Home & Living

30 Mei 2021

Hias Rumah dengan Tanaman Calathea, Kenali 8 Jenis dan Cara Merawatnya

Naksir dengan daun cantik tanaman calathea? Berikut berbagai jenisnya!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Karla Farhana

Salah satu tanaman hias indoor yang saat ini sangat populer dan banyak diminati adalah tanaman Calathea. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman hias yang banyak penggemarnya, khususnya sejak pandemi Corona melanda.

Kondisi pandemi membuat banyak orang harus menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Mengeksplorasi hobi dan kegiatan baru merupakan hal yang cukup banyak dilakukan untuk mengisi waktu luang. Nah, salah satu kegiatan yang banyak diminati adalah merawat tanaman, contohnya adalah merawat tanaman hias.

Seperti yang Moms ketahui, tanaman hias dapat digunakan untuk membuat dekorasi suatu ruangan menjadi lebih indah dan juga memberikan suasana rumah yang berbeda dari sebelumnya. Contohnya, tanaman Calathea.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tanaman hias ini, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

Tanaman Calathea

Calathea

Foto: thespruce.com

Tanaman Calathea merupakan tanaman hias yang memiliki daun mencolok dan indah.

Calathea termasuk dalam famili Marantaceae. Dilihat sekilas, tanaman ini mirip dengan tanaman aglaonema. Namun jika diperhatikan lebih dekat, Calathea memiliki daun yang lebih berwarna belang-belang dengan batang yang lebih kaku.

Daun Calathea berbentuk oval serta tumbuh secara horizontal dan terkadang melengkung ke bawah. Tanaman ini dapat membentuk rumpun dengan batang yang cukup panjang.

Sebagai tanaman tropis, Calathea sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Namun, ketika tanaman ini terkena cahaya matahari langsung, maka daun Calathea akan menggulung dan mempengaruhi kualitas bunganya.

Oleh karena itu, lingkungan yang cenderung hangat dan lembap menjadi kondisi paling baik sebagai tempat tanaman ini untuk tumbuh.

Salah satu yang paling menarik dari tanaman Calathea adalah daunnya yang bergerak setiap hari karena tekanan air pada ruas-ruas pangkal setiap daun, proses ini disebut dengan nyctinasty.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Florida Calathea harus ditanam dengan tingkat cahaya yang cukup. Tingkat cahaya yang lebih rendah dapat menyebabkan daun pucat dengan corak yang tidak jelas, sedangkan tingkat cahaya yang lebih tinggi menyebabkan nekrosis di ujung daun dan terkadang daerah yang memutih pada daun.

Baca Juga: Mengenal Aglaonema "Si Ratu Daun", Ketahui Ragam Jenis dan Harganya

Jenis Tanaman Calathea

Tahukah Moms kalau tanaman Calathea memiliki beraneka ragam spesies atau jenis dengan bentuk, warna, dan juga motif yang berbeda? Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman Calathea yang cukup populer untuk menghias rumah.

1. Calathea Lancifolia

Calathea lancifolia

Foto: goldnerwalsh.com

Calathea Lancifolia sering dikenal sebagai Rattlesnake Plant karena keunikan motif daunnya yang seperti reptil.

Jenis tanaman Calathea ini dapat tumbuh hingga mencapai setengah meter dengan ciri daunnya yang didominasi warna hijau kekuningan, tumbuh panjang seperti tombak dengan tekstur yang mengkilap dan bergelombang.

Namun, Calathea Lancifolia sangat jarang berbunga jika ditanam di dalam ruangan.

2. Calathea Zebrina

Calathea Zebrina

Foto: ecuagenera.com

Motif Calathea ini sesuai dengan namanya lho Moms. Warna daun Zebrina merupakan kombinasi pola hijau tua dengan garis daun hijau muda menyerupai motif zebra.

Garis daun Calathea Zebrina sangat tegas sehingga terlihat lebih cantik dan terang. Saat musimnya tiba, bunga berwarna ungu dan putih akan mekar dari tanaman ini.

3. Calathea Crimson

Calathea crimson

Foto: hellohouseplant.com

Prayer plant atau Calathea Crimson merupakan salah satu jenis tanaman Calathea yang banyak disukai karena keunikan motif dan corak daunnya yang berbeda dari jenis lainnya. Kombinasi daun berwarna ungu dengan bagian pinggirnya yang berwarna gelap membuat tanaman jenis ini terlihat sangat cantik dan menampilkan kesan mewah.

Saat malam hari, daunnya akan menguncup seperti tangan yang sedang berdoa. Aksen warna Calathea Crimson pasti akan menambah keindahan interior ruangan Moms dan Dads.

Baca Juga: Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman dengan Harga Jutaan dan Sedang Tren

4. Calathea Ornata

Calathea ornata

Foto: exotenherz.de

Calathea Ornata dikenal juga dengan sebutan Pinstripe Calathea. Tanaman ini sangat populer di daerah asalnya yaitu Kolombia dan Ekuador. Memiliki daun yang cantik berwarna hijau gelap dengan aksen garis tipis berwarna pink putih.

Tanaman ini memiliki penampilan yang feminin yang dapat tumbuh hingga 7 cm. Jenis tanaman Calathea satu ini sangat mudah ditanam di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. Walaupun begitu, tetap dibutuhkan ketelatenan dalam perawatannya.

5. Calathea Orbifolia

Calathea orbifolia

Foto: hortology.co.uk

Varietas selanjutnya adalah Calathea Orbifolia yang memiliki daun yang lebih lebar, kokoh dan cenderung bulat seperti kipas. Pola garis-garis halus daun terdapat garis metalik yang membuat warna daunnya terlihat lebih cantik.

Calathea Orbifolia dapat tumbuh hingga mencapai 30 cm. Kesan tropis akan muncul di ruangan rumah para Moms jika memilih tanaman ini untuk mempercantik rumah.

6. Calathea Makayona

Calathea Makayana

Foto: tokopedia.com/markaskembang

Tanaman hias Calathea Makayona dikenal sebagai Peacock Plant. Memiliki motif dan corak yang sangat menarik seperti burung merak dengan daun berwarna hijau gelap dan garis hijau terang di bagian atas, dan warna ungu dibagian bawah dengan garis keunguan.

Cara terbaik merawat Calathea Makayona adalah dengan menempatkannya di daerah dengan kelembapan tinggi dan sinar matahari yang cukup. Jenis tanaman Calathea ini dapat tumbuh hingga 30 cm.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Bunga yang Bikin Rumah Makin Cantik

7. Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta

Foto: friendshipbridge.en.alibaba.com

Jenis tanaman Calathea Roseopicta juga populer karena motif daunnya yang seperti bunga mawar. Calathea jenis ini mudah dirawat dan memiliki kelebihan yakni tahan penyakit.

Daun tanaman hias ini besar dan berbentuk oval. Bagian bawah daun berwarna ungu sedangkan bagian atasnya berwarna hijau dengan daun yang lebih mengkilap. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 50 cm.

8. Calathea Warsewiczii

Calathea Warsewiczii

Foto: plantingman.com

Berasal dari Kosta Rika dan Nikaragua, tanaman Calathea ini disebut juga Calathea Jungle Velvet.

Memiliki permukaan daun yang halus seperti beludru dan berwarna hijau tua dengan tulang daun berhias garis hijau muda dan garis samar yang menyebar ke seluruh tepian daun. Calathea jenis ini dapat tumbuh hingga ukuran 1 meter.

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor yang Tidak Gampang Mati, Cantik Untuk Pemanis Ruangan Rumah

Cara Merawat Tanaman Calathea

Merawat calathea

Foto: thesill.com

Perawatan tanaman Calathea tergolong mudah. Namun, untuk dapat tumbuh dengan baik terdapat beberapa cara merawat tanaman Calathea yang benar dan perlu diketahui, antara lain:

1. Perhatikan Media Tanam

Media tanam terbaik untuk tanaman hias Calathea adalah tanah kompos atau gambut dengan tambahan pasir kasar dengan kondisi tanah agak basah.

Tanaman Calathea memang akan tumbuh semakin subur jika ditanam di media yang cenderung lembap.

Jangan lupa, Moms harus membersihkan terlebih dahulu media tanah yang akan digunakan dari batu kerikil dan sampah.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat Bagi Pemula Sekalipun

Hampir semua jenis tanaman Calathea cocok ditanam di dalam pot. Untuk nutrisi yang dibutuhkan tanaman dapat diperoleh dari pupuk tanaman hias.

Sebagai tanaman hias indoor, letakkan tanaman di daerah yang teduh agar tidak terkena sinar matahari yang terlalu panas.

Tanaman ini menyukai kelembapan dan disarankan untuk dijauhkan dari angin dan perbedaan suhu yang tajam.

2. Penyiraman

Asupan air yang dibutuhkan oleh Calathea harus diperhatikan. Sebaiknya Moms jangan terlalu jarang menyiram tanaman ini karena akan menyebabkan daunnya layu atau menggulung.

Sedangkan jika terlalu sering, dapat memicu timbulnya penyakit pada tanaman Calathea . Moms dapat melakukan penyiraman setiap 1-2 minggu sekali.

3. Perhatikan Temperatur Ideal

Tanaman calathea mampu berkembang dengan baik pada temperatur 18-30°C. akan lebih baik jika Moms tidak membiarkan tanaman Calathea tumbuh pada temperatur di bawah 15°C.

Dan sebaliknya, jangan biarkan tanaman Calathea yang dimiliki tumbuh di ruangan yang terlalu kering pula.

Baca Juga: 4 Trik Merawat Tanaman Indoor Saat Memiliki Bayi

Tak hanya dapat memberikan keindahan di ruangan rumah, namun tanaman Calathea juga mampu menjadi penyaring udara di ruangan agar tetap segar dan sehat. Sudahkah Moms dan Dads tertarik menambah koleksi tanaman di rumah dengan Calathea?

  • https://mrec.ifas.ufl.edu/foliage/folnotes/calathea.htm
  • https://www.countryliving.com/gardening/a36267225/how-to-care-for-calathea/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/tanaman-hias-calathea-45352
  • https://balconygardenweb.com/best-calathea-types-varieties-list/
  • https://www.merdeka.com/gaya/13-jenis-calathea-berdaun-cantik-yang-tengah-digandrungi-pecinta-tanaman-hias.html?page=all
  • https://smartgardenguide.com/calathea-varieties/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait