Kesehatan

KESEHATAN
28 Desember 2020

Telat Haid Tapi Negatif? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cek terlebih dulu apakah test pack dalam keadaan baik atau kedaluwarsa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya
Disunting oleh Amelia Puteri

Telat haid tapi negatif adalah salah satu kekhawatiran baru yang timbul apabila menstruasi belum kunjung datang. Test pack adalah salah satu metode untuk memastikan seseorang apakah sedang hamil atau tidak.

Namun, test pack tidak seakurat yang seperti Moms ketahui, lho.

Banyak wanita yang mengalami telat haid dengan hasil negatif dengan faktor penyebab yang mungkin sebelumnya Moms belum pernah pikirkan.

Telat haid tapi negatif dapat disebabkan karena terlalu dini melakukan tes kehamilan. Kehamilan di bawah dua minggu belum dapat terdeteksi dengan baik menggunakan test pack.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi saat telat haid tapi negatif, seperti alat tes kehamilan rusak, atau air urin terlalu cair karena Moms terlalu banyak mengonsumsi air. Ini jadi pemicu kehamilan tidak dapat terdeteksi dengan baik.

Seorang wanita mungkin mengalami telat haid dengan hasil negatif setelah melakukan beberapa tes kehamilan.

Dalam situasi seperti itu, biasanya Moms bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Apakah hamil? Atau ada kondisi medis yang salah?

Berikut ini penjelasan mengenai telat haid tapi negatif untuk menjawab keresahan Moms. Simak ya.

Baca Juga: 7 Gangguan Menstruasi yang Wajib Moms Ketahui

Penyebab Telat Haid Tapi Negatif

telat haid tapi negatif

Foto: Orami Photo Stock

Pernah mengalami telat haid tapi negatif? Ini adalah hal yang sering terjadi pada wanita usia produktif.

Mendapatkan hasil negatif bukan berarti seseorang tidak hamil. Alat tes kehamilan yang tidak dapat mendeteksi hormon dalam urin seseorang, mungkin menjadi penyebabnya.

Tidak hanya itu, telat haid dengan hasil negatif dapat disebabkan oleh beragam kondisi medis yang bisa terjadi pada wanita.

Berikut ini penyebab telat haid namun negatif, simak ya Moms!

1. Gaya Hidup

Gaya hidup dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita. Telat haid tapi negatif, gaya hidup seseorang bisa menjadi pemicunya.

Misalnya, stres, seseorang yang mengalami stres dapat menurunkan hormon pada wanita. Tidak hanya stres, terlalu banyak mengonsumsi kafein atau minuman bersoda, juga dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Ini bisa mengakibatkan durasi haid lebih lama ataupun lebih pendek. Melansir National Health Service, olahraga dapat menjadi solusi untuk menghindari stres. Seperti lari, berenang dan yoga dapat membuat tubuh lebih rileks.

Latihan pernapasan juga membuat pikiran lebih rileks dan dapat melancarkan aliran hormon pada tubuh.

2. Kondisi Medis

Telat haid tapi negatif, ketahui penyebabnya.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Faktor lain penyebab telat haid tapi negatif, yakni dapat disebabkan karena kondisi medis yang mengganggu.

Kondisi medis seperti seperti sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) atau masalah tiroid, menurut studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health.

Ini dapat menyebabkan wanita mengalami siklus yang sangat tidak teratur dan menstruasi yang terlewat.

Beberapa wanita mungkin mengalami haid yang sangat ringan, beberapa mungkin mengalami haid yang sangat berat, dan beberapa mungkin melewatkan periode sama sekali.

Penyakit medis ini juga memerlukan beberapa metode pengobatan tergantung kondisi pasien.

Telat haid tapi negatif yang disebabkan oleh beragam kondisi medis, perlu segera melakukan pengobatan dokter agar tidak merambat ke organ tubuh lainnya.

Baca Juga: Darah Mens Menggumpal dan Berwarna Hitam, Apa Penyebabnya?

3. Test Pack Tidak Cukup Akurat

Ketika telat haid tapi negatif setelah melakukan tes kehamilan memang membingungkan ya, Moms.

Mungkin bukan tubuh yang mengalami masalah gangguan, yakni kadar hormon kehamilan, yaitu human chorionic gonadotropin (hCG) tidak dapat terdeteksi oleh tes kehamilan di rumah.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, tes kehamilan di rumah memerlukan angka minimal hCG yakni di atas 25 mIU/mL untuk mencapai tingkat akurasi 99%.

Mereka mengatakan tidak semua tes kehamilan di rumah secara konsisten cukup sensitif untuk melakukannya.

Siklus haid wanita dapat sangat bervariasi, jadi jika wanita hamil di kemudian hari walaupun tes menunjukkan negatif, kadar hormon pada tubuh mungkin tidak cukup tinggi untuk terdeteksi.

Jika Moms berpikir memang hamil namun telat haid tapi negatif, tunggulah beberapa hari kemudian untuk tes ulang. Namun jika telat haid dengan hasil negatif terus terjadi, segera menemui dokter untuk mencegah komplikasi.

4. Kontrasepsi Hormonal

Pil KB menyebabkan telat haid tapi negatif

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah penelitian menurut Planned Parenthood, perubahan berat badan atau nutrisi dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Jika menggunakan kontrasepsi hormonal atau menggunakan kontrasepsi darurat, itu juga dapat mengubah siklus haid pada wanita.

Beberapa alat kontrasepsi hormonal dapat memengaruhi siklus haid pada wanita.

Misalkan, dengan menggunakan kontrasepsi pil hormon secara aktif selama tiga bulan, wanita yang tadinya mengalami haid secara lancar, namun terhenti karena perubahan hormon pada tubuh.

Menurut Mayo Clinic, penggunaan pil hormonal secara aktif terus menerus selama satu tahun dan dapat menghentikan pendarahan menstruasi secara menyeluruh.

Meskipun sebagian wanita mungkin mengalami bercak di antara bulan-bulan menstruasi, mungkin ini terjadi hanya empat kali per tahun selama beberapa minggu.

Tidak jarang orang yang menggunakan kontrasepsi suntik juga mengalami gangguan telat haid tapi negatif.

5. Menopause Dini

Pada umumnya, wanita mulai mengalami menopause antara usia 45 hingga 55 tahun. Mereka yang merasakan gejala di usia sekitar 40 tahun atau lebih awal, dianggap mengalami menopause dini.

Suplai telur dalam rahim wanita akan berkurang dan mengakibatkan telat haid tapi negatif, sehingga tidak mengalami menstruasi dalam waktu tertentu.

Biasanya ini disebabkan kondisi ovarium yang tidak berfungsi secara normal sebelum mencapai 40 tahun.

Kelainan genetik juga menjadi salah satu penyebab menopause dini. Umumnya terjadi tak jauh dari kondisi ibunya, maka ia akan beresiko mengalami hal yang sama.

Efek dari pengobatan kanker atau kemoterapi juga dapat menyebabkan menopause dini, sehingga menyebabkan telat haid tapi negatif.

Baca Juga: Minum Kopi saat Menstruasi, Berbahayakah?

Pengobatan Alami Telat Haid Tapi Negatif

Manfaat Olahraga untuk telat haid tapi negatif

Foto: Orami Photo Stock

Ketika wanita mengalami telat haid tapi negatif, tentu saja merasakan perasaan tidak nyaman dan membuat pikiran menjadi lebih berat dari biasanya.

Walaupun telah mengetahui penyebab dari telat haid tapi negatif, Moms juga perlu tahu cara pengobatan alaminya.

Ini untuk memicu darah haid keluar tepat waktu setiap bulannya. Cara ini dapat dilkukan di rumah ya, Moms.

1.Olahraga Teratur

Olahraga ringan dan menenangkan pikiran dapat menjadi salah satu pengobatan alami ketika telat haid tapi negatif. Olahraga ringan dapat membantu otot menjadi lebih rileks, sehingga dapat membantu haid datang lebih cepat.

Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan cara mempercepat haid dengan cara yang satu ini.

2. Menjaga Pola Makan

Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus haid pada wanita. Berat badan yang terlalu rendah, berisiko menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau justru sama sekali berhenti.

Sebab, tubuh memerlukan lemak untuk memproduksi hormon yang terkait dengan menstruasi. Memiliki berat badan berlebih juga dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Sehingga, Moms perlu memerhatikan asupan gizi untuk menjaga berat badan tetap pada batas ideal. Konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buah juga sangat dianjurkan untuk mendapatkan siklus haid yang normal.

Baca Juga: Menstruasi Tidak Normal? Kenali dan Pahami Dampaknya untuk Kesehatan

3. Vitamin D Tercukupi

Sebuah penelitian mengatakan, kekurangan vitamin D bisa membuat faktor pemicu telat haid tapi negatif.

Selain memengaruhi siklus haid, kurang vitamin D juga bisa menyebabkan gangguan daya tahan tubuh, berat badan susah turun, dan menyebabkan seseorang mengalami stres.

Untuk mendapatkan asupan vitamin D selain mengonsumsi pil suplemen, Moms bisa dengan mudah berjemur setiap hari di waktu-waktu tertentu.

Telat haid tapi negatif merupakan masalah kesehatan wanita yang perlu diperhatikan dan segera diobati. Apabila beragam cara melancarkan siklus telat haid tapi negatif telah dilakukan namun belum teratasi, segera konsultasikan ke dokter.

Terutama jika siklus haid tiba-tiba tidak teratur, telat haid berlangsung lebih dari tiga bulan, nyeri haid sangat menyakitkan, dan pendarahan berlangsung lebih dari seminggu.

Ini merupakan salah satu kondisi yang perlu segera diatasi, ya Moms.

Artikel Terkait