Kesehatan

1 Maret 2021

Tanda Kepribadian Ganda yang Mudah Dikenali, Ketahui Penyebab dan Cara Merawatnya

Kepribadian ganda itu benar-benar ada, ini tandanya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Kepribadian ganda adalah sebuah kondisi yang mungkin asing dan jarang terpikirkan oleh Moms.

"Kok bisa seseorang punya kepribadian lebih dari satu?" atau "ah nggak mungkin! Akting aja kali dia!" bisa menjadi respon seseorang yang tidak mengetahui perihal kondisi kepribadian ganda.

Apakah Moms pernah menonton film "Split"? Film ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang memiliki 23 kepribadian dalam dirinya. Wow! 23 kepribadian jelas tidak sedikit ya. Tapi sebenarnya apa iya ada penyakit seperti itu?

Dilansir dari Mayo Clinic, dissociative identity disorder (DID) atau kepribadian ganda adalah kondisi di mana seorang memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Tak hanya itu, kepribadian ganda juga bisa mengalami gangguan ingatan dan kesadaran.

Penyebab seseorang bisa mengidap atau memiliki kondisi kepribadian ganda adalah trauma masa kecil. Kejadian masa kecil yang menyakitkan dan terulang berkali-kali bisa membuat seseorang mengidap kondisi ini.

Bentuk trauma yang terjadi seperti kekerasan fisik atau emosional dan hal tersebut berlangsung dalam kurun waktu yang panjang dan berulang adalah pangkal dari kepribadian ganda. Yuk ketahui penyebab kepribadian ganda lebih lanjut!

Baca Juga: Jangan Andalkan Internet, Ini Bahaya Mendiagnosis Kesehatan Mental Sendiri

Penyebab Kepribadian Ganda

penyebab kepribadian ganda

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan, penyebab kepribadian ganda adalah trauma akibat kekerasan yang dilakukan secara berulang dan mungkin dalam waktu yang panjang ketika si penderita masih kecil.

  • Pengalaman traumatis yang bisa menjadi penyebab kepribadian ganda adalah;
  • Penganiayaan atau penyiksaan
  • Pelecehan secara fisik atau emosional
  • Peperangan
  • Cara mengasuh orang tua yang membuat anak merasa sangat ketakutan
  • Bencana alam

Lebih dalam, Cleveland Clinic menjelaskan bahwa 90% kasus kepribadian ganda sendiri memang terjadi karena kekerasan. Namun beberapa hal seperti isolasi yang berkepanjangan karena sakit atau kehilangan orang tua pun bisa menjadi penyebab seseorang mengidap kondisi kepribadian ganda.

Babak (episode) DID bisa terpancing karena beberapa faktor yang menurut sebagian orang mungkin adalah hal kecil. Kecelakaan lalu lintas, sakit atau stres bisa menjadi pemicu.

Terlebih ketika hal kecil tersebut membuat si penderita ingat pada trauma masa lalunya.

Baca Juga: Kenali 6 Tipe Gangguan Kecemasan pada Anak

Tanda Kepribadian Ganda

Meski kondisi ini terbilang sangat jarang terjadi di Indonesia, Moms dan Dads perlu mengetahui tandanya! Berikut penjelasan mengenai tanda kepribadian ganda.

1. Amnesia

Listicle 1.jpg

Foto: imdb.com

Salah satu tanda kepribadian ganda adalah amnesia. Mereka tidak dapat mengingat dengan jelas waktu, kegiatan, orang, dan informasi-informasi yang disampaikan pada dirinya.

Orang yang mengidap penyakit ini tidak akan menyadari waktu yang sedang berjalan, karena tidak ingat apa yang sedang mereka lakukan. Hal ini dapat terjadi ketika kepribadian utama ‘tertidur’ dan karakter lain mengambil alih.

Baca Juga: 4 Kebaikan Memelihara Binatang Peliharaan Untuk Kesehatan Mental Anak

2. Perasaan Terpisah dengan Perasaan yang Sedang Dirasakan

Listicle 2.jpg

Foto: imdb.com

Meski tanda kepribadian ganda satu ini sulit dijelaskan, tapi biasanya fisik penderita akan terasa sakit ketika berpindah kepribadian. Yang sering terjadi adalah rasa sakit kepala yang sangat hebat.

Kemudian sering ada tindakan yang kadang tidak sadari oleh diri mereka sendiri, serta perilaku yang masing-masing tidak sama dan cenderung berlawanan.

Untuk tanda ini, biasanya orang terdekat atau keluarga penderita saja yang bisa menyadarinya.

"Kepribadian yang satu bisa lebih bahagia, sedangkan kepribadian yang satunya lagi penuh dengan penderitaan. Kepribadian satu menempatkan diri sebagai korban, kepribadian lainnya menganggap dirinya pahlawan," ujar Lawrence J. Peacock, MD, psikiater di West Harford.

3. Sering Merasa Orang-orang atau Hal yang Dirasakan Saat Ini Tidak Nyata

Listicle 3.jpg

Foto: imdb.com

Karena kepribadian yang berganti-ganti, orang yang memiliki penyakit ini seringkali merasa kehidupan di sekitarnya atau bahkan orang-orang yang sedang berbicara dengan dirinya tidak nyata.

Mereka juga sering berhalusinasi seperti mendengar suara atau melihat sesuatu yang tidak nyata. Hal ini mungkin terjadi meski penderita sedang tidak dibawah tekanan obat atau alkohol sekalipun.

Baca Juga: Benarkah Sering Mimpi Buruk Adalah Tanda Awal Masalah Kesehatan Mental Pada Anak?

4. Tidak Tahu Identitas Diri Sendiri

Listicle 4.jpg

Foto: imdb.com

Orang yang berkepribadian ganda biasanya sulit mengenali diri sendiri. Mereka lupa siapa dan bagaimana diri mereka yang sebenarnya.

Mereka seringkali merasa bingung, tiba-tiba ada di tempat yang sudah berbeda dari yang pertama mereka ingat, tiba-tiba mereka memiliki luka yang mereka sendiri tidak ingat kenapa luka itu bisa muncul.

Hal ini yang membuat mereka kadang sampai lupa akan diri sendiri. Kasus terparah, kepribadian utama yang mana adalah dirinya sendiri bisa hilang tertutup oleh alter ego yang lain.

5. Sering Merasa Depresi

Listicle 5.jpg

Foto: imdb.com

Terjadi gejolak batin yang terjadi dapat membuat stres berkepanjangan dan berujung depresi.

Tanda kepribadian ganda ini menimbulkan paranoid untuk hal-hal yang bahkan mereka sendiri tidak tahu penyebabnya.

Maka dari itu, rata-rata penderita kepribadian ganda, selalu mencoba bunuh diri, atau setidaknya pernah terpikir untuk melakukan bunuh diri.

Baca Juga: Kenali Lebih Dekat 5 Gejala Gangguan Bipolar pada Anak Berikut Ini

6. Tidak Dapat Mengontrol Emosi

Listicle 6.jpg

Foto: imdb.com

Ciri-ciri kepribadian ganda salah satunya adalah sering tiba-tiba marah tanpa alasan yang jelas.

Hal ini bisa disebabkan karena alter ego (istilah psikologis untuk menyebut kepribadian lain) marah dengan kepribadian utama yang dianggap tidak mampu menyelesaikan masalah atau mungkin sebaliknya.

Pribadi utama juga bisa saja marah dengan alter ego karena mungkin melakukan tindakan negatif. Ini menjadikan penderita kepribadian ganda sering emosional dan meledak-ledak. Karena pergolakan batin yang terjadi pada dirinya.

Tak sedikit, orang yang mengidap penyakit ini, memiliki alter ego yang mampu dan tega menyakiti orang lain.

Hal ini terjadi karena rasa takut berlebihan penderita akan hal yang tidak jelas, sehingga dirinya waspada dan membentuk alter ego yang cenderung negatif.

7. Sering Mendapat Masalah dengan Orang Lain

Listicle 7.jpg

Foto: imdb.com

Orang yang memiliki kepribadian ganda biasanya mengalami kesulitan dalam beraktivitas, tidak dapat bekerja selayaknya orang normal, dan sulit menjalin hubungan dengan orang lain karena gangguan yang dia alami.

Orang lain yang melihat penderita juga akan beranggapan mereka gila. Penderita terlihat sering bicara dengan diri sendiri, plin plan, dan berubah-ubah.

Itu dia beberapa tanda kepribadian ganda yang paling mudah dideteksi. Bila Moms merasakan atau melihat keluarga mengalami serangkaian hal-hal di atas, ada baiknya segera cari bantuan profesional untuk bisa tahu cara menghadapinya.

Cara Merawat Orang dengan Kepribadian Ganda

psikiater-kepribadian ganda

Foto: Orami Photo Stock

Ketika sudah bisa mendeteksi seseorang mengalami kondisi kepribadian ganda, ada beberapa cara untuk merawatnya.

Tujuan dari perawatan masalah kepribadian ganda adalah untuk meredakan gejala dan memastikan keselamatan individu dan orang di sekitar, serta “menghubungkan kembali” kepribadian yang berbeda menjadi satu identitas yang terintegrasi dan berfungsi dengan baik.

Metode pengobatan yang biasanya digunakan untuk orang yang menderita kepribadian ganda adalah psikoterapi. Psikoterapi yang dilakukan pun akan melalui metode jangka panjang.

Meski demikian, perlu dipahami bahwa psikoterapi sendiri hanya bersifat membantu penderita untuk memahami kondisi yang saat ini tengah dialaminya agar di kemudian hari, diharapkan penderita bisa mengatasi kondisi tersebut.

Pengobatan dengan menggunakan jasa psikiater ini pun bisa melakukan hipnoterapi untuk membantu mengendalikan perilaku tidak normal dan membuat hasil dari psikoterapi menjadi lebih efektif.

Selain itu, dokter pun bisa memberikan beberapa obat seperti antidepresan, penenang, dan juga antipsikotik untuk mengatasi gejala gangguan mental yang biasanya dialami oleh orang yang menderita kepribadian ganda.

Baca Juga: Gangguan Mental pada Wanita, Ini Gejala dan Jenis-jenisnya

Penyakit yang Bisa Hadir pada Penderita Kepribadian Ganda

psikiater-kepribadian ganda-2

Foto: Orami Photo Stock

Ketidakmampuan seseorang untuk memiliki kontrol penuh pada dirinya pun bisa menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi.

Komplikasi yang biasa hinggap atau hadir pada penderita kepribadian ganda adalah;

  • Kecanduan alkohol
  • Depresi atau anxiety
  • Disfungsi seksual
  • Gangguan tidur
  • Gangguan makan
  • Keinginan untuk melukai diri sendiri atau bunuh diri
  • Gangguan stres pasca trauma (PTSD)
  • Sakit kepala berat

Nah, jika Moms mengetahui seseorang yang memiliki gejala yang sudah disebutkan di atas, jangan dijauhi ya! Moms bisa menjelaskan pada keluarganya agar si penderita kepribadian ganda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika masih ada pertanyaan seputar kepribadian ganda, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait