Kesehatan Umum

8 Oktober 2021

Kandungan Nutrisi dalam Telur Ikan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Nutrisinya tak kalah dengan daging ikan, lho!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Ikan dikenal sebagai sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya bagian dagingnya, telur ikan pun memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh, Moms.

Meski tak sepopuler dagingnya, Moms perlu mengetahui bahwa telur ikan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Yuk, simak informasi terkait kandungan nutrisi dalam telur ikan dan manfaatnya.

Kandungan Nutrisi Telur Ikan

telur-ikan-salmon.jpg

Foto: thecornishfishmonger.co.uk

Nutrisi dalam telur ikan sebenarnya bergantung pada jenisnya sehingga setiap telur ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

Namun, setiap telur ikan merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk diikonsumsi. Telur ikan pada umumnya juga diperkaya dengan protein di dalamnya.

Selain itu, telur ikan diperkaya dengan vitamin B6 yang dapat menjaga metabolisme tubuh dan kesehatan jantung yang kuat.

Serta, mengandung mineral kolin guna mendukung pengangkutan lemak dan kolesterol yang sehat dalam tubuh.

Beberapa telur ikan juga mengandung magnesium dan selenium yang keduanya memiliki peran penting dalam tubuh.

Baca Juga: Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral? Waspadai 9+ Penyakit Ini!

Manfaat Telur Ikan

Berikut manfaat dari telur ikan bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui:

1. Cocok untuk Menu Diet

Mengutip Verywell Health, telur ikan cocok digunakan sebagai pilihan hidangan bagi Moms yang sedang menjalani diet tertentu.

Seperti diet Paleo dan diet rendah karbohidrat lainnya, karena telur ikan adalah sumber lemak sehat.

Satu porsi telur ikan menyediakan 439 miligram asam lemak omega-3 EPA dan 608 miligram DHA.

Asam lemak omega-3 adalah lemak esensial, lemak yang harus dikonsumsi dalam makanan karena tubuh tidak memproduksinya.

2. Meringankan Artritis Reumatoid

Para peneliti percaya bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dan telur ikan dapat membantu mengurangi gejala rheumatoid arthritis.

Dikutip dari Healthline, artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan kerusakan di seluruh tubuh.

Kerusakan sendi yang disebabkan artritis reumatoid ini biasanya terjadi di kedua sisi tubuh.

Jadi, jika sendi terpengaruh di salah satu lengan atau tungkai, sendi yang sama di lengan atau tungkai lainnya mungkin akan terpengaruh juga.

Baca Juga: Mengenal Rematik, Penyebab Nyeri Sendi yang Menganggu Aktivitas

3. Bagus untuk Kesehatan Otak

Kandungan EPA, DHA, dan DPA (asam lemak lain) yang ditemukan dalam telur ikan dapat membantu melawan penuaan dan penurunan kognitif, serta meningkatkan kesehatan dan perbaikan otak.

Bahkan dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer, penyakit yang sering kali terjadi pada lansia sehingga menyebabkan mereka mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

4. Telur Ikan Baik untuk Kesehatan Tulang

Telur ikan mengandung banyak vitamin D yang membuat tulang kuat. Vitamin D dalam telur ikan juga dapat menjaga kesehatan gigi.

Tulang yang sehat memudahkan tubuh bekerja tanpa harus khawatir dengan bertambahnya usia.

Sedangkan kesehatan gigi membuat gigi lebih kokoh dan tidak mudah rapuh sehingga memungkinkan Moms lebih nyaman saat makan.

Selain itu, Vitamin D dalam telur ikan dapat bantu menjaga kesehatan jantung.

5. Mendukung Kesehatan Mata

Baik DHA dan EPA juga penting untuk perkembangan visual (pada bayi) dan fungsi retina (pada anak-anak dan orang dewasa).

Orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 dalam makanannya mungkin memiliki peningkatan risiko retinopati diabetik, degenerasi makula terkait usia, dan sindrom mata kering.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asam lemak omega-3 dalam telur ikan membantu mengurangi pembekuan darah dan peradangan dalam tubuh dan juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Berapa Tekanan Darah Normal pada Anak?

Jenis-Jenis Telur Ikan

tipe-telur-ikan.jpg

Foto: lazada.com.ph

Ada banyak jenis telur ikan seperti halnya ikan, dan Moms mungkin akan melihatnya dijual dengan nama yang berbeda di pasar ikan atau toko bahan makanan.

Di bawah ini jenis-jenis telur ikan yang biasa ditemui:

1. Kaviar

Biasanya dibuat secara eksklusif dari telur ikan sturgeon, telur ini diawetkan dan kemudian ditempatkan dalam kaleng untuk penuaan dan penyimpanan.

Di Amerika Utara, istilah "kaviar" hanya digunakan untuk menyebut telur yang berasal dari ikan sturgeon.

Namun di Eropa, kata tersebut mungkin menggambarkan telur ikan dari sumber lain.

Ada berbagai jenis kaviar yang berasal dari berbagai jenis sturgeon, seperti ossetra, beluga, sevruga, dan kaviar Siberia.

2. Telur Ikan (Roe)

Sebutan telur ikan betina, telur roe bisa berasal dari berbagai jenis ikan.

Antara lain trout, whitefish, salmon, atau bahkan gurame dan kerang. Telur ikan dapat bervariasi dalam ukuran, tekstur, dan warna.

Karena ada banyak jenis telur ikan yang berbeda, maka harga produknya juga berbeda-beda.

Baca Juga: Amankah Ibu Hamil Makan Telur Ikan?

Tips Mengolah dan Menyimpan Telur Ikan

tips-mengolah-dan-menyimpan-telur-ikanjpg

Foto: fineartamerica.com

Dalam mengolah telur ikan yang mengandung asam lemak omega-3, sebaiknya Moms perlu berhati-hati agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak hancur.

Ada beberapa cara untuk mengolahnya, seperti:

  • Jadikan toping pada sushi.
  • Olah dengan sedikit minyak dan tambahan bumbu (rosemary atau oregano)
  • Gunakan api kecil untuk memasak telur ikan
  • Rebus hingga matang. Tambahkan ke dalam sup hangat
  • Simpan di bagian terdingin di lemari es
  • Simpan telur ikan di atas es untuk mencegah pemanasan
  • Ketika hendak menyajikan kaviar (atau telur ikan lainnya), gunakan sendok yang tidak terbuat dari logam

Baca Juga: 3 Resep Sushi yang Wajib Dicoba di Rumah, Mudah!

Efek Samping Mengonsumsi Telur Ikan

efek-samping-mengonsumsi-telur-ikan.jpg

Foto: steemit.com

Meski kaya akan nutrisi dan dapat diolah menjadi ragam hidangan menggugah selera, Moms juga perlu waspada terhadap efek samping yang mungkin muncul akibat mengonsumsi telur ikan.

Berikut di antaranya:

1. Alergi

Meski Ikan merupakan makanan bergizi, namun ikan juga memiliki potensi alergi cukup tinggi.

Begitu juga dengan telur ikan yang dapat memicu hal yang sama. Untuk itu, Moms juga perlu hati-hati saat mengonsumsi telur ikan.

Pastikan Moms sudah melakukan tes alergi untuk memastikan tidak ada reaksi alergi muncul terhadap telur ikan.

Terkadang, alergi ini dapat terjadi tiba-tiba sehingga Moms perlu waspada.

Apabila Moms mengalami gejala, seperti gatal-gatal, ruam kulit, kesulitan bernapas, sakit kepala, hidung tersumbat, atau mual setelah mengonsumsi telur ikan, konsultasikan ke dokter segera.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Alergi Makanan Pada Anak

2. Gangguan Kesehatan

Telur ikan relatif tinggi kolesterol dan tinggi natrium, yang keduanya dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Telur ikan juga tinggi purin, yang menjadi masalah jika Moms rentan terhadap penyakit asam urat.

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat telur ikan untuk kesehatan.

Jangan lupa untuk memerhatikan teknik memasak dan menyimpannya agar kandungan nutrisi dalam telur ikan tetap utuh ya, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait