Home & Living

12 Agustus 2021

10 Tanaman Perdu yang Cocok untuk Hiasan Taman Rumah

Ingin cari tanaman hias buat di rumah, Moms harus cek ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tanaman perdu menjadi salah satu jenis tanaman yang paling banyak ditanam di halaman rumah.

Dengan menambahkan tanaman perdu pada taman rumah Moms, maka suasana rumah akan menjadi lebih asri. Ditambah lagi udara di rumah juga menjadi lebih segar.

Dilansir dari situs Better Home and Garden, menanam tanaman di halaman rumah juga bisa membuat pemandangan dari luar rumah dan jalanan depan rumah menjadi lebih apik.

Baca Juga: 5+ Jenis Tanaman Begonia yang Berwarna Indah, Tertarik untuk Menanamnya?

Apa Itu Tanaman Perdu?

Tanaman Perdu

Foto: pexels.com/Adrianna Calvo

Menurut situs id.wikipedia.org, tanaman perdu adalah jenis tumbuhan berkayu yang memiliki cabang-cabang dan tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah.

Umumnya tanaman ini memiliki ketinggian tidak lebih dari 5-6 meter. Kebanyakan orang menjuluki tanaman perdu dengan nama semak-semak.

Karakteristik dari tanaman perdu adalah ukurannya yang kecil, bercabang di dekat tanah, dan tidak memiliki batang yang tegas. Uniknya, meski memiliki batang yang tidak terlalu tegas, tapi tanaman perdu ini termasuk kuat dan bisa ditanam di semua jenis tanah.

Baca Juga: 3 Manfaat Tanaman Porang dan Cara Menanamnya, Bisa untuk Diet Lho!

Jenis Tanaman Perdu yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Tanaman perdu ternyata memiliki banyak jenisnya sehingga Moms bisa memilih mana yang sekiranya cocok untuk ditanam di halaman rumah. Ada sekitar sepuluh jenis tanaman perdu yang paling banyak ditanam di halaman rumah, yaitu:

1. Rembosa Mini

Tanaman Perdu, Rombosa Mini

Foto: tukangtamankaryaalam.blogspot.com

Rembosa mini menjadi jenis tanaman perdu pertama yang memiliki ukuran tinggi mulai dari 15-40 cm. Ukurannya yang kecil inilah yang membuatnya disebut dengan rembosa mini.

Bentuk daunnya ini lonjong kecil memanjang dengan bagian bunga yang berwarna putih. Rembosa mini jika dilihat sekilas mirip dengan tanaman bunga melati, baik itu dari segi daun hingga bunganya.

Jika Moms kesulitan untuk membedakannya, cium saja aromanya karena rembosa mini ini tidak memiliki wangi sama sekali.

Rembosa mini yang nama ilmiah tabernaemontana corymbosa bisa dengan mudah dijumpai di negara-negara Asia seperti Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, Tionghoa, dan Brunei.

Baca Juga: 13 Tanaman Pembawa Hoki, Moms Harus Punya!

2. Ekor Tupai

Tanaman Perdu, Ekor Tupai

Foto: pinterest.com/Jenggala Bersama

Ekor tupai menjadi salah satu jenis tanaman perdu yang sangat populer, tak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di luar negeri, terutama di Eropa dan Amerika.

Dinamakan ekor tupai karena memang tampilannya yang sangat mirip dengan bentuk ekor tupai. Tanaman perdu ini aslinya berasal dari Afrika Selatan, tepatnya dari Mozambique.

Tanaman perdu ini memiliki warna hijau segar dengan batang yang tidak terlalu kuat sehingga bentuknya tidak lurus alias bisa melengkung sedikit. Jika Moms pegang, tanaman ini sangat lembut sehingga mudah patah.

Meski termasuk dalam tanaman perdu, tapi ekor tupai ini bisa tumbuh tinggi hingga satu meter jika Moms pintar merawatnya dengan baik.

3. Bromelia

Tanaman Perdu, Bromelia

Foto: tamaninspirasi.com

Bromelia dikenal sebagai tanaman perdu yang memiliki tampilan cantik karena bagian ujungnya terdapat warna-warni yang berbeda. Gradasi warna-warni inilah yang membuatnya tampil berbeda.

Banyak yang menjuluki bromelia dengan nama tanaman pucuk nanas karena memang tampilannya mirip dengan pucuk nanas.

Bromelia yang memiliki nama ilmiah sama ini asalnya dari Amerika, tapi lebih banyak dijumpai di Afrika Selatan.

Awalnya, tanaman perdu ini sebenarnya digunakan sebagai tanaman hias pada tempat wisata, tapi kemudian banyak ditanam di halaman rumah.

Bromelia sebenarnya bisa tumbuh subur hingga ketinggian sepuluh meter jika Moms tidak sering memangkasnya karena tanaman ini termasuk tanaman kuat dan bisa tumbuh subur dengan mudah.

Baca Juga: 11 Jenis Tanaman Puring Berdaun Cantik Beserta Harga untuk Ditanam di Rumah

4. Mirten

Tanaman Perdu, Mirten

Foto: shopee.co.id

Selanjutnya ada mirten. Dari tampilannya, kita bisa menduga kalau tanaman ini juga termasuk dalam jenis tanaman bonsai.

Mirten memiliki batang yang tidak terlalu besar dengan ranting-ranting kecil yang mencuat keluar dan memanjang. Meski ranting dan tangnya ini kecil-kecil, tapi teksturnya sangat keras.

Sementara untuk daunnya berwarna hijau tua dengan ukuran kecil. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna putih dengan ukuran yang juga kecil.

Pertumbuhan tanaman perdu mirten sangat cepat sehingga Moms harus rutin-rutin memangkasnya. Selain bisa tumbuh di halaman, mirten juga bisa tumbuh di dalam pot biasa.

5. Lili Paris

Tanaman Perdu, Lili Paris

Foto: www.dekoruma.com

Kalau tanaman perdu yang satu ini mungkin sudah dikenal dengan baik oleh para Moms nih karena banyak yang memilikinya. Lili paris menjadi tanaman perdu yang klasik karena sudah populer sejak lama di Indonesia.

Walaupun ada kata-kata parisnya, tanaman perdu ini justru tidak berasal dari Paris, melainkan dari Afrika Selatan.

Ciri khas dari lili paris adalah bentuk daunnya yang lonjong langsing dan panjang. Rata-rata ukuran daun lili paris panjangnya bisa mencapai 40-50 cm.

Lili paris memiliki warna gradasi garis-garis hijau muda, hijau tua, dan putih sehingga terlihat unik. Lili paris juga memiliki bungayang kebanyakan berwarna putih.

Baca Juga: Kapan Waktu Menyiram Tanaman Terbaik? Yuk Cari Tahu, Moms!

6. Philodendron

Tanaman Perdu, Philodendron

Foto: kompas.com

Philodendron sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias karena tanaman perdu ini memang banyak peminatnya.

Philodendron ini punya jenis yang sangat banyak sekali. Terdapat lebih dari lima belas jenis philodendron yang bisa kita jumpai di Indonesia.

Mulai dari heartleaf philodendron, philodendron red leaf, philodendron elephant ear, philodendron moonlight, dan masih banyak lagi.

Umumnya, philodendron ditanam dalam pot, tapi juga bisa ditanam tanpa pot. Kunci menanam philodendron agar tumbuh subur adalah harus diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari.

7. Sutra Bombai

Tanaman Perdu, Sutra Bombai

Foto:vwww.planterandforester.com

Taman perdu berikutnya adalah sutra bombai. Sutra bombai memiliki tampilan yang terlihat sangat cantik karena tanaman ini memiliki bunga yang berwarna-warni.

Bunga sutra bombai ada yang berwarna merah muda, orange, ungu, hingga putih.

Daun tanaman perdu ini terbilang kecil-kecil dengan bentuk panjang, sementara bunganya lebih besar dari daun.

Tanaman perdu ini sangat bagus tinggal di area yang lembab sehingga Moms harus sering-sering menyiramnya sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman dalam Pot untuk Pemula, Anti Gagal!

8. Bunga Soka

Tanaman Perdu, Bunga Soka

Foto: klikhijau.com

Bunga soka di Indonesia bisa dikatakan sebagai bunga sejuta umat karena banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia di halaman rumah.

Bunga soka termasuk tanaman perdu berbunga yang punya daya tahan kuat sehingga bisa tumbuh lama. Jika disiram sehari sekali saja, tanaman ini masih tetap tumbuh subur.

Tampilannya berbeda karena bunganya ini memiliki batang kecil tipis dengan kelopak bunga sebanyak empat buah saja. Warna dari bunga soka bisa beragam, mulai dari merah, merah muda, putih, kuning, hingga orange.

9. Bunga Melati

Tanaman Perdu, Bunga Melati

Foto: shutterstock.com/SIRINN3249

Ada bunga soka, ada bunga melati yang juga bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman perdu ini punya aroma wangi yang sangat mencolok. Dari jarak 1-2 meteran, aroma wangi bunga melati masih tetap tercium.

Bunga melati ini memiliki nama lain yang juga dikenal oleh masyarakat yakni bunga puspa bangsa.

Tanaman perdu bunga melati bisa memiliki ketinggian hingga mencapai 5-6 meteran. Tak hanya cocok dijadikan sebagai tanaman perdu, bunga melati juga cocok dijadikan sebagai dekorasi hiasan rumah dan pernikahan.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Catnip, dari Manfaat Hingga Efek Sampingnya

10. Bunga Sepatu

Tanaman Perdu, Bunga Sepatu

Foto: dekoruma.blog

Terakhir ada bunga sepatu yang juga tak kalah populernya dari bunga melati dan soka di Indonesia.

Bunga sepatu punya ciri khas bentuk kelopak bunganya yang cukup besar. Tekstur dari kelopak bunganya ini sangat lembut seperti tisu. Sementara untuk warnanya ini sangat bervariasi, mulai dari warna putih, merah, merah muda, orange, hingga kuning.

Selain itu, keunikan lainnya dari bunga sepatu adalah bagian putiknya yang sangat panjang menjulur keluar dari dalam kelopak bunga.

Dari semua jenis tanaman perdu di atas, kira-kira Moms tertarik ingin menanam yang mana di halaman rumah? Meski tanaman perdu ini kuat dan tidak mudah mati, Moms tetap harus menyiram dan memberinya pupuk secara teratur ya!

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/tanaman-perdu-41690
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perdu
  • https://www.ruparupa.com/blog/7-jenis-tanaman-perdu-untuk-rumah-lebih-cantik/
  • https://review.bukalapak.com/hobbies/tanaman-perdu-114346
  • https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-tanaman-perdu/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/75813/jenis-tanaman-perdu
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait