Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Mengatasi Batuk dan Flu Saat Hamil

Bagikan


Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Mengatasi Batuk dan Flu Saat Hamil

Kehamilan membawa perubahan pada fisik setiap perempuan. Selain bertambahnya bobot tubuh, imunitas ibu hamil juga dapat terpengaruh.

Akibatnya, sejumlah keluhan pun dialami ibu hamil. Misalnya, batuk, flu, dansebagainya.

Jika biasanya saat dalam kondisi normal, kita bisa mengonsumsi obat untuk mengatasi flu maupun batuk, tentu tidak demikian saat hamil. Kita harus lebih berhati-hati memilih obat agar tidak mempengaruhi janin dan kesehatan selama hamil.

Secara alami tubuh Moms bisa ditingkatkan kekebalannya dengan beristirahat cukup, konsumsi makanan sarat gizi, mengatasi stres, memperbanyak minum air putih, atau dengan mengoleskan minyak gosok alami untuk menghangatkan tubuh.

Namun, jika cara-cara diatas tak juga mempan, tak ada salahnya Moms coba 6 cara alami mengatasi flu dan batuk selama hamil berikut ini. Apa saja bahan-bahannya?

  1. Irisan Bawang

Bawang putih ataupun bawang merah adalah obat alami yang ampuh mengatasi flu. Penggunaan bawang juga sering diberikan pada bayi.

Mengapa? Sebab bawang memiliki kandungan phytochemical yang dapat melegakan saluran pernapasan. Sifat bawang sebagai antiseptic alami juga dapat mengatasi batuk lebih cepat, termasuk pada ibu hamil.

Untuk itu, irislah satu suing bawang putih untuk dikonsumsi langsung (dalam kondisi mentah). Jika kurang nyaman dengan baunya, campurkan dengan madu, dibuat jus, atau bisa juga dikonsumsi dengan makanan lainnya.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

  1. Perasan Jeruk Nipis

Jeruk memang kaya akan Vitamin C. Nah, biasanya kita meminum perasan jeruk nipis atau lemon untuk mengatasi batuk secara alami. Cara ini juga bisa dilakukan pada ibu hamil. Tapi, cermat dalam meminumnya, ya. Sebab jika ibu hamil punya gangguan maag atau lambung, harus diminum dalam takaran tepat, dan tentunya dikonsumsi setelah makan. Pembuatannya sangat mudah, cukup campurkan perasan air jeruk nipis dengan air hangat. Tambahkan kecap secukupnya. Kemudian minum teratur, misalnya 3 kali sehari.

  1. Rebusan Daun Sirih

Cara alami lain yang dapat dicoba yaitu dengan meminum rebusan daun sirih. Khasiatnya dapat mengatasi rasa gatal pada tenggorokan dan menghilangkan batuk. Agar batuk cepat mereda, konsumsi rebusan daun sirih ini secara teratur, ya. Selain daun sirih, ada juga daun lain yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami dengan cara penyajian yang sama, yakni daun kemangi dan daun seledri.

  1. Jahe

Selain daun sirih, jahe juga dapat direbus dan diminum airnya untuk menghilangkan batuk serta memberi rasa hangat pada tenggorokan. Kupas dua jahe, cuci bersih dan rebus dengan takaran dua gelas air matang. Tunggu hingga air mendidih dan surut setengahnya. Rebusan jahe ini sebaiknya diminum teratur sehari tiga kali hingga batuk hilang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

  1. Kumur Air Garam

Air garam hangat bisa mengurangi batuk pada ibu hamil juga, lo. Caranya, berkumur dengan segelas air garam secara teratur untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan.

  1. Kuah Kaldu Sup Ayam

Selain bisa dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, kuah kaldu sup ayam juga bisa jadi obat alami saat flu. Moms dapat merebus tulang hingga kuah kaldunya keluar dan campurkan dengan sayuran serta potongan daging ayam. Sajikan hangat untuk mendapatkan khasiatnya sebagai obat alami mengatasi batuk maupun flu.

Baca Juga : Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Hamil

Sekarang sudah tahu, kan, Moms ada 6 cara alami untuk menghilangkan batuk selama hamil. Cara ini juga bisa Moms terapkan pada Si Kecil ketika sudah lahir nanti.

Jadi, jangan terburu-buru konsumsi obat, ya. Selamat mencoba!

(ARH)

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.