Home & Living

13 Mei 2021

Capai Miliaran Rupiah, Ini Jenis Tanaman Mahal dan Terpopuler Tahun 2021

Apakah Moms tertarik membelinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms tahu ragam tanaman mahal yang harganya bisa menyentuh puluhan juta bahkan miliaran Rupiah?

Berkebun menjadi salah satu kegiatan pilihan yang kian populer di kalangan masyarakat Indonesia terutama setelah COVID-19.

Hal ini karena aktivitas yang sebelumnya banyak dilakukan di luar ruangan kini berganti menjadi di rumah saja. Maka tak heran jika berkebun menjadi salah satu hobi yang digandrungi.

Namun, seiring dengan tingginya permintaan konsumen akan tanaman hias, harga beberapa jenis tanaman hias pun kian melambung tinggi. Bahkan jenis tanaman tertentu tergolong dalam tanaman mahal karena harganya mencapai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi harga tanaman hias. Mulai dari kelangkaan, perkembangbiakkan, varietas, warna, hingga keindahannya. Generasi milenial bukanlah generasi pertama yang menyukai berkebun atau bercocok tanam.

Berkebun mulai disukai banyak orang sejak awal tahun 1600-an. Melansir dari jurnal berjudul Tiptoe through the tulips – cultural history, molecular phylogenetics and classification of Tulipa (Liliaceae), saat itu, tulip menjadi tanaman primadona dan menyebabkan harga setangkai bunga tulip melambung tinggi hingga 5.700 gulden.

Setelah tulip, selama satu abad lamanya bunga anggrek menjadi salah satu tanaman yang paling diburu di abad 1700-1800 an. Bahkan, banyak orang-orang dari era Victoria 'tergila-gila' dengan anggrek hingga menjadi sebuah obsesi yang dengan istilah 'orchidelirum'.

Lalu, bagaimana dengan abad ke-21? Nah dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai jenis tanaman hias dengan harga selangit serta trend tanaman hias tahun 2021.

Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

Tanaman Mahal di Dunia

Melansir dari The Spurce, berikut ini daftar tanaman hias termahal di dunia. Apakah Moms tertarik untuk memeliharanya?

1. Mature Fiddle Leaf Fig Tree atau Ketapang Biola (Rp1,1 juta - Rp4,2 juta)

tanaman mahal

Foto: The Tree Centre

Jenis tumbuhan yang satu ini dapat tumbuh hingga 15 meter di hutan hujan tropis. Sedangkan di dalam ruangan, ara daun biola (ficus lyrata) tumbuh hingga 3 meter.

Ketapang biola adalah salah satu jenis tanaman mahal yang banyak diburu oleh para desain interior selama satu dekade terakhir.

Dinamai ketapang biola karena daunnya menyerupai biola, sangat besar, berurat tebal, dan tegak. Tanaman ini berasal dari wilayah tropis Afrika. Mereka tumbuh subur dalam kondisi udara hangat dan lembap.

Ketapang biola sangat sensitif terhadap udara, mereka tidak menyukai udara kering, tidak terkena sinar matahari, atau terlalu banyak terkena angin.

Sehingga memelihara tanaman ini di rumah adalah sebuah tantangan tersendiri karena Moms harus bisa meniru kondisi cuaca yang mirip dengan habitatnya.

Namun, mereka adalah tanaman yang relatif tangguh yang dapat bertahan di lingkungan yang berbeda untuk waktu yang cukup lama.

Sebaiknya, Moms memelihara tanaman hias ini dari bibit sehingga lebih mudah merawatnya. Selain itu, pertimbangkan untuk membeli humidifier pada ruangan agar si ketapang biola dapat tumbuh dan awet.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

2. Monstera Variegata (Rp9,9 juta - Rp70,6 juta)

Dikalangan pecinta tanaman, pasti sudah tak asing lagi dengan tanaman mahal bernama 'monstera'.

Namun, varietas monstera variegata atau 'tanaman keju Swiss' termasuk dalam jenis tanaman hias termahal. Sebab, ia dapat terjual hingga $5000 atau setara Rp70,6 juta.

Sedangkan untuk jenis lainnya seperti monstera adansonii dibanderol $700 (kisaran Rp9,9 juta) dan monstera aurea dijual hingga $3,726 (kisaran Rp52,6 juta) dalam situs lelang terkenal 'Trade Me'.

Tanaman yang paling digandrungi di Selandia Baru ini merupakan salah satu tanaman mahal paling populer sepanjang tahun 2020. Namun, tingkat perkembangbiakan tanaman ini sangat lambat sehingga membuatnya menjadi sangat langka.

Hal yang membuat tanaman monstera ini unik ialah daunnya besar, berwarna warni dengan bentuk menyerupai hati. Seiring bertambahnya usia, tanaman ini akan membentuk lubang di daunnya sehingga menyerupai keju Swiss.

Meski begitu, tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Perawatannya yang mudah menjadikan monstera sebagai tanaman primadona bagi para pecinta tanaman.

3. Philodendron Minima (Rp700 ribu - Rp115 juta)

tanaman mahal

Foto: Mediatani.com

Nama umum untuk Rhaphidophora Tetrasperma tropis adalah Philodendron Minima.

Ia juga dikenal sebagai 'Mini Monstera' atau 'Piccolo.' Seiring dengan tumbuhnya minat Selandia Baru terhadap tanaman hias, spesimen philodendron minima ini dijual seharga $8,150 (kisaran Rp115 juta) pada bulan Agustus 2020 melalui situs lelang Trade Me.

Tanaman mahal yang satu ini selain memiliki bentuk yang cantik, ia juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Daunnya berukuran besar, berwarna hijau atau kuning, dan mengkilap. Cocok untuk desain rumah tropikal.

Ada dua tipe dasar philodendron: tanaman merambat dan tanaman tidak merambat. Philodendron merambat dapat tumbuh hingga beberapa meter dan membutuhkan penyangga yang bisa dipanjat agar terlihat lebih rapi dan indah.

Sedangkan philodendron yang tidak merambat akan tumbuh tegak dan cocok disimpan dalam wadah pada ruangan.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

4. Anggrek Nongke Shenzhen (Rp2,8 miliar)

Anggrek Nongke Shenzhen sepenuhnya buatan manusia. Selama delapan tahun, para ilmuwan bekerja keras untuk membudidayakan tanaman mahal ini.

Namun, bagi Moms yang ingin memelihara jenis tanaman ini maka harus bersabar.

Sebab, butuh 4-5 tahun untuk melihat anggrek ini mekar. Anggrek ini memiliki mahkota bunga yang indah, estetik, dan harum. Untuk harga sebuah Anggrek Nongke Shenzhen dijual sebesar $200,000 atau setara Rp2,8 miliar.

5. Bonsai Old Pine (Rp700 ribu - Rp 13,1 miliar)

tanaman mahal

Foto: Orami Photo Stocks

Bonsai Old Pine merupakan salah satu tanaman mahal di dunia.

Meskipun kepopuleran pohon bonsai sudah terjadi beberapa waktu silam, namun bentuknya yang unik dan perawatan yang mudah menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias yang tak lekang oleh waktu.

Bonsai termahal adalah Pinus Putih berusia berabad-abad, yang dijual seharga 100.000.000 yen (sekitar Rp13,1 miliar) di Konvensi & Pameran Bonsai dan Suiseki Asia Pasifik ke-11 di Takamatsu, Kagawa, Jepang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tanaman Hias dalam Air yang Paling Populer

Daftar Tanaman Hias yang Populer Tahun 2021

Moms sudah mengetahui daftar tanaman mahal. Apakah Moms ingin menjajal berkebun sebagai hobi baru di tahun 2021?

Jika ya, maka setidaknya Moms harus tahu tanaman apa saja yang cocok dibeli untuk dekorasi ruangan atau kebutuhan lainnya. Nah, berikut ini daftar tanaman hias terpopuler tahun 2021 yang bisa dijadikan referensi.

1. Blue Star Fern

tanaman mahal

Foto: Hortology Plants

Salah satu tanaman hias di tahun 2021 yang terpopuler ialah Blue Star Fern. Hal ini karena tanaman yang satu ini tidak banyak memerlukan perawatan yang sulit dan dapat tumbuh di ruang yang minim cahaya, sehingga ideal untuk sudut gelap atau kantor.

Tempatkan di lokasi yang kurang cahaya dan jaga media tahannya agar tetap lembab. Tanaman ini suka lingkungan yang lembab dan cocok juga diletakkan di dapur atau kamar mandi.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

2. Mistletoe Cactus

tanaman mahal

Foto: worldofsucculent.com

Jika Moms mendambahkan tanaman mahal yang berkarakter maka Mistletoe Cactus adalah tanaman yang tepat. Kaktus ini memiliki bentuk yang menarik menyerupai rambut.

Ia juga dapat tumbuh di tempat yang minim cahaya rendah hingga sedang, tapi bisa juga bertahan di bawah sinar matahari langsung.

Mistletoe Cactus sangat suka kelembaban sedang, jadi lebih baik meletakkan tanaman ini di dapur atau kamar mandi dan biarkan tanah hingga benar-benar mengering sebelum menyiramnya lagi.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Mungil Moms, Coba Ditengok!

3. Velvet Calathea

tanaman mahal

Foto: theplantsociety.com

Velvet Calathea diprediksi akan jadi salah satu tanaman mahal yang populer di tahun 2021. Hal ini karena Velvet Calathea memiliki daun yang ramping dengan warna hijau tua di bagian atasnya dan ungu dua di bagian bawahnya yang unik dan estetik.

Velvet Calathea adalah tanaman pembersih udara yang dapat tumbuh subur dengan cahaya maksimum. Tips merawat tanaman ini ialah menjaga tanahnya agar tetap lembap tapi tidak basah.

Oleh karena itu, Moms harus membersihkan daunnya secara teratur agar tetap lembab dan awet.

Itulah jenis-jenis tanaman mahal dan tanaman hias yang populer di tahun 2021. Nah, kira-kira mana nih yang jadi favorit Moms?

  • https://www.realsimple.com/home-organizing/gardening/indoor/popular-houseplants-2021
  • https://omysa.com/blogs/planting-101/top-10-must-have-houseplants-in-2021
  • https://www.thespruce.com/most-expensive-houseplants-5080132
  • https://www.housebeautiful.com/uk/garden/plants/g34571764/trending-houseplants/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait