2-3 tahun

2-3 TAHUN
5 Mei 2020

Kenali Tanda Balita Sakit Asma Lewat 4 Pedoman Berikut

Kenali tanda balita sakit asma agar Moms dapat memberikan penanganan yang tepat bila si Kecil menunjukkan gejala tersebut.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Asma adalah peradangan kronik pada saluran napas sehingga membuat penderitanya menjadi sulit bernapas. Banyak anak, termasuk balita, yang kini menderita asma.

Apakah Moms dan Dads sudah mengetahui tanda balita sakit asma?

Claire McCarthy, M.D., dokter spesialis anak di Boston Children's Hospital, dalam situs web Harvard Health menyebut sekitar 9 persen anak-anak di Amerika Serikat (lebih dari 26 ribu anak) saat ini diketahui menderita asma.

Sementara, situs Parents menyebutkan, jumlah anak usia 4 tahun ke bawah yang menderita asma di Amerika Serikat sempat mengalami kenaikan hingga 160 persen antara 1980 dan 1994.

Menurut Martha White, M.D., direktur penelitian Institute for Asthma and Allergy di Wheaton, Maryland, faktor yang diduga menyebabkan meningkatnya jumlah anak penderita asma adalah kualitas udara di dalam maupun di luar ruangan yang kurang bagus.

Baca Juga: Patut Diwaspadai, Ini Gejala Sesak Napas Saat Hamil Akibat Asma

Pedoman Tanda Balita Sakit Asma

Sebenarnya ada gejala utama tanda balita sakit asma, yaitu batuk dan mengi. Pada kondisi ini, anak juga biasanya merasa seperti sesak napas.

Dikutip dari Mayo Clinic, asma dapat kambuh bila dipicu oleh alergi, batuk pilek, dan olah raga.

Selain itu, ada beberapa informasi penting yang juga perlu diketahui oleh orang tua, di samping tanda balita sakit asma.

1. Gejalanya Tidak Selalu Kelihatan

Kenali Tanda Balita Sakit Asma Lewat 4 Pedoman Berikut 01.jpg

Menurut dokter McCarthy, orang tua tidak selalu mampu mengenali tanda balita sakit asma. Ini karena, antara lain, orang tua mengira si Kecil sakit batuk-pilek atau flu biasa.

Ketika si Kecil mengalami gejala sakit asma berbarengan dengan sakit batuk, misalnya, tanda balita sakit asma memang tidak akan terlalu kelihatan.

2. Tidak Ada Mengi Bukan Berarti Tidak Asma

Kenali Tanda Balita Sakit Asma Lewat 4 Pedoman Berikut 02.png

Walaupun mengi merupakan salah satu tanda balita sakit asma yang utama, namun, pada kenyataannya bisa saja anak sakit asma tanpa memperlihatkan gejala ini.

Menurut dokter McCarthy, sebagian anak yang sakit asma hanya menunjukkan gejala batuk.

Baca Juga: Mengenal Asma Alergi, Penyebab dan Pengobatannya

3. Tingkat Keparahan dan Pola Gejala Bisa Berbeda-beda

Kenali Tanda Balita Sakit Asma Lewat 4 Pedoman Berikut 03.jpg

Orang tua perlu memahami bahwa gejala sakit asma yang diperlihatkan anak tidak selalu sama. Misalnya, terkadang disertai mengi, pada waktu lain bisa saja si Kecil tidak memperlihatkan mengi.

Selain itu, pada sebagian anak, tanda balita sakit asma dapat memburuk pada malam hari.

4. Anak Kelelahan

Kenali Tanda Balita Sakit Asma Lewat 4 Pedoman Berikut 04.jpg

Saat asma kambuh, anak bisa jadi kelelahan karena batuk terus-menerus dan sesak napas. Kondisi ini akan membuatnya kelelahan, tak bersemangat untuk main, dan jadi susah tidur.

Baca Juga: Lingkungan Kotor Turunkan Risiko Alergi dan Asma pada Bayi

Di Amerika Serikat, kambuhnya asma merupakan salah satu penyebab anak harus izin tidak masuk sekolah.

Nah, itulah pedoman mengenali tanda balita sakit asma. Jadi, Moms jangan khawatir duluan, ya. Kenali tandanya dan segera ke dokter saat diperlukan!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait