Jalan-jalan

6 Agustus 2021

9+ Taman Bunga Terbaik di Indonesia dan Dunia, Tidak Boleh Dilewatkan!

Pemandangannya dijamin Instagrammable!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Taman bunga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ragam jenis bunga, aneka bentuk, dan warna bunga menjadi daya tarik utama tempat wisata yang satu ini, khususnya bagi Moms pecinta tanaman.

Selain menawarkan keindahan pemandangan yang menyejukkan mata, berkunjung ke taman bunga juga bisa jadi alternatif buat Moms yang ingin melakukan liburan singkat, menghirup udara segar, menjernihkan pikiran. Moms juga bisa sedikit berolahraga sederhana dengan berjalan-jalan sembari menikmati pemandangan.

Salah satu taman bunga yang paling terkenal dan terbesar di dunia adalah Keukenhof, yang ada di Belanda. Ada lebih dari tujuh juta benih bunga yang ditanam setiap tahun di taman bunga Keukenhof. 

Mulai dari bakung, anggrek, mawar, anyelir, iris, lili, dan tentunya tulip sebagai bunga khas dari negara tersebut. Taman bunga Keukenhof biasanya dibuka pada April dan Mei, di mana bunga tulip biasanya bermekaran di Belanda.

Taman bunga yang satu ini, mungkin bisa Moms masukan dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat situasi pandemi Covid-19 sudah mulai terkendali suatu saat nanti. Akan tetapi, untuk mengobati penasaran dengan keindahan taman bunga, Moms bisa mengajak keluarga untuk mendatangi beberapa taman bunga yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 10 Tempat Liburan Akhir Tahun yang Cocok untuk Balita

Taman Bunga Terbaik di Indonesia

Selain di luar negeri, Moms juga harus tahu ada cukup banyak taman bunga yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Jadi Moms bisa menghemat perjalanan ke taman bunga Keukenhof dengan mengunjungi taman bunga terdekat dengan tempat tinggal Moms.

Berikut adalah tujuh taman bunga yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti dilansir NemoB.

1. Taman Bunga Nusantara di Cianjur

Taman Bunga Nusantara Cianjur.jpeg

Foto: pinterest.com

Taman bunga ini dijamin tidak akan mengecewakan Moms, karena keindahannya kerap disandingkan dengan taman bunga yang ada di Eropa. Moms yang sedang berada di sekitar Cianjur bisa berkunjung untuk berfoto dengan background berbagai bunga.

Bentuk dan aneka warnanya tentunya dapat memperindah laman media sosial Moms. Di taman bunga yang terletak di di Jalan Mariwati KM 7, Moms juga bisa bermain di taman labirin seperti Harry Potter. Moms bisa membuat permainan untuk menemukan pusat labirin, sekaligus mencari jalan keluarnya.

Selain itu, Moms juga bisa mengunjungi taman jam dan taman Perancis. Di taman jam ini Moms bisa melihat jam raksasa yang dikelilingi bunga warna-warni. Jam ini akan berbunyi setiap jam.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan Jika Liburan Bersama Anak ke Tempat Panas

2. Taman Bunga Sakura di Cibodas

Taman Bunga Sakura Cibodas.jpeg

Foto: lipi.go.id

Bunga Sakura memang identik dengan Jepang, namun Moms tidak perlu terbang ke Jepang untuk sekadar melihat bunga berwarna pink ini. Moms yang tinggal di daerah Cibodas dan sekitarnya bisa berkunjung ke Taman Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas, Cianjur.

Dalam setahun, bunga sakura di taman bunga ini akan mekar dua kali. Tepatnya sepanjang Januari hingga Februari dan Agustus hingga September.

Jadi, pastikan Moms dan keluarga mengunjunginya di bulan-bulan tersebut.

Liburan di taman bunga ini juga akan semakin menyenangkan karena Moms bisa menikmati pemandangan kolam yang luas dengan lapangan rumput yang mengelilinginya. Pemandangan ini tentunya bisa menyegarkan mata dan pikiran.

3. Taman Bunga Begonia di Bandung

Taman wisata begonia.jpeg

Foto: tempatwisatadibandung.info

Moms yang tinggal di daerah Bandung bisa mencoba berkunjung ke Taman Bunga Begonia yang terletak di Lembang Bandung, Jawa Barat.

Taman bunga ini menjadi tujuan favorit para wisatawan saat berkunjung ke Lembang karena keindahan warna-warni bunganya.

Nama Begonia diambil karena taman bunga tersebut didominasi oleh jenis bunga yang menjadi primadona Lembang, bunga Balinea. Bunga Balinea ini merupakan bunga Begonia yang berasal dari Bali dan memiliki bentuk yang sangat indah.

Meski begitu, ada beberapa jenis bunga lain yang tumbuh di Taman Bunga Begonia ini, seperti Celosia, Melampodium, Impatiens, Salvia, Geranium, dan lainya.

Di taman bunga ini, Moms bisa menghirup udara segar, berfoto dengan berbagai bunga Moms juga bisa menikmati berbagai kuliner dan membeli bunga untuk dibawa pulang di toko bunga kecil. Taman Bunga Begonia berlokasi di Jalan Maribaya no 120 A, Lembang, Bandung.

Baca Juga: 4 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Taman Kota Bandung

4. Taman Bunga Setya Aji di Semarang

taman bunga

Foto: youtube.com

Sedikit bergeser ke tengah, Moms yang sedang berada di Semarang dan sekitarnya bisa berkunjung ke Taman Bunga Setya Aji, yang terletak di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan, Semarang. Taman bunga yang dikenal dengan Kebun Bunga Setya Aji ini sempat viral di Instagram, lantaran aneka bunga yang berwarna warni bermekaran di taman bunga itu.

Di tempat ini, Moms bisa berfoto bersama bunga-bunga yang ada, menjadikan bunga-bunga yang tumbuh dan mekar sebagai latar belakang foto. Tentu saja, fotonya bisa dipajang di laman media sosial Moms atau dijadikan foto profil yang menarik.

Moms juga bisa membawa pulang bunga-bunga indah tersebut dengan membelinya di penjual bunga di depan taman.

5. Taman Bunga Matahari di Kediri

taman bunga

Foto: bosniatravel.net

Bergeser ke wilayah Jawa Timur, tepatnya di Kediri. Moms yang sedang berada di sana atau sekitarnya bisa berkunjung ke Taman Bunga Matahari atau Kebun Bunga Matahari yang terletak di Jalan Selomangleng Kota Kediri Taman bunga indah di Indonesia masih berikutnya di Jawa Timur.

Sesuai namanya, di taman bunga ini terdapat hamparan bunga matahari yang tentunya menarik mata wisawatan. Awalnya, taman bunga ini merupakan lahan kosong yang kemudian dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Kediri untuk menanam bibit bunga matahari.

Ternyata, setelah bunga tersebut mekar, menjadi daya tarik tersendiri kemudian menjadi daya tarik wisata hingga sekarang. Di taman bunga ini, Moms bisa menemukan berbagai jenis bunga matahari, seperti Early Russian, Big Smile dan Sunspot. 

Selain itu, tentu saja Moms juga bisa mengabadikan momen di tengah padang bunga matahari untuk menambah koleksi foto pribadi.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Budget untuk Liburan

6. Taman Bunga Selecta, di Batu

taman bunga

Foto: pergiyuk.com

Sedikit bergeser lagi ke arah Timur, ada Taman Bunga Selecta yang terletak di Kota Batu. Taman bunga yang satu ini merupakan taman bunga legendaris karena dibangun sejak tahun 1930-an dan masih ramai dikunjungi wisatawan hingga saat ini.

Moms yang berada di Malang dan sekitarnya bisa melepas penat di taman bunga yang memiliki pemandangan hijau berpadu dengan warna-warni bunga yang tumbuh subur di sana. Keindahan taman bunga ini bisa Moms nikmati sambil piknik bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Moms juga bisa sekedar menghirup udara segar dengan berjalan di sekitar taman. Jika lelah berjalan kaki, Moms bisa mencoba berjalan-jalan di sekitar taman menggunakan kereta yang mengayuh.

Ada banyak spot foto menarik di taman bunga yang satu ini, termasuk warna warni bunga yang bisa dijadikan latar belakang foto.

7. Taman Bunga Gumitir (Marigold) di Bali

Taman Bunga Gumitir Bali.jpeg

Foto: tempatwisata.pro

Menyeberangi pulau Jawa, ada Taman Bunga Gemitir di Bali. Moms yang sedang berlibur di sekitar Bali bisa berkunjung ke Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Bunga yang tumbuh di Taman Bunga Gumitir atau Kebun Gumitir ini adalah bunga Marigold yang berwarna kuning keemasan.

Perpaduan warna kuning emas dan hijau daun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menjadi daya tarik wisata. Tentunya, Moms bisa berfoto dengan menjadikan ladang bunga marigold sebagai latar belakang foto yang menarik.

Baca Juga: 5 Tips Agar Liburan Ke Pantai Bersama Balita Tetap Aman dan Menyenangkan

Taman Bunga Terbaik di Dunia

Mengunjungi taman bunga yang ada di luar negeri juga bisa Moms masukkan dalam daftar perjalanan wisata, terutama setelah pandemi mereda. Bagaimanapun juga, beberapa negara memiliki taman bunga dengan koleksi yang luar biasa menarik seperti berikut:

8. Miracle Garden, Dubai

taman bunga

Foto: zawya.com

Taman bunga yang berada di Selatan Al Barsha ini diklaim sebagai taman bunga terbesar di dunia, dengan koleksi 45 juta bunga. Menariknya, taman bunga dengan luas 18 hektar ini berada di tengah gurun.

Melansir Travel and Leisure, ada lebih dari 60 varietas bunga di taman yang pertama kali di buka di Hari Valentine 2013 lalu. Salah satunya adalaj bunga petunia dan geranium yang langka di Timur Tengah.

9. Keukenhof, Belanda

taman bunga

Foto: timeout.com

Taman bunga memang tidak lepas dari Keukenhoff, taman bunga ikonik yang sudah dibuka di Belanda sejak 1950. Di taman bunga ini, Moms bisa melihat lautan bunga tulip dengan berbagai warna.

Bunga tulip di taman bunga ini biasanya mekar pada pertengahan Maret hingga pertengahan Mei. Selain itu, hal unik lainnya adalah setiap tahun Keukenhof akan memiliki tema yang berbeda untuk menarik para pengunjung.

Baca Juga: 5 Kota Ramah Bayi di Dunia; Rekomendasi Liburan Aman di Luar Negeri Bersama Si Kecil

10. Tanbo wo Tsukatta Flower Garden, Jepang

taman bunga

Foto: tsunagujapan.com

Sebenarnya ada 16 taman bunga menarik di Jepang. Salah satunya Tanbo wo Tsukatta yang berlokasi di perfektur Sizuoka.

Melansir Tsunagu Japan, ribuan bunga dengan aneka jenis dan warna di taman itu tumbuh subur di atas sawah atau tanbo dalam bahasa Jepang, sebelum ditanami padi. Karena itulah, taman bunga tersebut diberi nama Tanbo wo Tsukatta.

Ada berbagai jenis bunga yang tumbuh dan mekar di sawah seluas 5,2 hektar ini, seperti Dimorphotheca sinuata, nemophila, snapdragons, daisy, poppies dan Rodgersia podophylla. Selain itu, terdapat 1.200 pohon sakura Somei Yoshino di sepanjang Sungai Nakagawa.

Pastikan Moms datang saat bunga-bunga ini mekar pada awal Maret hingga awal Mei. Namun, jika Moms datang pada tanggal 1 Mei hingga tanggal 5 Mei, Moms bisa memetik bunga secara gratis.

Baca Juga: Sebelum Liburan ke Luar Negeri, Jangan Lupa Lakukan 7 Vaksinasi Ini

Itulah beberapa taman bunga yang harus Moms kunjungi saat bencana pandemi sudah mulai membaik. Tidak hanya di Indonesia, aneka taman bunga di luar negeri juga sangat layak untuk Moms kunjungi jika memang Moms memiliki niat untuk melakukan perjalanan liburan ke luar negeri. 

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait