Home & Living

4 Agustus 2021

10 Tanaman Philodendron yang Populer di Kalangan Pecinta Tanaman Hias

Yuk, pilih tanaman philodendron untuk hiasan rumah Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tanaman philodendron sangat hits belakangan ini di kalangan pecinta tanaman hias dan juga pecinta home decor.

Menurut id.wikipedia.org, nama tanaman philodendron berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata ‘philo’ yang artinya cinta dan ‘dendron’ yang artinya pohon. Jadi tanaman philodendron adalah pohon cinta.

Mengapa dinamakan demikian? Ternyata hal ini dikarenakan bentuknya yang sangat indah dan berbeda dari tanaman-tanaman lainnya.

Jika Moms perhatikan dengan seksama, mulai dari batang hingga daun tanaman philodendron akan memiliki bentuk dan lekukan yang berbeda sehingga tampak indah. Belum lagi warna-warna tanamannya yang berbeda-beda ini juga akan membuat kita tertarik untuk menanamnya.

Jadi tak heran kalau banyak kaum hawa yang tertarik untuk menanam sendiri tanaman philodendron di rumah sebagai tanaman hias yang bisa mempercantik tampilan dalam maupun luar ruangan.

Baca Juga: 12 Tanaman Apotik Hidup dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Cocok Ditanam Di Rumah

Tanaman Philodendron Terpopuler di Indonesia

Tanaman philodendron ini ada banyak sekali jenisnya di dunia. Jika dijumlahkan semuanya, mungkin jenisnya bisa mencapai 50-an lebih. Tapi dari puluhan jenis tanaman philodendron, ada sepuluh yang paling populer di Indonesia, yaitu:

1. Philodendron Monstera

Tanaman Philodendron Monstera

Foto: pexels.com/Huy Phan

Jenis tanaman philodendron yang pertama adalah philodendron monstera. Jenis ini paling populer di Indonesia karena paling banyak dicari dan paling banyak ditanam.

Tampilannya sangat unik karena daun dari philodendron monstera ini seperti berlubang-lubang karena digigit hama atau ulat. Padahal sebenarnya lubang-lubang ini bukan dikarenakan hama melainkan bentuk asli dari tanaman tersebut.

Philodendron monstera ada banyak jenisnya dan yang paling terkenal adalah philodendron monstera obliqua dan philodendron monstera deliciosa.

Perbedaannya adalah untuk jenis obliqua, daunnya lebih bulat dan agak kecil. Sedangkan jenis deliciosa bentuknya lebih besar dengan lubang-lubang yang vertikal. ­

Baca Juga: Kapan Waktu Menyiram Tanaman Terbaik? Yuk Cari Tahu, Moms!

2. Philodendron Selloum

Tanaman Philodendron Selloum

Foto: evanthia.nl

Philodendron selloum adalah salah satu tanaman philodendron yang bentuknya sangat unik karena daunnya mirip dengan jari-jari manusia.

Jadi daunnya ini akan saling memisah satu sama lain sehingga mirip jari. Oleh karena itu, philodendron selloum juga dijuluki dengan nama philodendron jari.

Selain diminati sebagai tanaman hias di rumah, philodendron selloum juga seringkali dijadikan sebagai dekorasi pernikahan, terutama pada area pelaminan pengantin.

3. Philodendron Imperial Red Cardinal

Tanaman Philodendron Imperial Red Cardinal

Foto: plantcaretoday.com

Selanjutnya ada philodendron imperial red cardinal yang memiliki tampilan warna hijau kemerahan.

Awalnya, tanaman philodendron yang satu ini punya harga jual yang sangat tinggi, terutama di tahun 2007-an. Harganya bahkan pernah mencapai angka Rp500 ribu per potnya.

Selain karena tampilan gradasi warnanya yang terlihat cantik, pecinta tanaman hias menyukai philodendron ini karena tanaman ini bisa dengan mudah beradaptasi dengan suhu ruangan sehingga tidak mudah mati.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman dalam Pot untuk Pemula, Anti Gagal!

4. Philodendron Moonlight

Tanaman Philodendron Moonlight

Foto: shopify.com

Philodendron moonlight adalah salah satu jenis tanaman philodendron yang memiliki tampilan daun yang panjang lonjong dengan warna daun yang hijau muda kekuningan.

Jenis tanaman philodendron moonlight memiliki tekstur daun yang tipis dan lembut alias tidak kaku.

Warna daunnya yang agak kekuningan ini membuatnya dijuluki dengan nama lain, yakni philodendron lemon orange juice.

Philodendron moonlight sangat tahan di tengah cuaca panas maupun dingin sehingga bisa Moms letakkan di dalam atau luar ruangan.

5. Philodendron Congo Rojo

Tanaman Philodendron Congo Rojo

Foto: edd.it

Philodendron congo rojo sangat disukai karena tanaman philodendron ini sangat mudah perawatannya.

Tekstur daun yang tebal dan batang yang kuat membuatnya bisa bertahan hidup meski Moms lupa menyiramnya.

Ukuran daunnya terbilang cukup besar sehingga lebih baik Moms menjadikannya tanaman pot yang diletakkan di atas lantai, bukan digantung.

Tapi ada juga yang menggantungnya ketika ukurannya masih kecil dan memindahkannya ke atas lantai saat sudah tumbuh besar.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Catnip, dari Manfaat Hingga Efek Sampingnya

6. Philodendron Scandens Medio Pictum

Tanaman Philodendron Scandens Medio Pictum

Foto: shopee.co.id

Philodendron scandens medio pictum, namanya memang agak sulit untuk diucapkan dan diingat, tapi begitu Moms melihat tampilannya pasti akan langsung mengenalinya.

Tanaman philodendron yang lebih populer disebut dengan sirih Belanda varigata memiliki bentuk daun yang seperti hati dengan batang yang berwarna kecoklatan.

Keunikan dari philodendron scandens medio pictum adalah warna daunnya yang memiliki gradasi dua warna, yakni hijau tua dan hijau muda agak kekuningan. Gradasi warna pada tanaman philodendron inilah yang membuatnya terlihat unik dan cantik pastinya.

7. Philodendron Crocodile

Tanaman Philodendron Crocodile

Foto: tokopedia.net

Philodendron crocodile disukai karena perawatannya tang mudah. Moms hanya perlu melakukan penyiraman satu kali dalam sehari dan mengganti media tanam selama 6 bulan sekali saja.

Dinamakan dengan nama philodendron crocodile karena bentuk daunnya ini yang dikatakan mirip dengan ekor buaya.

Tak hanya di Indonesia saja, tanaman philodendron ini juga sangat populer di negara-negara Eropa seperti Inggris, Italia, dan Perancis.

Tanaman philodendron crocodile sebenarnya bisa dijadikan sebagai tanaman gantung, tapi akan lebih cantik jika diletakkan di atas lantai.

Baca Juga: Mengenal Cabe Puyang dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

8. Philodendron Red Leaf

Tanaman Philodendron Red Leaf

Foto: plantcaretoday.com

Sesuai dengan namanya, philodendron red leaf memiliki warna daun yang kemerahan agak merah muda.

Oleh karena itu, tanaman philodendron ini juga mendapat julukan sebagai philodendron the pink princess karena warnanya yang agak merah muda.

Tanaman philodendron ini punya daun yang panjang lonjong agak meruncing pada bagian ujungnya. Uniknya, ternyata warna philodendron red leaf bisa berubah-ubah sesuai dengan suhu udara dan juga sinar matahari.

9. Philodendron Ring of Fire

Tanaman Philodendron Ring of Fire

Foto: id.pinterest.com/Marja Koelewijn

Mendengar namanya ini pasti mengingatkan kita akan julukan Indonesia yang dikatakan sebagai ring of fire karena memiliki banyak gunung berapi aktif dan terletak di patahan atau jalur yang memiliki banyak pertemuan lempeng di dalam tanah.

Pada tanaman philodendron, julukan ring of fire diberikan karena pada bagian daunnya ini tak hanya warna hijau saja yang terlihat, tapi juga ada gradasi warna lain seperti putih dan kuning yang coraknya mirip dengan jilatan api.

Sementara bentuk daunnya panjang lonjong dengan bagian pinggir sisi daun yang bentuknya yang meliuk tidak beraturan. Di sinilah letak keunikan dari tanaman philodendron ini.

Baca Juga: Aneka Resep Ikan Fillet untuk Hidangan Keluarga, Lezatnya!

10. Philodendron Epipremnum Aureum

Tanaman Philodendron Epipremnum Aureum

Foto: piantica.com

Tanaman philodendron yang satu ini dikenal dengan nama tanaman sirih gading di Indonesia.

Ciri khas dari philodendron epipremnum aurem adalah bentuknya daunnya yang seperti bentuk hati dengan batang daun yang sangat lunak.

Peminat dari philodendron epipremnum aurem sangat banyak sekali karena tanaman ini bisa ditanam dalam pot biasa atau pot gantung.

Jika ditanam dalam pot gantung, maka juntaian daunnya yang ke bawah akan membuatnya terlihat cantik.

Baca Juga: 13 Tanaman Pembawa Hoki, Moms Harus Punya!

Meski jenisnya berbeda-beda, tapi cara perawatannya sama saja kok Moms. Untuk menjaga dan merawat tanaman philodendron agar bisa tumbuh dengan subur adalah dengan melakukan tiga cara.

Cara yang pertama adalah rutin menyiramnya 2-3 kali seminggu jika diletakkan di dalam ruangan dan 1 kali sehari jika diletakkan di luar ruangan.

Cara kedua adalah dengan memberikannya pupuk sebanyak 2-3 bulan sekali. Dan cara yang ketiga adalah usahakan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup setiap harinnya.

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Moms dalam memilih dan menanam tanaman philodendron di rumah.

  • https://www.gardeningknowhow.com/houseplants/philodendron/caring-for-philodendrons.htm
  • https://agrozine.id/6-jenis-philodendron-di-indonesia/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Philodendron
  • https://www.ibadgarden.com/product/philodendron-scandens-medio-pictum-brazil/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-tanaman-philodendron/
  • https://review.bukalapak.com/hobbies/tanaman-hias-philodendron-112990
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/tanaman-philodendron-48492
  • https://klikhijau.com/read/11-jenis-philodendron-paling-populer-di-tanah-air-klik-ini/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait