Program Hamil

23 Juli 2020

11+ Tanda Wanita Tidak Subur, Cek di Sini!

Banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa dirinya tidak subur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketidaksuburan atau infertilitas didefinisikan sebagai usaha kita untuk hamil (dengan berhubungan seksual yang sering) selama setidaknya satu tahun, namun tanpa hasil.

Infertilitas wanita dan pria, atau kombinasi keduanya memengaruhi jutaan pasangan. Berdasarkan jurnal Female Infertility, sekitar 17 persen pasangan di negara-negara industri mencari bantuan untuk infertilitas, yang mungkin disebabkan oleh kegagalan ovulasi, kerusakan tuba atau endometriosis, atau jumlah sperma yang rendah.

Beberapa pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun tapi tidak kunjung diberi keturunan bisa jadi mengalami masalah infertilitas ini. Kondisi ini bisa dialami oleh pria maupun wanita atau bahkan keduanya. Kepastiannya perlu didiagnosis oleh dokter ahli.

Baca Juga: Pakaian Dalam Pria Bisa Memengaruhi Kualitas Sperma

Sebagian besar wanita tidak tahu bahwa mereka mungkin memiliki masalah infertilitas sampai mereka menerima evaluasi resmi oleh tenaga ahli, yang biasanya ditemui ketika pasangan akan mencoba program hamil.

Namun, kadang-kadang ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seorang wanita mungkin tidak subur. Berikut tanda yang bisa kita lihat.

Tanda Wanita Tidak Subur

gangguan infertilitas, infertilitas

Foto: medicalnewstoday.com

“Kecurigaan utama seorang wanita mengalami gangguan infertilitas yaitu apabila tidak terjadinya kehamilan setelah bersenggama teratur dalam jangka waktu minimal 1 tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi,” jelas dr. Shanty Olivia Jasirwan, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Baca Juga: 4 Cara Meringankan Gejala Nyeri Haid yang Tak Tertahankan

Menurut dokter, sementara kondisi-kondisi lainnya yang juga dapat menjadi pertanda seorang wanita mengalami gangguan infertilitas antara lain:

1. Menstruasi yang Tidak Normal

Tanda wanita tidak subur yang pertama adalah menstruasi tidak normal. Menstruasi tidak normal seperti lebih deras ketimbang menstruasi biasanya bisa jadi salah satu tanda wanita tidak subur. Jika Moms mengalami tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter ya.

2. Menstruasi Tidak Teratur

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah menstruasi tidak teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga menjadi tanda wanita tidak subur. Umumnya, siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari.

Jika siklus menstruasi Moms kurang atau lebih dari itu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, terlebih jika Moms sedang merencanakan kehamilan.

3. Tidak/Berhenti Menstruasi

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah tidak/berhenti menstruasi. Kondisi yang dinamakan amenore ini adalah tidak adanya menstruasi, satu atau lebih periode menstruasi yang terlewat. Wanita yang telah melewatkan setidaknya tiga periode menstruasi berturut-turut mengalami amenore, seperti halnya anak perempuan yang belum memulai menstruasi pada usia 15 tahun.

Dikutip dari Mayo Clinic, komplikasi yang mungkin terjadi akibar amenore ini adalah infertilitas. Tanpa adanya masa ovulasi dan menstruasi, Moms tidak akan bisa hamil.

4. Nyeri Menstruasi

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah nyeri menstruasi. Nyeri haid yang hebat dengan atau tanpa nyeri saat berhubungan yang mungkin menandakan adanya endometriosis. Endometriosis terkenal karena menyebabkan nyeri haid yang menyakitkan dan infertilitas.

Dengan kondisi ini, jenis jaringan yang mirip dengan endometrium (jaringan yang biasanya melapisi rahim) tumbuh di tempat-tempat di luar rahim di mana seharusnya tidak.

Diperkirakan bahwa hingga 50 persen wanita yang berjuang untuk hamil mungkin menderita endometriosis. Kondisi ini seringkali tidak terdiagnosis dan tidak diobati selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Gangguan Autoimun Pengaruhi Kesuburan Wanita?

5. Nyeri Panggul Kronik

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah nyeri panggul kronik. Nyeri panggul kronik atau riwayat radang panggul yang dapat menyebabkan kerusakan atau sumbatan di saluran telur.

Jika Moms mengalami nyeri panggul, pendarahan berat yang tidak normal, dismenore (periode nyeri), nyeri punggung, kram perut, hubungan seksual yang menyakitkan, gangguan pencernaan, dan/atau ketidaksuburan, Anda mungkin menderita kondisi yang disebut endometriosis.

Seperti diketahui, endometsriosis juga menjadi salah satu penyebab wanita tidak subur.

6. Perubahan Kulit

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah perubahan kulit. Tumbuh jerawat yang berlebihan menjadi tanda suatu kondisi hiperandrogen (kelebihan hormon laki-laki) yang dapat menganggu pertumbuhan dan pematang sel telur.

7. Perubahan Hasrat Seksual

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah perubahan hasrat seksual. Libido rendah dan fungsi seksual yang terganggu. Dikutip dari International Journal of Reproductive BioMedicine, infertilitas dapat merupakan hasil dari masalah seksual itu sendiri. Disfungsi seksual dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil.

8. Tumbuh Rambut di Wajah dan Tubuh yang Berlebihan

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah tumbuh rambut di wajah dan tubuh yang berlebihan. Rambut di wajah dan tubuh yang tumbuh berlebihan menandakan suatu kondisi hiperandrogen (kelebihan hormon laki-laki) yang dapat menganggu pertumbuhan dan pematang sel telur.

9. Rambut Rontok

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah rambut rontok. Rambut rontok tidak dapat memicu kemandulan, tetapi karena masalah psikologis yang terkait dengannya, hal itu dapat membuat pembuahan jadi lebih sulit.

Jika menyaksikan kerontokan rambut, seorang wanita harus mengunjungi dokter atau ahli kesuburan untuk melakukan beberapa tes untuk mengevaluasi kadar hormon, kadar tiroid, nutrisi, insulin, dan kadar DHT.

Baca Juga: Makanan Berlemak Turunkan Kesuburan Wanita?

10. Berat Badan

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah berat badan. Tubuh terlalu gemuk atau terlampau kurus dapat mengganggu sistem hormon reproduksi sehingga dapat mengganggu kesuburan.

11. Keluar Air Susu dari Payudara

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah keluar air susu dari payudara. Keluarnya air susu dari payudara, menandakan kondisi hiperprolaktinemia yang dapat mengganggu pematangan sel telur. Tanpa sel telur matang, pembuahan juga jadi akan sulit terjadi.

12. Nyeri saat Berhubungan

Tanda wanita tidak subur yang selanjutnya adalah nyeri saat berhubungan. Rasa sakit saat berhubungan seks, atau dispareunia, dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasarinya yang dapat memengaruhi kesuburan wanita.

Contoh masalah kesehatan tersebut termasuk infeksi, endometriosis, dan fibroid. Seperti diketahuin, kondisi-kondisi ini bisa membuat Moms susah hamil.

Apabila didapatkan tanda-tanda tidak subur pada perempuan, maka harus dilakukan pemeriksaan berupa USG transvaginal untuk menilai rahim dan indung telur, pemeriksaan pencitraan untuk melihat saluran telur, dan pemeriksaan hormonal apabila dicurigai adanya kelainan hormonal.

Baca Juga: Varises Pada Testis Rentan Menyebabkan Infertilitas

“Jika yang terjadi berupa gangguan pematangan sel telur, maka diberikan obat-obatan pematangan telur ataupun pemberian hormon jika ada gangguan hormonal,” kata dr. Shanty Olivia Jasirwan.

Jika ada gangguan saluran telur, maka dapat dilakukan tindakan pembedahan untuk menyingkirkan penyebab sumbatan saluran telur seperti endometriosis atau perlekatan.

Kadang kala, tindakan berupa teknologi reproduksi berbantu dapat diperlukan pada perempuan atau laki- laki yang mengalami gangguan infertilitas. Teknologi reproduksi berbantu ini berupa tindakan inseminasi intrauterin dan bayi tabung.

Nah, itulah beberapa tanda wanita tidak subur yang perlu Moms ketahui. Jangan sedih dulu jika mengalami tanda-tanda tersebut. Sebaiknya segera konsultasikan dan temukan solusi yang tepat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait