Pernikahan & Seks

11 Agustus 2021

Ini 10 Tanda Pasangan Terlalu Clingy, Waspadai!

Cermati sejak awal supaya sifat clingy bisa segera diperbaiki
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Memiliki sifat clingy terkadang membuat pasangan menjadi jengah dan merasa ruang geraknya terbatasi.

Sifat clingy dari pasangan ini juga bisa memicu pertengkaran yang terjadi dalam sebuah hubungan, tak hanya pada hubungan orang yang berpacaran saja tapi juga hubungan orang yang sudah menikah.

Awalnya, sifat clingy ini kerap kali salah diartikan sebagai rasa cinta sehingga tak sedikit pasangan yang membiarkan hal ini terjadi pada mereka. Padahal, sifat clingy ini adalah definisi dari rasa cinta yang berlebihan dan wujud dari rasa terlalu terobsesi pada sesuatu.

Baca Juga: Jadi Pasangan Posesif? Ketahui Tips Mengatasinya Berikut Ini

Apa Itu Clingy?

Apa Itu Clingy

Foto: relationshipadvisor.online

Menurut situs dictionary.com, clingy adalah seseorang yang terlalu dekat secara emosional dan bergantung terhadap orang lain. Ia juga selalu ingin orang tersebut melindungi dirinya lebih ekstra.

Tingkat kedekatan yang dimaksud di sini adalah sangat lengket alias selalu ingin bersama dengan Moms kapan pun dan di mana pun dan pastinya selalu bergantung pada diri orang lain.

Padahal sebenarnya ia bisa melakukan hal tersebut sendiri, tetapi karena ia sangat bergantung dengan orang lain, maka pekerjaan itu selalu ingin dibantu dikerjakan oleh orang lain.

Dilansir dari situs verywellmind.com, sebenarnya sifat clingy ini muncul akibat rasa kurang percaya diri dan rasa cemas yang terlalu serius kepada pasangan. Dalam arti kata lain, sifat clingy ini muncul karena sifat insecure yang ada pada diri orang tersebut kepada pasangan.

Sifat clingy ini juga bisa muncul dikarenakan adanya bayangan skenario terburuk yang akan terjadi dalam hubungan Moms, yakni diabaikan hingga ditinggalkan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Suami yang Posesif, Terapkan pada Dads!

Tanda-Tanda kalau Pasangan Clingy

Sifat clingy ini ada tanda-tandanya lho Moms. Jadi kalau Moms melihat tanda-tanda ini dalam diri pasangan Moms, maka Moms harus waspada dan segera membicarakan dengan pasangan supaya nantinya sifat clingy ini tidak bertambah parah.

Dilansir dari seventeen.com, di bawah ini adalah tanda- tanda kalau pasangan kita terlalu clingy, yaitu:

1. Sering Menghubungi

Terlalu Sering Mengubungi

Foto: www.bolde.com

Hal yang pertama adalah ia sering sekali menghubungi Moms. Ciri ini adalah tanda paling umum yang seringkali terjadi dalam hubungan percintaan.

Selama ini berapa kali pasangan menelpon Moms dalam sehari? Jika jawabannya adalah 1-3 kali itu artinya wajar. Jika menghubungi 3-5 kali dalam sehari, itu juga masih wajar jika konteksnya adalah karena hal-hal yang sifatnya darurat.

Tapi kalau pasangan menghubungimu lebih dari lima kali sehari hanya untuk menanyakan sedang apa atau hal-hal remeh lainnya, itu tandanya pasangan sudah terlalu clingy.

Biasanya, pasangan akan menelpon selama beberapa jam sekali untuk memastikan kegiatan yang Moms lakukan.

Baca Juga: Seo Ye Ji Posesif dengan Kim Jung-Hyun, Apa Penyebab Seseorang Posesif dengan Pasangannya?

2. Marah jika Chat Lama Dibalas

Jika chatnya tidak dibalas dengan cepat dalam hitungan menit, ia pasti akan langsung marah dan menghubungi Moms.

Saat menghubungi Moms, ia akan beralasan kalau ia merasa cemas dengan keadaan Moms. Padahal sebenarnya ia merasa Moms sedang melakukan suatu hal yang tidak ingin diketahui olehnya.

3. Menyelidiki dengan Banyak Pertanyaan

Suka Menyelidiki

Foto: miro.medium.com

Pasangan akan selalu menanyakan berbagai macam pertanyaan kepada Moms.

Kebanyakan pertanyaan yang ditanyakan adalah hal-hal sepele alias hal yang tidak terlalu penting.

Misalkan saja tadi di kantor mengobrol dengan siapa saja atau tadi pergi meeting dengan siapa atau bisa saja menanyakan mengapa Moms memberikan like atau comment dipostingan orang lain.

Baca Juga: 31+ Kata Mutiara buat Suami, Bentuk Ungkapan Cinta dan Sayang pada Pasangan

4. Pasangan Selalu Ingin Ikut ke Mana Moms Pergi

Kebanyakan pasangan yang terlalu clingy akan selalu ingin pergi dengan pasangannya. Ini adalah salah satu sikap over protective yang muncul perlahan.

Dengan begitu, Moms tidak akan punya waktu untuk pergi sendiri atau bersama dengan teman-teman tanpa pasangan karena ia selalu mengikuti ke mana Moms pergi.

Jika Moms pergi tanpa dirinya, ia akan merasa marah karena tidak mengikutsertakannya dan ini akan menjadi pemicu pertengkaran.

5. Mudah Bersikap Cemburu

Salah satu tanda kalau pasangan Moms clingy adalah mudah sekali cemburu.

Jadi siapapun lawan jenis yang mengobrol atau pergi bersama dengan Moms pastinya ia akan merasa tidak suka. Entah itu rekan kantor, teman lama, hingga sepupu atau saudara.

Jika hal ini sudah semakin parah, maka tak hanya lawan jenis saja yang ia cemburui, tapi juga teman perempuan Moms. Ia akan menganggap kalau orang lain yang bersama Moms adalah musuhnya dan harus ia jauhkan dari Moms.

Baca Juga: 15 Ciri Suami Idaman, Pasangan Moms Termasuk?

6. Selalu Memeriksa Media Sosialmu

Memeriksa Akun Media Sosial

Foto: bodylanguagecentral.com

Pasangan yang memiliki tanda-tanda clingy juga selalu memeriksa media sosialmu secara berkala.

Ia akan merasa perlu untuk memantau semua kegiatan Moms, terutama dalam hal bermedia sosial. Ia akan melihat dengan siapa Moms berteman, apa yang Moms posting, dan lain sebagainya.

Selain itu ia juga tidak mempercayai Moms sehingga ia takut Moms berselingkuh darinya dan flirting dengan orang lain melalui media sosial.

7. Pasangan Tidak Pernah Mempercayaimu

Salah satu alasan mengapa seseorang terlalu clingy kepada pasangannya adalah karena adanya rasa tidak percaya sehingga takut kehilangan.

Inilah mengapa pasangan akan men-stalking media sosialmu, menelpon atau chat berkali-kali, hingga ikut denganmu ke mana Moms pergi.

Jadi misalkan saja terjadi pertengkaran antara kalian berdua dan Moms dipojokkan lalu membela diri, maka ia tidak akan percaya karena ia selalu menganggap kalau Moms bisa saja berbohong padanya.

Baca Juga: 75 Kata-kata Cinta Buat Pasangan yang Bikin Hubungan Jadi Lebih Romantis

8. Harus Menuruti Segala Permintaannya

Harus Selalu Menurut

Foto: liveboldandbloom.com

Biasanya pasangan yang terlalu clingy ini sangat dominan dalam hubungan sehingga ia akan merasa kalau ia adalah pemegang kendali dalam hubungan.

Ini membuat Moms harus selalu menuruti apa perkataan dan permintaannya. Jika Moms tidak menurutinya, ia akan merasa kesal dan marah serta merasa kalau Moms tidak lagi menyayangi dan mencintainya lagi.

9. Pasangan Selalu Menuntut Menyatakan Rasa Cinta dan Sayang

Dilansir dari situs bustle.com, tidak peduli seberapa sering Moms menyatakan perasaan cinta dan sayang kepada pasangan, ia akan selalu merasa kalau hal tersebut tidak cukup. Moms harus selalu menyatakan rasa cinta dan sayang kepadanya.

Hal ini muncul karena rasa insecure yang ia rasakan. Ia akan merasa nyaman dan tenang jika Moms sudah menyatakan perasaan kepadanya.

Jika sehari saja Moms tidak menyatakan perasaan cinta dan sayang, entah karena lupa atau karena hal lainnya, ia akan langsung merasa kalau Moms sudah tidak mencintai dan menyayanginya lagi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Anak yang Terlalu Clingy

10. Tidak Tertarik Lagi pada Hobinya

Tidak Tertarik Pada Hobinya

Foto: www.bolde.com

Tanda yang terakhir adalah ia tidak tertarik lagi dengan hobinya. Jika awalnya, pasangan Moms punya hobi bermain sepak bola bersama dengan teman-temannya atau bermain games, sekarang hobi tersebut seolah sudah tidak bisa membuatnya tertarik lagi.

Hal tersebut dikarenakan fokusnya hanya kepada Moms dan hubungan percintaannya sehingga ia tidak punya hobi lagi.

Itulah beberapa tanda kalau pasangan terlalu clingy pada Moms. Sebenarnya jika melihat salah satu dari tanda-tanda tersebut, Moms harus membicarakannya baik-baik dengan pasangan dan memberikan perhatian supaya ia tidak merasa ditinggalkan.

Semoga informasi di atas bisa berguna dalam hubungan percintaan Moms!

  • https://www.dictionary.com/browse/clingy
  • https://www.bustle.com/life/153261-11-signs-your-partner-is-too-clingy-what-to-do-about-it
  • https://www.seventeen.com/love/dating-advice/a28847758/clingy-signs/
  • https://www.verywellmind.com/how-to-avoid-being-clingy-in-relationships-5181502
  • https://blog.usejournal.com/how-to-deal-with-being-clingy-11cc19055228
  • https://sugarcookie.com/2018/09/clingy-boyfriend-traits/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait