Bayi

BAYI
10 Juni 2020

5 Tanda Bayi Belum Siap Makan, Wajib Tahu!

Perhatikan tanda bayi belum siap makan ini, bisa jadi Moms terlewat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu fase perkembangan bayi yang menarik adalah saat dia mulai makan. Jika biasanya kebutuhannya hanya dapat terpenuhi dari ASI atau susu formula, kini Si Kecil bisa mendapatkan manfaat lain dari makanan padat yang dimakannya.

Jangan dulu terlalu senang membeli peralatan makan dan bahan makanannya. Sebelumnya, Moms juga perlu mengetahui apakah ada tanda dari bayi yang menunjukkan Si Kecil siap makan makanan padat atau belum.

Dr. Daniel S. Ganjian, MD, seorang dokter anak di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California mengatakan, memulai makanan padat memiliki seni tersendiri. "Ini bukan hanya tentang meletakkan makanan padat di mulut bayi,” kata dia.

“Ketika Anda pertama kali memperkenalkan makanan non-cairan untuk bayi, mulailah dengan makanan lunak dan potongan-potongan yang dapat dipegang dengan mudah oleh tangan kecil bayi,” kata ahli diet anak Deborah Malkoff-Cohen.

Baca Juga: Tanda Bayi Sudah Kenyang Makan

Tanda Bayi Belum Siap Makan

Perhatikan juga jika ada tanda bayi belum siap makan. Ini akan mengganggu seluruh persiapan yang telah Moms buat sebelumnya. Apa saja?

1. Tidak Bisa Duduk Sendiri dan Tidak Memiliki Kontrol Kepala

5 Tanda Bayi Belum Siap Makan Makanan Padat -1.jpg

Foto: Sciencenews.org

Bayi yang bisa duduk sendiri salah satu keterampilan motorik kasar terpenting yang dibutuhkan bayi untuk makan makanan padat dengan aman dan efektif. Tonggak ini dapat terjadi paling cepat pada usia 6 bulan.

Usia ini juga terjadi saat sistem pencernaan bayi lebih siap untuk makanan baru menurut World Health Organization (WHO).

"Anak saya butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk duduk dan saya menunggu sampai dia berusia 7 bulan untuk memulai," kata Deborah.

Jika pada usia ini bayi belum bisa duduk sendiri, ini merupakan tanda bayi belum siap makan. Deborah menyarankan untuk berbicara dengan dokter anak untuk menyiasatinya.

“Duduk tegak dan memiliki kontrol kepala yang baik akan membantu dalam proses menelan yang baik, membantu menghindari tersedak, membantu pencernaan, dan mengurangi refluks,” tambahnya.

2. Masih Memiliki Lidah-Thrust Reflex dan Susah Menelan

5 Tanda Bayi Belum Siap Makan Makanan Padat -2.jpg

Foto: Forbaby.co.nz

"Anak-anak memiliki refleks mendorong lidah, di mana mereka secara naluriah mengeluarkan makanan dan sendok dari mulut mereka. Anda harus menunggu agar refleks itu berkurang," kata Daniel.

Dikutip dari Journal of Neuromuscular Diseases, biasanya, refleks ini akan berkurang pada bayi yang berusia sekitar 6 bulan. Ada juga beberapa bayi yang memiliki refleks ini lebih dari 6 bulan, dan Moms harus menunggu hingga refleks tersebut berkurang agar proses belajar makan pada bayi tidak terganggu.

Konsultasikan juga pada dokter jika bayi memiliki masalah menelan, masalah pernapasan, atau masalah dalam mengendalikan bibir atau lidah, karena itu juga bisa menjadi tanda lain bahwa bayi belum siap untuk makanan padat.

Baca Juga: Kapan Bayi Boleh Makan Mie? Cek 4 Tanda Ini!

3. Tidak Terlihat Tertarik pada Makanan dan Lebih Banyak Tersedak

5 Tanda Bayi Belum Siap Makan Makanan Padat -3.jpeg

Foto: Dentoxpert.com

Bagaimana cara Moms mengetahui jika bayi tertarik atau tidak tertarik pada makanan? Cobalah untuk makan di depan bayi.

“Jika bayi melihat Anda makan dan bereaksi dengan memainkan bibirnya saat Anda makan, atau meraih peralatan Anda saat menggunakannya, mereka pasti tertarik,” kata Dr. Wendy Sue Swanson, M.D, seorang dokter anak.

Jika bayi menunjukkan tanda tidak tertarik, bisa jadi bayi belum siap makan. Ini bisa jadi ada suatu fase perkebangan yang terlewat oleh bayi.

"Beberapa anak masih memerlukan lebih banyak waktu untuk mengembangkan otot dan koordinasi menelan. Jika Anda melihat anak Anda banyak batuk saat makan, pertimbangkan untuk menunggu untuk memulai makanan padat atau membuat makanan lebih lembut dengan menambahkan susu atau air," kata Daniel.

4. Bayi Tidak Cukup Umur

5 Tanda Bayi Belum Siap Makan Makanan Padat -4.jpg

Foto: Theculinarycouple.com

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memperkenalkan makanan padat pada usia sekitar 6 bulan. "Meski begitu, perkembangan bayi berbeda-beda. Dan karena itu, penting untuk memahami tanda-tanda kesiapan untuk memulai makanan padat," kata Wendy.

5. Tumbuh Gigi Pertama

5 Tanda Bayi Belum Siap Makan Makanan Padat -5.jpg

Foto: Momstastic.com

Kadang-kadang, orang tua disarankan untuk mulai memberi makan bayi saat bayi sudah mulai tumbuh gigi. Namun, tumbuhnya gigi bukan pertanda bahwa bayi siap untuk makanan padat.

Beberapa bayi mendapatkan gigi lebih awal, sementara yang lain sangat terlambat. Tumbuh gigi bukanlah tanda bahwa bayi siap makan.

Baca Juga: 3 Tanda Bayi Alergi Makanan yang Harus Diwaspadai

Itulah tanda-tanda bayi belum siap makan. Jika tanda bayi belum siap makan di atas ditemukan pada Si Kecil, jangan berkecil hati. Tunggulah sampai Si Kecil benar-benar siap dan menikmati suapan pertamanya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait