Kesehatan

19 Mei 2019

Tanpa Gula, Ini Cara Sehat Memaniskan Makanan

Inilah alternatif untuk Moms yang ingin mendapatkan rasa manis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gula disukai namun sekaligus dijauhi. Meski rasanya membuat kecanduan, semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa gula mempunyai dampak yang tak baik bagi tubuh.

Tapi masalahnya, berhenti mengonsumsi gula sangatlah sulit. Butuh upaya yang sangat keras untuk berhenti menambahkan gula ke dalam makanan atau minuman yang akan kita konsumsi. Tidak terbayang, apa rasanya kue, roti, kopi, dan teh tanpa gula.

Tapi jangan menyerah, Moms. Rasa manis ternyata tetap bisa didapat tanpa menambahkan gula. Dikutip dari mindbodygreen.com, menurut Katrine van Wyk, pelatih yoga, praktisi kesehatan holistik bersertifikat, sekaligus penulis buku Best Green Drink Ever and Best Green Eats Ever, ada banyak makanan sehat yang dapat menjadi pengganti gula untuk memuaskan lidah Moms pecinta manis.

Apa saja itu, simak ya Moms!

1. Madu

honey1.jpg

Madu adalah pilihan pertama untuk menggantikan gula di dalam makanan maupun minuman. Moms bisa menambahkan madu ke dalam berbagai sajian mulai dari dessert sampai minuman tanpa merusak tekstur asli makanan atau minuman tersebut.

Mampu memberi rasa manis yang serupa dengan gula, madu dinilai lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Apalagi madu mengandung beragam mineral, vitamin, dan asam amino yang dapat meningkatkan stamina serta kekebalan tubuh. Jadi, lebih sehat kan?

Baca Juga: 5 Manfaat Baik Gula Untuk Tubuh, Wajib Tahu Nih!

2. Garam

o-SALT-facebook.jpg

Melansir dari prevention.com, sedikit garam dapat meningkatkan rasa manis alami dalam makanan lho Moms, terutama jika dipadukan dengan buah-buahan segar.

Sebelum Moms menambahkan sesuatu untuk mempermanis jus atau smoothie, cobalah tambahkan sedikit garam, tujuannya agar rasa manis alami buah lebih terasa.

3. Wortel Parut

maple-roasted-carrots-roasted-800x1200.jpg

Tahukah Moms, wortel parut mengandung gula alami yang dapat memberikan rasa manis yang tepat.

Ditambah, wortel parut akan memberi dosis vitamin A dan beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata.

Baca Juga: Mana Lebih Baik: Gula Pasir, Gula Batu, atau Gula Merah?

4. Bit

03-fruit-smoothies-beet.jpg

Banyak gula rafinasi yang Moms konsumsi berasal dari buah bit. Moms dapat membuat kue dengan menggunakan buah bit parut untuk mencapai rasa manis yang pas dan bonus warna kemerahan tanpa pewarna. Moms juga bisa memasukkan bit parut ke dalam smoothie atau ke dalam sup sebagai pengganti gula.

5. Bawang Bombay

onions-walla-walla_LRG.jpg

Bawang bombay memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Hanya saja, kita tidak merasakannya dalam keadaan mentah, ketika senyawa-senyawa yang keras, tajam, dan membuat perih mata terasa lebih dominan.

Masak potongan bawang bombay dengan api kecil, hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan atau karamelisasi. Rasa manisnya akan muncul. Moms dapat memasukkannya ke dalam saus tomat, sup, atau masakan lain sebagai pengganti gula.

6. Apel

apples_2811968_1920.0.jpg

Saus apel tanpa gula tambahan adalah bahan klasik untuk memangkas lemak dan gula dari makanan. Apel utuh yang diparut juga bisa Moms manfaatkan untuk beberapa jenis makanan, seperti pancake. Apel yang dipotong dadu juga bisa jadi pemanis kaya serat untuk yogurt.

Baca Juga: Selain Diabetes, Ini 4 Penyakit Akibat Konsumsi Gula Berlebih

7. Kayu Manis

Screen-Shot-2017-12-04-at-2.12.04-PM.png

Kayu manis sebenarnya tidak terasa manis. Tetapi karena kayu manis identik dengan makanan atau minuman manis seperti kue dan pai, menambahkannya ke dalam oatmeal, yogurt, atau smoothie, dapat menciptakan ilusi rasa manis.

8. Pisang

1800x1200_more_potassium_banana_slideshow.jpg

Makanan yang dipanggang, seperti roti, muffin, dan pancake, bisa ditambahkan pisang tumbuk yang sudah matang sebagai pengganti gula.

Itulah 8 bahan yang bisa Moms gunakan untuk memberi rasa manis pada makanan tanpa harus menambahkan gula. Lebih sehat, kan, Moms?

(VAN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait