Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Pasca Melahirkan | Jan 13, 2018

Tak Perlu Khawatir Miss V Jadi Kendur Setelah Melahirkan, Ini 4 Cara Kencangkan Kembali Vagina

Bagikan



Saat melahirkan normal, bayi akan melewati leher rahim dan keluar lewat vagina Moms atau yang kerap disebut pula sebagai jalur lahir. Pada proses melahirkan normal, bukaan vagina Moms tentu harus merenggang agar Si Kecil dapat melintas keluar.

Hal tersebut mungkin akan membuat Moms bertanya – tanya, apakah setelah melahirkan normal vagina akan menjadi kendur dan tak terlihat sama seperti sedia kala?

Tenang Moms, organ intim kewanitaan kita ini memang memiliki tingkat elastisitas yang sangat baik. Meski dapat merenggang hingga 10cm untuk jalur Si Kecil keluar, vagina kita dapat kembali mengerut.

Selain itu, vagina juga terbentuk oleh sekelompok otot yang disebut dengan otot dasar panggul, dimana otot ini dipengaruhi oleh saat kehamilan dan proses melahirkan.

Perubahan pada vagina memang mungkin terjadi, namun sejauh mana perubahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ukuran bayi dan berapa lama durasi saat mendorongnya keluar dan ternyata faktor gen juga menjadi salah satu faktor pengaruh lho Moms.

Selain vagina akan terlihat lebih kendur dari sebelumnya, setelah melahirkan normal pun vagina akan terasa lebih lemas dan lunak, tak jarang mungkin pula membengkak atau memar. Hal tersebut disebabkan oleh relaksasi yang terjadi oleh otot dasar panggul, dimana otot ini akan kehilangan kekuatan setelah melahirkan normal.

Bengkak dan memar yang mungkin terjadi pada vagina akan mulai berkurang setelah beberapa Si Kecil lahir, meski begitu tetap vagina tak akan bisa kembali seperti saat sebelum melahirkan. Untuk Moms yang menginginkan vagina untuk kembali merapat, bisa dengan cara – cara berikut:

Baca Juga : 3 Cara Tepat Merawat Miss V

Senam Kegel

senam kegel, mengencangkan vagina setelah melahirkan

Senam kegel merupakan salah satu gerakan yang dapat merapatkan kembali vagina Moms, selain itu senam ini akan memengaruhi otot-otot dasar panggul lebih kuat. Nah, selain manfaatnya yang kita butuhkan, senam kegel pun dapat Moms lakukan dengan mudah di rumah.

Diet Makanan Sehat

diet makanan sehat, cara mengencangkan vagina setelah melahirkan

Ternyata, bila sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat makan zat pembentuk hormone seks tak dapat dihasilkan. Untuk itu, pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu Moms untuk kembali menyehatkan vagina.

Makanan sehat tadi pula dapat digabungkan dengan fitness yang fokus kepada gerakan otot tubuh bagian bawah. Fitness tersebut guna membantu merapatkan vagina secara alami. Nah, Dengan begitu elastisitas vagina Moms tentu akan terjaga dan mengembalikan kekencangan vagina yang kendur.

Latihan Squats

latihan suat, mengencangkan miss v setelah melahirkan

Moms mungkin berpikir bahwa latihan squats dapat membuat lutut cedera, namun sebenarnya hal tersebut salah. Latihan squats aakan meningkatkan kekuatan lutut Moms serta menguatkan otot – otot vagina yang dapat membuat otot – otot tersebut kembali kencang dan rapat.

Caranya mudah lho Moms, hanya dengan berdiri dan memposisikan kaki sedikit keluar serta sejajar dari pinggul. Sedangkan untuk posisi tangan bisa sambil menggenggam atau letakkan di pinggang.

Selanjutnya gerakkan bokong dan panggul, seolah-olah seperti gerakan sedang ingin duduk namun tak sampai menyentuh lantai dan lakukan hal tersebut secara berulang.

Yoga

yoga, mengencangkan vagina setelah melahirkan

Ternyata, dengan berlatih yoga secara teratur dapat membuat tubuh Moms tak hanya bugar namun juga dapat merapatkan vagina secara tak langsung lho. Hal ini karena hampir seluruhnya gerakan yoga dapat menargetkan otot –otot dasar panggul Moms menjadi lebih kencang.

Nah, bagaimana Moms? Sekarang sudah semakin tahu kan bahwa banyak cara yang mudah untuk dilakukan guna merapatkan kembali vagina.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.