiri. Ia cenderung mampu untuk mengenali berbagai kekuatan maupun kelemahan yang ada pada dirinya sendiri.

Kecerasan naturalis (nature smart)

Kecerdasan naturalis menunjukkan kemampuan seseorang untuk peka terhadap lingkungan alam, misalnya senang berada di lingkungan alam yang terbuka seperti pantai, gunung, cagar alam, atau hutan.

Nah, alih-alih hanya berpatokan pada nilai akademis Si Kecil, orang tua bisa melihat kemampuan Si Kecil lainnya. Orang tua bisa mengetahui delapan jenis kepintaran anak ini dengan mengamati tingkah laku mereka.

Misalnya, anak suka memukul-mukul benda seperti bermain drum, maka ia mungkin memiliki minat di musik. Anak yang suka membuat sesuatu dengan tangan mereka, menyentuh, mengamati benda, cenderung memiliki kepintaran body smart.

Jika kecerdasan anak sudah diketahui, berikanlah stimulus untuk mengembangkan kepintaran anak tersebut. Misalnya, untuk anak yang memiliki body smart, ajak si kecil bermain menyusun balok, melakukan kegiatan fisik seperti olahraga.

Selamat mencoba Moms!

(AND)

Bagikan


Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.