Fashion & Beauty

12 Mei 2021

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia 10 Manfaat Jeruk Nipis!

Manfaat si hijau bundar ini baik untuk tubuh, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Rasa asamnya selalu berhasil membuat tubuh menjadi segar. Manfaat jeruk nipis memang memiliki tempat tersendiri bagi para pecinta makanan dan minuman.

Si buah berbentuk hijau bundar ini muda ditemukan di berbagai makanan dan minuman, seperti soto, ikan bakar, soda dingin, hingga es jeruk nipis.

Di balik semua kenikmatan jeruk nipis, ternyata ia menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tidak percaya? Yuk cek manfaat jeruk nipis di bawah ini!

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Selain rasanya yang segar dan kadang terlalu asam, namun ada manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang tak kalah menarik.

Selain diolah dalam perasan jeruk nipis, ternyata ia juga bisa diolah sebagai masker wajah sebagai rangkaian manfaat jeruk nipis. Tak percaya? Mari simak penjelasan lengkapnya.

1. Mengobati Sariawan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Sariawan

Foto: Orami Photo Stocks

Sariawan merupakan penyakit mulut yang sering terjadi. Berbagai hal menyebabkan sariawan, mulai dari kondisi mulut yang kotor, tidak sengaja tergigit, kekurangan vitamin C dan zar besi, tubuh yang tidak dalam keadaan fit, dan lain sebagainya.

Nah, untungnya, manfaat jeruk nipis bisa menjadi obat yang murah dan mudah didapatkan. Kandungan vitamin C dalam buah ini akan membantu menutup luka sariawan dan membuat mulut kembali segar.

Lalu bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk mengobati sariawan? Caranya sangat mudah Moms, cukup basahi kapas dengan sari jeruk nipis dan oleskan ke bagian mulut yang terkena sariawan.

Selain cara tersebut, Moms bisa juga mengoleskan secara langsung sari jaeruk nipis ke sariawan. Memang rasanya akan lebih perih dibandingkan dengan menggunakan kapan. Namun dalam beberapa hari kemudian sariawan akan hilang seketika!

2. Merawat Kulit

Rajin mengonsumsi jeruk nipis atau menggunakannya sebagai masker juga bisa membuat kulit makin cantik.

Dilansir dari salah satu situs kecantikan terbesar, yaitu stylecare.com, kandungan vitamin C dan flavonoid dalam buah ini akan membantu meremajakan kulit, membuatnya jadi lebih cerah, dan juga mengurangi bau badan.

Manfaat jeruk nipis dari sifat asam yang dimiliki jeruk nipis berfungsi sebagai obat penyembuh luka karena memiliki sifat antibiotik.

Baca Juga: Buah Naga dan 11 Manfaatnya untuk Kecantikan

3. Menurunkan Demam

manfaat jeruk nipis: Es Kuwut.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah dapat menurunkan menurunkan demam. Buah ini akan diperas dan kemudian dicampur dengan air hangat.

Setelah itu, Moms dapat mengoleskan ke punggung Si Kecil atau anggota keluarga lainnya yang terkena demam atau digunakan sebagai kompres.

Biarkan semalaman agar khasiatnya terasa dan keesokan harinya demam akan reda. Selain digunakan untuk mengompres, jeruk nipis bisa diolah menjadi teh hangat yang berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi sehat.

4. Kandungan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa penting yang melindungi sel dari molekul yang disebut radikal bebas. Sel ini adalah pemicu tumbuhnya kanker dalam tubuh.

Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas dapat merusak sel dan kerusakan ini telah dikaitkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Mengutip studi dalam National Center for Biotechnology Information, manfaat jeruk nipis mengandung senyawa aktif tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, termasuk flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

3 Cara Meningkatkan Imunitas dari Manfaat Jeruk Nipis, Ikuti Moms!.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Saat ini kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan imunitas pada tubuh seseorang.

Sebuah studi memaparkan, vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Selain itu, manfaat jeruk nipis dengan kandungan vitamin C ini juga membantu mempersingkat durasi dan tingkat keparahan pilek pada anak.

Manfaat jeruk nipis juga membantu luka pulih lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penting yang membantu penyembuhan luka.

Baca Juga: Anak Batuk saat Tidur, Ini 12 Cara Mengatasinya

6. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Tahukah Moms, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Studi dalam National Center for Biotechnology Information, manfaat jeruk nipis dengan mengandung vitamin C yang tinggi, ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung.

Selain itu, vitamin C dapat melindungi dari aterosklerosis, penyakit di mana plak menumpuk di arteri dan membuatnya menjadi sempit.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa memberi makan kelinci dengan kulit jeruk nipis dan jus membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis.

7. Mencegah Batu Ginjal

pentingnya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan batu ginjal hero

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat jeruk nipis telah terbukti membantu mencegah batu ginjal. Asam sitrat dalam lemon, jeruk nipis, dan buah jeruk lainnya membuat batu ginjal lebih sulit terbentuk.

Batu ginjal adalah kristal mineral kecil yang seringkali menyakitkan untuk dikeluarkan. Batu ini dapat terbentuk di dalam ginjal dan akan keluar bersama dengan urin ketika buang air kecil.

Satu studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak jeruk nipis memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

8. Kaya akan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kadar zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Tanda-tanda anemia defisiensi besi termasuk kelelahan, kesulitan bernapas saat berolahraga, pucat, dan kulit dan rambut kering.

Orang yang menjalankan pola makan vegan atau vegetarian berisiko lebih besar mengalami anemia defisiensi besi, karena produk nabati mengandung sejenis zat besi yang tidak terserap dengan baik seperti zat besi dari daging dan produk hewani lainnya.

Makanan tinggi vitamin C, seperti manfaat jeruk nipis, dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Studi dalam National Library of Medicine pada April 2016, pada orang yang mengikuti diet vegetarian menemukan bahwa minum segelas jeruk nipis bersama makanan nabati meningkatkan penyerapan zat besi hingga 70 persen.

Baca Juga: 11 Manfaat Kismis yang Jarang Diketahui

9. Mengurangi Kerutan

5 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami, Yuk Coba!

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin C tidak hanya melawan flu biasa. Manfaat jeruk nipis dengan vitamin C juga membantu produksi kolagen, protein yang membuat kulit, rambut, dan kuku yang kuat.

Moms membutuhkan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menghaluskan kerutan.

Manfaat jeruk nipis dapat membantu pada kesehatan kulit. Peras saja air jeruk nipis ke dalam segelas besar air. Minumlah setiap pagi saat bangun tidur dan Moms akan melihat hasilnya dalam waktu sekitar 3 minggu.

10. Mengurangi Gula Darah

Siapa sangka, ternyata manfaat jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Pektin adalah jenis serat bermanfaat yang ditemukan di banyak buah seperti jeruk nipis dan apel. Saat makan pektin dalam makanan, ini membantu tubuh memperlambat proses pencernaan.

Akibatnya, tubuh akan lebih mudah menyerap gula darah dengan lebih lambat dan lebih stabil.

Ini bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes atau sering merasakan naik turunnya tingkat energi setelah makan.

Baca Juga: 15 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin!

Selain untuk ketiga hal di atas, apakah Moms pernah menggunakan jeruk nipis untuk mengobati penyakit lain? Yuk, berbagi di kolom komentar!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19149749/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22492364/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27413231/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait