Parenting

29 Juni 2021

Tidak Mudah, Inilah 7 Tanggung Jawab Ibu dalam Keluarga

Tanggung jawab ibu dalam keluarga sangat penting dan tak tergantikan, apa saja?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjadi seorang ibu merupakan salah satu tugas mulia yang penuh dengan tanggung jawab. Tanggung jawab ibu tentu tidaklah mudah dan berdampak besar dalam sebuah keluarga. Apa saja tanggung jawab ibu dalam keluarga yang sebaiknya terpenuhi?

Tanggung Jawab Ibu

Peran ibu di rumah

Foto: freepik.com

Sosok seorang ibu merupakan sosok yang penting dalam pengembangan sifat dan karakter anak dan sebagai pilar penting dalam sebuah rumah tangga.

Anak menerima pembelajaran pertamanya dari rumah, oleh karena itu, orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pelajaran yang tepat bagi anaknya.

Bagi setiap anak, keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang dimasuki, dan hal tersebut secara signifikan mempengaruhi keberadaan mereka selanjutnya.

Semua faktor yang mempengaruhi anak dalam lingkungan keluarga menjadi elemen penting di masa depan dan tidak dapat dikompensasikan dengan lingkungan lain yang akan mempengaruhi kepribadian anak sepanjang hidupnya.

Si Kecil masuk ke dunia tanpa keterampilan, sehingga misi utama keluarga adalah memberikan semua pengalaman belajar yang akan berkontribusi pada perkembangan terbaik.

Dalam Father’s and Mother’s Roles and Their Particularities in Raising Children, orang tua adalah contoh perilaku, baik dalam hal positif maupun hal negatif. Seorang anak memiliki kecenderungan untuk menerima perilaku yang berhubungan dekat dengannya.

Baca Juga: Rahasia Pasangan Suami Istri yang Selalu Bahagia

Tanggung Jawab Ibu dalam Keluarga

Tanggung jawab ibu dalam keluarga sangat unik, berharga, dan penting. Tanggung jawab ibu, sebagai wanita yang sambil bekerja maupun sebagai ibu rumah tangga, merupakan kunci utama dari sebuah rumah tangga dan keluarga.

Ibu memberikan dan memastikan latar belakang emosional kepada suami dan anak-anaknya, karena itu penting terutama untuk perkembangan anak yang sehat dan stabilitas emosional orang dewasa.

Cara seorang ibu menanggapi perilaku anaknya memengaruhi pertumbuhan dan perilaku anak mereka selanjutnya.

Tentunya tanggung jawab ibu dalam keluarga ini tidak bisa dianggap remeh karena berpengaruh besar terhadap kesejahteraan keluarga.

Yuk simak beberapa tanggung jawab ibu dalam keluarga!

1. Ibu Sebagai "Jantung" Rumah

Ibu sebagai inti keluarga

Foto: freepik.com

Perempuan yang berperan sebagai ibu dapat diibaratkan sebagai jantung rumah. Laki-laki yang berperan sebagai ayah dapat diibaratkan sebagai kepala.

Kepala dan jantung sangat penting baik untuk fungsi tubuh dan jalannya rumah tangga secara keseluruhan.

Gagasan bahwa hanya kepala yang berpikir dan memiliki peran utama sekarang merupakan konsep yang sudah kuno.

Dikutip dari Advance Training Institute International, para peneliti telah menemukan bahwa neuron atau sistem saraf tubuh yang menyimpan memori yang tidak hanya di otak, tetapi juga di jantung.

Sama seperti jantung yang memberikan sinyal vital dan terus menerus ke kepala dan seluruh tubuh, demikian pula seorang ibu harus berkomunikasi tentang apa yang dilihat dan didengarnya kepada suami agar bersama-sama mereka dapat mengambil keputusan yang bijaksana.

2. Ibu Sebagai Guru di Rumah

Tanggung jawab ibu dalam keluarga ada sebagai seorang pembelajar dan guru bagi anaknya.

Banyak ibu yang merasa tidak mampu mendidik anaknya sendiri, terutama ketika anak mencapai jenjang pendidikan SMA dan perguruan tinggi.

Padahal, pujian dari Moms untuk Si Kecil karena sikap dan kemajuan belajarnya dapat memberikan dorongan positif dan semangat untuknya.

Seorang ibu juga memiliki tanggung jawab untuk melatih anak-anak mereka yang lebih besar untuk bekerja sama dengan saudaranya yang lebih kecil.

Ketika pendampingan seperti ini terjadi, yang lebih tua tidak hanya belajar akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan mengajar dan memulai persiapan mereka sendiri untuk mengasuh anak kelak.

Baca Juga: 3 Media Penting untuk Sekolah di Rumah

3. Ibu Sebagai Perekam Kreatif

Ibu biasanya menyimpan memori

Foto: freepik.com

Tanggung jawab ibu dalam keluarga juga bisa sebagai perekam kreatif.

Terdapat beberapa ide kreatif yang bisa seorang ibu gunakan untuk menyimpan pencapaian dan momen berharga bagi setiap anak.

Metode favorit adalah membuat "buku mini". Melalui buku mini, anak-anak diajarkan untuk memahami dan memadatkan sejumlah besar materi dalam buklet kecil yang dirancang secara kreatif.

Dalam jurnal BMJ Open disebutkan anak-anak juga nantinya akan termotivasi untuk memiliki prestasi lebih baik dengan bagan, grafik, dan catatan yang bermakna.

Kegiatan mengisi buku mini tersebut bisa dimulai oleh ibu dan dilanjutkan oleh anak ketika semakin besar. Dalam prosesnya, kemampuan menulis, kerapian, akurasi, ketelitian, kreativitas, dan kualitas lainnya dapat dikembangkan.

4. Ibu Sebagai Pembagi Tugas

Tanggung jawab ibu dalam keluarga juga sebagai pihak yang mendengarkan dan peka, dengan begitu ibu akan mengetahui kualitas karakter, studi akademik, dan keterampilan praktis apa yang perlu dikembangkan pada anak-anaknya.

Dengan pemikiran tersebut, seorang ibu dapat membuat daftar rekomendasi untuk suami untuk menulis daftar tugas harian.

Dengan menulis daftar tugas harian tersebut, sebuah keluarga akan lebih terarah dan tidak saling menyalahkan dalam mengurus rumah tangga.

Selain itu, dengan pembagian tugas, anak akan mulai belajar bertanggung jawab akan tugas yang diberikan kepadanya tersebut.

Umumnya cara pikir ibu tentang pendidikan di rumah biasanya adalah bagaimana cara mendidik anak-anaknya dan tetap menyelesaikan semua pekerjaan rumah sendiri sekaligus.

Tetapi cara ini tentunya tidak efektif dan hanya menumpukkan beban di pundak Moms saja.

Kunci pendidikan di rumah adalah secara kreatif mengajak anak-anak untuk mencari kesenangan dan menikmati pekerjaan dengan memandang tanggung jawab sehari-hari menjadi lebih bermakna dan membentuk karakter.

Contohnya, mencuci piring dapat diubah menjadi pelajaran tentang rasa syukur (mencuci piring sebagai penghargaan untuk orang yang membuatkan makanan), ketelitian (mencuci semua piring dan peralatan makan dengan bersih), dan kerapian (menempatkan piring di tempat yang tepat).

5. Ibu Sebagai Penyelesai Masalah

Ibu adalah pencari solusi

Foto: freepik.com

Saat anak-anak beranjak semakin dewasa, mereka akan mulai memiliki banyak konflik dengan dirinya sendiri, orang tua, saudara, atau temannya.

Tanggung jawab ibu sebagai sosok yang hadir dalam hidup anak, perlu membantunya dalam menyelesaikan masalah.

Anak-anak akan mempelajari keterampilan mendengarkan, bernegosiasi, berkompromi, dan memecahkan masalah dengan mencontoh orang tuanya. Keterampilan tersebut akan bermanfaat bagi mereka seumur hidup.

Baca Juga: 5 Cara Mendekatkan Hubungan Dengan Anak Adopsi

6. Ibu Sebagai Pengubah dunia

Mungkin tanggung jawab yang paling diremehkan dari seorang ibu adalah mampu mengubah dunia.

Dikutip dari Joy Digital Magazine, masyarakat hanya berjarak 20 tahun dari terjadinya anarki atau peradaban lanjutan.

Dibutuhkan 20 tahun untuk membesarkan seorang anak, 20 tahun untuk membuat mereka beradab atau membiarkan mereka jatuh ke dalam anarki.

20 tahun untuk membesarkan anak-anak yang berkarakter, berintegritas, dan berbelas asih atau anak-anak yang menipu, mementingkan diri sendiri, dan acuh tak acuh.

Artinya sadar atau tidak, seorang ibu memainkan peran besar dalam pelatihan dan pembangunan karakter seorang anak.

Ibu yang membesarkan seorang anak yang baik telah mengubah dunia dengan setiap anak yang mereka besarkan.

7. Ibu Sebagai ‘Dokter’ di Rumah

Ibu berperan sebagai perawat

Foto: freepik.com

Di rumah, ibu bertindak dan menjalankan berbagai macam profesi bagi anak-anaknya.

Tanggung jawab ibu dalam keluarga juga akan menjadi dokter di rumah yang merawat anak-anak ketika sakit, memasak sup atau bubur, membuat mereka nyaman, dan banyak tugas 'dokter' lainnya.

Dalam jangka panjang, para ibu mungkin melakukan banyak hal lebih dari dokter dalam keluarga dan tentu saja tidak mengharapkan bayaran.

Baca Juga: Ikut Ngidam, 1 dari 5 Perubahan yang Terjadi Pada Calon Ayah Ketika Tahu Istrinya Hamil

Itu dia tanggung jawab ibu dalam keluarga yang dapat berperan menjadi berbagai macam profesi dan tentunya sangat berharga bagi seorang suami dan anak-anaknya. Yuk, jangan ada yang meremehkan tugas ibu lagi!

Bagi Moms, juga jangan ragu untuk minta bantuan suami atau keluarga saat semuanya terasa semakin berat. Jaga selalu kesehatan fisik dan mental Moms dengan menyisihkan waktu untuk beristirahat dan me-time!

  • https://businessmirror.com.ph/2017/05/14/the-roles-of-mothers/
  • https://www.researchgate.net/publication/279241247_Father's_and_Mother's_Roles_and_Their_Particularities_in_Raising_Children
  • https://atii.org/five-basic-functions-mother/
  • https://www.joydigitalmag.com/everyday-life/top-12-duties-mother/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5781024/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait