Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Feb 22, 2018

Tanpa Tes DNA, Begini 5 Cara Memastikan Anak Kandung yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Bagikan


Tanpa Tes DNA, Begini 5 Cara Memastikan Anak Kandung yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Istilah tes DNA tentu tak asing lagi di telinga. Tes ini kerap digunakan untuk mengetahui seorang apakah seorang Ibu atau Ayah merupakan orang tua kandung dari seorang anak atau sebaliknya.

Sayangnya, tes DNA ini biayanya jutaan rupiah dan tergolong mahal sehingga mungkin tak semua orang mampu melakukannya.

Namun tahukah Moms, ternyata ada cara lain yang dapat digunakan selain tes DNA untuk mengatahui hubungan seorang anak dengan orang tuanya, baik sedarah maupun bukan.

Baca Juga : 4 Artis Indonesia ini Akrab dengan Anak Sambungnya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara-cara yang dapat dilakukan:

1. Kasih Sayang dan Ketulusan

Kedengarannya memang mungkin tak akurat, namun hal ini merupakan cara yang paling kasat mata.

Meski tak jarang orang tua dapat mencintai anak mereka layaknya anak kandung, namun bila tak ada ikatan darah tentu kadar ketulusan serta kasih sayangnya akan terlihat berbeda dengan kasih sayang orang tua kandung.

2. Golongan Darah

Salah satu cara lain yang dapat dilakukan dan harganya murah adalah tes golongan darah, tak jarang malah tes ini bisa dilakukan secara gratis.

Dengan mengetahui apakah golongan darah Moms atau Suami sama dengan Si Kecil sama, kemungkinan bahwa Si Kecil adalah anak kandung Moms akan semakin besar.

Namun bila Si Kecil memiliki golongan darah yang berbeda dari Moms atau suami, dapat dipastikan bahwa ia bukan anak kandung Moms.

Meski demikian tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bila golongan darah Moms dan suami sama, maka Si Kecil tentu harus memiliki golongan darah yang sama.

Misalkan golongan darah Moms adalah A, sedangkan suami adalah B. Maka masih memungkinkan bila Si Kecil bergolongan darah AB.

3. Kemiripan Karakter

Hal lain yang dapat menjadi tolak ukur untuk Moms mengatahui Si Kecil anak kandung atau bukan adalah dengan memperhatikan karakternya.

Cara ini mungkin sulit namun logis, karena karakter yang terbentuk merupakan warisan dari sel telur dan sperma ayah dan ibu. Akan menjadi sebuah hal yang ganjil bila ternyata Si Kecil tak mewariskan sama sekali sifat dari Moms dan suami.

4. Kemiripan Wajah atau Anggota Tubuh

Selain melihat kemiripan karakter, hal yang lain yang dapat dilihat adalah kemiripan pada wajah maupun anggota tubuh lainnya.

Hal ini begitu mudah, karena orang tua merupakan pewaris genetik sehingga semua hal yang melekat pada orang tua seperti mimik wajah bentuk hidung hingga mata seharusnya memiliki kemiripan dengan orang tua kandung.

Baca Juga : DNA Siapa yang Lebih Dominan pada Anak?

5. Ikatan Batin

Hal terakhir adalah ikatan batin, di mana biasanya hal ini dipengaruhi adanya aliran darah dari orang tua kepada Si Kecil. Meski jarang terasa saat orangtua dan Si Kecil sedang berdekatan, namun ketika Si Kecil jauh atau sedang tak bersama orang tua maka akan timbul naluri yang sangat kuat bila terjadi sesuatu pada Si Kecil begitu pula sebaliknya.

Baca Juga : Membesarkan Anak Adopsi

Hal-hal tadilah yang sekiranya dapat Moms lakukan bila ingin memastikan apakah Si Kecil merupakan anak kandung Moms dan suami atau bukan.

Meski demikian, jika membutuhkan hasil yang lebih memuaskan dan akurat, ada baiknya tes DNA tetap disarankan untuk dilakukan.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.