Home & Living

4 Agustus 2021

Seluk Beluk Tanaman Miana, Mulai dari Jenis hingga Manfaatnya

Cek juga cara menanam dan merawat tanaman miana
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms sudah pernah melihat tanaman miana atau bahkan sudah memilikinya sendiri di rumah?

Tanaman miana merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat digemari karena memiliki perpaduan gradasi warna yang sangat cantik sehingga membuat orang ingin menanamnya dan memilikinya di rumah.

Tanaman ini termasuk jenis tanaman semak yang tinggi maksimumnya hanya mencapai 1,5 meter saja. Tanaman miana berbatang lunak dengan ujung daun yang meruncing dengan tepian rata dan pangkalnya yang tumpul.

Berhubung tanaman miana ukurannya tidak bisa besar, maka tanaman ini sangat cocok ditanam di halaman rumah atau bisa juga ditanam dalam pot untuk diletakkan sebagai dekorasi di dalam rumah.

Baca Juga: Review Jujur 10 Disinfectant Spray Andalan Moms Orami yang Ampuh Bunuh Bakteri

Jenis Tanaman Miana

Tanaman  Miana

Foto: greg.app

Tanaman miana ini ada banyak jenisnya. Tercatat ada puluhan jenis tanaman miana dan jumlahnya bisa mencapai hingga 100 jenis.

Ternyata banyaknya jenis tanaman hias ini ada penyebabnya. Jika ditanam di daerah yang berbeda maka tanaman ini bisa berubah warna dan bentuk ukuran daunnya. Ditambah lagi, tanaman miana ini juga mudah dikawin silang alias ditanam dengan cara stek batang sehingga bisa menggabungkan antara jenis satu dengan yang lainnya sehingga macamnya jadi sangat beragam.

Tapi tentu saja tak semuanya populer di kalangan pecinta tanaman hias. Ada lima tanaman miana yang saat ini sedang banyak dicari, yaitu:

1. Miana Wizard

Jenis tanaman miana yang pertama adalah jenis wizard. Jenis tanaman miana yang satu ini ada banyak juga anakan jenisnya. Mulai dari wizard velvet red, jade, sunset, golden, coral sunrise, hingga scarlet.

Jenis ini memiliki daun yang lebih runcing dan bagian dalamnya memiliki warna keunguan sementara bagian pinggir daun terdapat warna kehijauan. Perbedaan anakan jenisnya ini akan terlihat dari ukuran daun dan juga corak warna yang ditampilkan.

Baca Juga: 9 Dampak Kelebihan Vitamin C pada Tubuh, Wajib Tahu!

2. Miana Rasta

Tanaman  Miana Rasta

Foto: shopee.co.id

Miana rasta adalah jenis tanaman miana yang banyak diburu karena memiliki perpaduan tiga warna, yakni warna hijau, merah, dan kuning seperti warna rasta.

Saking eksklusifnya, miana rasta ini masuk dalam kategori tanaman miana super premium karena dijual dengan harga yang lebih tinggi jika dibanding tanaman miana lainnya.

3. Miana Rainbow

Untuk tanaman miana rainbow juga sangat populer. Ciri khas dari miana rainbow adalah warna daunnya yang terdiri dari lima warna, yakni merah, kuning, hijau, ungu, cokelat, dan kehitaman.

Jenis miana rainbow ini juga ada banyak, seperti miana superfine rainbow festive dance, superfine rainbow multicolour, superfine rainbow volcano, dan superfine rainbow color pride.

Perbedaan jenis miana ini hanya terletak dari segi ukuran daun dan juga warna yang paling dominan, misalkan saja untuk superfine rainbow multicolour akan lebih dominan warna hijaunya.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tanaman Vertical Garden untuk Mempercantik Rumah

Manfaat Tanaman Miana

Tanaman  Miana Rasta

Foto: amazonaws.com

Tanaman miana selain dikenal sebagai tanaman hias yang punya tampilan cantik juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Menurut jurnal Disertasi Efek Ekstrak Daun Miana Ungu, tanaman miana ini memiliki kandungan minyak atsiri pada bagian daun dan batangnya. Selain itu juga mengandung fenol, tannin, lemak, phytosterol, kalsium oksalat, dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan inilah yang bisa membuat tanaman ini kaya akan manfaat.

Manfaat dari tanaman hias ini juga disebutkan dalam sebuah jurnal yang berjudul Potential of Miana Leaf Extract as Expectorant. Beberapa manfaat dari tanaman ini di antaranya adalah:

  • Bisa mengatasi wasir
  • Membantu mengobati bisul
  • Menurunkan demam dan menyembuhkan panas dalam
  • Meringankan gejala batuk
  • Mengatasi gangguan saat menstruasi
  • Mengobati diabetes
  • Mengobati sakit perut
  • Mencegah radikal bebas

Untuk bisa merasakan manfaat tanaman miana, Moms bisa mengolahnya menjadi minuman herbal. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Ambil tujuh lembar daun miana lalu cuci dan tumbuk kasar
  • Beri air panas mendidih lalu diamkan sebentar
  • Lalu peras atau saring airnya
  • Jika terasa sangat pahit, tambahkan madu

Selain diseduh dengan air panas, Moms juga bisa merebusnya, tapi khasiatnya tidak terlalu terasa karena akan ada kandungan-kandungan tanaman miana yang hilang saat direbus.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman dalam Pot untuk Pemula, Anti Gagal!

Cara Menanam Tanaman Miana

Tanaman Miana

Foto: detik.net.id

Untuk menanam tanaman hias ini, caranya tidaklah sulit. Moms hanya perlu membeli bibitnya di toko perkebunan.

Tapi sebaiknya siapkan dahulu media tanamnya. Media tanam ini bisa dibuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandigan 1:1.

Kalau semuanya sudah dicampur dengan rata, Moms bisa langsung memindahkannya ke dalam wadah pot atau meletakkannya di halaman yang ingin Moms tanam.

Setelah itu, buat lubang sekitar 5 cm lalu masukkan benih tanaman miana ke dalamnya dan siram hingga tanah menjadi agak lembab. Hindari menyiramnya terlalu banyak karena akan membuat tanahnya jadi becek dan benih mudah membusuk.

Moms bisa menyiram sedikit demi sedikit sambil meraba permukaan tanah dan mengecek dengan tangan apakah tanah tersebut sudah lembab.

Baca Juga: 12 Tanaman Apotik Hidup dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Cocok Ditanam Di Rumah

Cara Merawat Tanaman Miana

Tanaman Miana

Foto: terra4incognita.wordpress.com

Sedangkan untuk merawatnya, Moms hanya perlu menyiramnya sebanyak 1-2 kali sehari, yakni di pagi dan sore hari. Meski demikian, Moms jangan terlambat menyiram tanaman ini karena bisa membuat tanaman miana mudah layu.

Untuk pagi hari, Moms bisa menyiram antara pukul 06.00 hingga 08.00, sedangkan di sore hari, Moms bisa menyiramnya antara pukul 16.00 sampai 17.00.

Supaya tampilan daunnya tetap berwarna cerah, sebaiknya Moms meletakkan tanaman miana di tempat yang teduh karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang penuh sehingga lebih baik diletakkan di halaman rumah.

Jika Moms menanam tanaman ini dalam pot dan meletakkannya sebagai hiasan dekorasi di dalam rumah, maka setiap pagi, usahakan untuk menjemurnya di bawah sinar matahari selama 2-3 jam lamanya.

Hal ini dimaksudkan supaya warna daun pada tanaman miana tidak berubah warna menjadi kusam. Daun tanaman miana yang tidak terkena sinar matahari yang cukup akan membuat warnanya jadi pudar dan tidak menarik.

Baca Juga: 3 Manfaat Tanaman Porang dan Cara Menanamnya, Bisa untuk Diet Lho!

Akan tetapi, kalau tanaman miana tampak agak layu di luar ruangan atau pada saat diletakkan di halaman rumah, maka sebaiknya langsung pindahkan ke dalam ruangan rumah. Barulah dikeesokan harinya Moms keluarkan lagi ke halaman rumah.

Jika menanam tanaman miana di dalam pot, Moms harus sering-sering memangkasnya supaya tidak menjadi sangat rimbun karena nanti bisa mempengaruhi ukuran dan warna daun.

Tapi jika Moms menanamnya di halaman rumah, maka Moms hanya perlu memangkas seperlunya. Hanya saja, jika ada warna daun yang agak kekuningan, maka langsung dibuang. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa membuat daun yang lain juga ikut menguning.

Untuk pemupukannya, tanaman miana cukup dipupuk sebulan sekali dengan pupuk kandang alami atau pupuk kompos karena tanaman ini sangat cepat tumbuh meski tidak diberi pupuk.

Itulah seluk beluk tanaman miana dari mulai dari jenis, cara menanam, dan cara merawatnya. Semoga bisa membantu Moms jika ingin menanamnya di rumah. Selamat berkebun Moms!

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Miana
  • https://plantstory.com/glossary/miana-iler-coleus-scutellarioides
  • https://klikpositif.com/baca/85076/ini-jenis-bunga-miana-yang-paling-laris-dan-banyak-dicari-serta-harga-jualnya-saat-ini.html
  • https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-daun-miana-untuk-kesehatan/
  • https://lingkarmadiun.pikiran-rakyat.com/life-style/pr-66890230/beragam-jenis-tanaman-hias-miana-bikin-kamu-terpesona
  • https://www.susindra.com/2021/03/tips-bunga-miana-cepat-rimbun.html
  • http://www.plantsoftheworldonline.org/taxon/urn:lsid:ipni.org:names:446165-1
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait