Pernikahan & Seks

25 April 2020

4 Tanda Suami Berbohong yang Perlu Diketahui, Waspada!

Ada tanda-tanda umum yang tak sadar dilakukan pembohong
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengetahui suami berbohong mungkin terasa menyakitkan bagi istri. Apalagi, ketika pasangan memutuskan untuk menikah maka hal ini termasuk dengan pemberian kepercayaan terhadap satu sama lain.

Dalam jurnal Public Library of Science, disebutkan bahwa rata-rata, orang berbohong dalam satu dari setiap 3-5 interaksi, dan mereka berbohong dalam kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang berbohong mungkin menunjukkan beberapa tanda, misalnya seperti tidak sanggup bertatapan mata dengan lawan bicaranya, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana dengan tanda-tanda suami berbohong?

Baca Juga: Ini 5 Kebohongan yang Boleh Dikatakan Pada Pasangan

Tanda-tanda Suami Berbohong

Janine Driver, ahli pendeteksi kebohongan dan mantan penyelidik penegak hukum federal memberi tahu cara halus untuk menemukan seseorang berbohong. Berikut ini mengutip Huffington Post.

1. Kecepatan Bicara yang Berubah-ubah

suami berbohong-1

Foto: Orami Photo Stock

Pembohong kadang-kadang disebut "pembicara cepat," tetapi kecepatan bicara bervariasi seperti halnya orang yang berbicara jujur. Tetapi jika jeli, Moms bisa memerhatikan tanda ini pada suami yang berbohong.

"Biasanya seorang pembohong mungkin mulai berbicara dengan lambat, karena dia mencoba menyusun kebohongannya. Tetapi begitu didapatkan, ia mencoba untuk mengeluarkannya secepat mungkin," jelas Janine.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Gairah dalam Pernikahan, Agar Hubungan Tidak Terasa Hambar

2. Menyelipkan Petunjuk Verbal

suami berbohong-1

Foto: Orami Photo Stock

Mengingat kejadian asli dan menyusun cerita yang akan disampaikan adalah beban mental yang besar. Banyak pembohong akan menyerah di bawah tekanan dan membuat kesalahan verbal. Ini bisa menjadi tanda suami tengah berbohong.

Misalnya ketika ia berbicara lalu berhenti sesaat, lalu menyambungkan dengan kalimat lain, menggunakan kalimat masa lampau dan masa kini dalam cerita yang sama, atau mengulangi pertanyaan ketimbang menjawabnya.

3. Wajahnya Tampak Menghina

suami berbohong-3

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin pernah mendengar tentang istilah ekspresi mikro, atau microexpression.

Mengutip American Psychology Association, ekspresi mikro merupakan emosi yang tidak bisa dimodifikasi atau disembunyikan. Ekspresi ini biasanya berlangsung dalam sepersekian detik, kadang-kadang secepat 1/30 detik.

Saking cepatnya, jika berkedip maka akan melewatkan ekspresi mikro seseorang tersebut. Lewat pemahaman ekspresi mikro ini, Moms dapat mengetahui bila suami tengah berbohong.

Pemberian emosi yang menunjukkan rasa tidak hormat, atau contempt, adalah salah satu ekspresi mikro paling berbahaya untuk suatu hubungan.

"Contempt muncul dengan bentukan senyuman yang setengah tersenyum, hanya satu sisi mulut yang terangkat. Ini menandakan, 'Saya membenarkan kebohongan saya. Saya lolos begitu saja. Kamu bodoh'," jelas Janine.

Baca Juga: 5 Kata yang Tidak Boleh Diucapkan Pada Suami, Bisa Berakibat Pertengkaran!

4. Tubuhnya Sedang Mencoba Berlari dan Bersembunyi

suami berbohong-3

Foto: Orami Photo Stock

Orang-orang menyelaraskan pusar mereka dengan benda-benda yang diminati. Jika suami berbicara dengan pusarnya ke arah Moms, dan tubuhnya ke arah pintu, itu menandakan dia sangat ingin pergi. Ini bisa menunjukkan tanda suami berbohong.

Ketika seorang pembohong dihadapkan pada pertanyaan yang tidak ingin dijawab, dia mungkin tanpa sadar menutupi mata, mulut atau seluruh wajahnya dengan telapak tangan, lengan, atau kacamata hitam.

Hal ini karena alam bawah sadarnya ingin agar ia segera menghilang atau pergi dari hadapan seseorang yang tengah diajak berbicara.

Itu dia Moms, tanda-tanda suami berbohong yang patut diperhatikan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait