Trimester 1

17 Desember 2020

Payudara Sakit Saat Hamil Berapa Minggu? Simak Jawabannya Berikut Ini!

Payudara sakit saat hamil merupakan tanda ASI siap dikonsumsi untuk calon bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Masa kehamilan seringkali membuat tubuh cantik Moms mengalami perubahan. Salah satu perubahan besar yang terjadi adalah ukuran perut Moms karena pertumbuhan janin yang pesat di dalamnya.

Selain perubahan pada perut, Moms juga akan mengalami tanda kehamilan lain yang bisa dilihat dari perubahan bentuk payudara.

Payudara yang tadinya lentur dan biasa saja seiring bertambahnya usia kehamilan berubah menjadi lebih kencang sehingga tampak lebih besar.

Payudara sakit saat kehamilan dialami hampir semua wanita. Moms mungkin hendak mencari tahu payudara sakit saat hamil berapa minggu?

Beberapa wanita menyukai perubahan tubuh ini karena dianggap membuat tubuh lebih menarik, tapi ada juga yang malah merasa risih dengan berubahnya ukuran payudara.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bikin Payudara Kendur

Perubahan bentuk payudara yang disertai sakit ini disebabkan oleh perubahan hormon wanita yang mengandung, yakni estrogen dan progesterone yang meningkat pesat di dalam tubuh Moms.

Payudara sakit saat hamil di minggu awal merupakan tanda kehamilan di mana tubuh tengah mempersiapkan payudara agar bisa menjadi sumber asupan gizi untuk buah hati yang akan lahir.

Buah hati membutuhkan banyak sekali gizi yang semuanya berasal dari tubuh ibu. Lemak dan juga aliran darah yang makin deras di buah dada merupakan gejala dari pembentukan sumber gizi tersebut.

Baca Juga : Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

Payudara Sakit Saat Hamil Berapa Minggu?

Payudara sakit saat hamil minggu pertama

Foto: Orami Photo Stock

Rasa sakit timbul seiringnya perubahan payudara saat kehamilan memang membingungkan. Banyak calon ibu yang mengira payudara sakit sakit hamil terjadi pada minggu-minggu akhir kehamilan.

Lalu, apa jawaban dari payudara sakit saat hamil berapa minggu?

Siapa sangka, banyak calon ibu yang merasakan sakit pada payudara saat hamil di minggu pertama atau awal trimester kehamilan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center of Biotechnology Information, pada trimester pertama, volume darah pada tubuh akan meningkat dalam memenuhi kebutuhan perkembangan janin.

Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah pada payudara akan mengalami perubahan, seperti rasa sakit, membesar dan membengkak. Dampaknya, membuat payudara sakit saat hamil.

Umumnya payudara terasa lembut dan ukuran membesar dari biasanya. Payudara sakit saat hamil ini terjadi pada minggu pertama kehamilan dan tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.

Tak jarang, banyak ibu yang merasakan sakit di daerah ketiak, ini karena ada jaringan payudara yang disebut sebagai tail of spence.

Menurut studi Johns Hopkins Medicine, tail of spence ini merupakan ekor jaringan payudara yang meluas ke area ketiak.

Hal ini penting karena jaringan ini salah satu sel kanker payudara dapat berkembang, meskipun tampaknya tidak terletak di dalam payudara yang sebenarnya.

Baca Juga: Ciri hamil 3 Minggu dan Perkembangan Janinnya, Yuk Cari Tahu!

Payudara sakit saat hamil trimester minggu kehamilan, Moms juga akan mengalami perubahan pada warna dan bentuk puting susu. Area puting susu akan lebih besar dan lebih sensitif. Warna aerola akan berubah menjadi gelap.

Benjolan kecil tanpa rasa sakit di sekitar puting susu ini merupakan tuberkel montgomery, berfungsi sebagai antiseptik dan pemulas untuk menyusui.

Nantinya, calon bayi akan memperoleh kualitas ASI yang memadai karena perubahan pada pada payudara ini.

Payudara Sakit Saat Hamil Trimester Kedua

Payudara sakit saat hamil minggu kedua, apa gejalanya?

Foto: Orami Photo Stock

Payudara sakit saat hamil juga dialami pada trimester kedua, di mana hormon estrogen mulai meningkat pada fase ini. Payudara akan terasa sakit, berat dan saluran ASI mulai berkembang.

Apabila Moms merasakan perubahan pesat pada bentuk ukuran payudara, coba untuk mengenakan bra yang lebih besar dari ukuran biasa nya agar terasa lebih nyaman.

Payudara sakit saat hamil juga menandakan ia akan mulai memproduksi kolostrum selama beberapa minggu pertama trimester kedua. Kolostrum adalah bentuk pertama ASI.

Sebuah studi menurut American Pregnancy Association, kolostrum atau pra ASI ini adalah cairan manis dan encer yang mudah dicerna.

Kolostrum tampak tebal dan kuning pada awalnya, dan saat kelahiran semakin dekat, menjadi pucat dan hampir tidak berwarna.

Mungin Moms tidak menyadari kalau tubuh sedang memproduksi kolostrum, sampai Moms merasakan ASI tumpah atau let down reflex.

Baca Juga: Agar Ibu dan Janin Sehat, Lakukan 5 Tes Ini di Trimester Kedua Kehamilan

Proses ini juga menyebabkan puting payudara terasa sakit saat tidak sengaja atau sengaja tersentuh. Area puting susu jadi lebih sensitif pada masa kehamilan.

Mengutip Breast Cancer Now, payudara terasa sakit saat minggu ke-16 kehamilan, pada saat ini payudara dapat menghasilkan ASI.

Bukan hal yang aneh jika sejumlah kecil cairan berwarna kuning yang disebut kolostrum, keluar atau bocor dari puting susu.

Dalam beberapa minggu terakhir kehamilan, puting susu membesar dan payudara terus membesar seiring dengan bertambahnya sel penghasil susu. Payudara Moms mungkin terasa tidak nyaman dan terkadang menyakitkan.

Mengenakan bra yang pas dapat membantu meredakan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Tidak masalah untuk tidur dengan bra jika itu membuat Moms lebih terasa nyaman.

Payudara saat sakit hamil juga mengindikasi stretch mark mulai timbul dan rasa gatal biasanya terasa. Stretch mark muncul di area samping atau depan payudara selama kehamilan adalah hal normal dialami setiap calon ibu.

Untuk mengurangi rasa gatal, kering dan menyamarkan garis-garis, bisa menggunakan krim khusus stretch mark atau pelembab di area kulit payudara.

Ingat Moms, perubahan ini adalah tanda pengalaman kehamilan yang menyenangkan dan seiringnya waktu stretch mark ini akan menghilang dan memudar.

Perubahan Payudara Saat Kehamilan

Perubahan Payudara Saat Kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Selain payudara sakit saat hamil dan nyeri, perubahan kecil lainnya juga kerap dirasakan calon ibu.

Payudara sakit saat hamil, juga bisa disertai dengan perubahan-perubahan kecil seperti di bawah ini,

  1. Ukuran buah dada yang membesar dan makin berat namun lembut.
  2. Puting susu yang gatal dan sakit. Selain nyeri, puting payudara Ibu juga terlihat seperti mencuat dan membesar namun bertekstur lembut.
  3. Areola atau bagian berwarna coklat di sekitar puting juga akan berubah karena warnanya menjadi gelap dan berbercak. Selain itu, ukuran dari lingkaran coklat tadi akan melebar seiring dengan usia kehamilan yang main bertambah.
  4. Tanda kehamilan dengan munculnya gurat-gurat berwarna kebiruan di sekitar puting yang kadang menimbulkan nyeri. Gurat ini merupakan saluran di mana nantinya ASI akan mengalir menuju ke ujung puting untuk dihisap oleh si Kecil. Guratan ini akan mulai muncul pada 3 bulan pertama masa kehamilan dan efek sakitnya akan hilang pada bulan berikutnya.
  5. Tanda kehamilan yang terlihat di payudara ini memang pasti akan terjadi, namun kemunculannya harus tetap diwaspadai. Moms perlu berhati-hati ketika harus berpelukan atau berdekatan dengan orang lain sebab rasa sakit pada payudara akan muncul jika disentuh atau terkena gesekan.

Baca Juga: Hamil atau Tidak? Cek 5 Tanda Kehamilan Ini

Karena tanda kehamilan ini sangat mungkin menimbulkan ketidaknyamanan, ada baiknya jika Moms mulai memilih bra yang pas untuk payudara di saat hamil.

Baju dalam yang direkomendasikan adalah yang terbuat dari bahan katun.

Bra yang baik akan mengikuti perubahan bentuk dari payudara yang makin besar dan menjaga payudara dari gesekan-gesekan karena teksturnya yang agak tebal.

Apakah Moms sudah mengalami perubahan payudara sakit ini selama masa kehamilan?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait