Kesehatan

KESEHATAN
16 Oktober 2020

3 Tempat Deteksi Kanker Payudara di Bandung

Dimana sajakah tempat yang bisa Moms kunjungi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Selain kanker serviks, kanker lainnya yang berbahaya untuk para wanita dan memiliki risiko tinggi untuk mengakibatkan kematian adalah kanker payudara.

Berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2018, diperkirakan angka kejadiannya di Indonesia adalah 12/100.000 wanita.

Baca Juga: Begini 3 Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Berdasarkan data tersebut, di Indonesia, lebih dari 80% kasus ditemukan berada pada stadium yang lanjut, di mana upaya pengobatan sulit dilakukan.

Oleh karena itu perlu pemahaman tentang upaya pencegahan, diagnosis dini, pengobatan kuratif maupun paliatif serta upaya rehabilitasi yang baik, agar pelayanan pada penderita dapat dilakukan secara optimal.

Salah satu cara pencegahan yang bisa Moms lakukan adalah mendeteksinya kanker payudara sejak dini. Moms bisa melakukannya melalui serangkaian pemeriksaan yang tersedia di rumah sakit atau pun klinik tertentu.

Pemeriksaan ini biasa disebut juga dengan USG payudara, namun untuk pemeriksaan yang lebih lengkap disebut sebagai tes mammografi.

Mammografi adalah prosedur pemeriksaan dengan menggunakan sinar-X atau rontgen dosis rendah untuk mengambil gambar jaringan payudara.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi adanya pertumbuhan atau perubahan abnormal pada jaringan payudara, termasuk untuk mengetahui keberadaan kanker.

Bila Moms tinggal di Bandung dan ingin melakukan pemeriksaan kanker payudara, berikut daftar tempat yang bisa Moms kunjungi.

Tempat Deteksi Kanker Payudara di Bandung

Berikut ini tempat di Bandung yang menyediakan jasa pemeriksaan kanker payudara yang bisa Moms kunjungi.

1. Rumah Sakit Immanuel Bandung

tempat deteksi kanker payudara bandung

Foto: rsimmanuel.com

Di Rumah Sakit Immanuel Bandung, Moms bisa melakukan USG mammae untuk deteksi kanker payudara. Ini adalah prosedur pemeriksaan payudara dengan bantuan gelombang suara.

Baca Juga: Benarkah Kontrasepsi Hormonal Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Untuk biaya pemeriksaan USG mammae mulai dari Rp379.000. Namun berdasarkan informasi dari Instagram @rsimmanuelbdg, rumah sakit ini sedang memberikan potongan harga untuk pemeriksaan USG dari tanggal 5-31 Oktober 2020, termasuk USG payudara, Moms.

Lokasi: Jl. Raya Kopo No.161, Situsaeur, Kec. Bojongloa Kidul, Bandung, (022) 5201656

2. Laboratorium Klinik Prodia Bandung

tempat deteksi kanker payudara

Foto: alodokter.com

Moms bisa juga mendatangi Laboratorium Klinik Prodia Bandung untuk melakukan deteksi kanker payudara.

Di sini, untuk pemeriksaan kanker payudara biaya yang harus Moms keluarkan mulai dari Rp528.000.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan kanker payudara di Prodia Bandung, Moms bisa menghubungi langsung melalui media sosial Instagram Prodia di @prodia_lab atau kunjungi Laboratorium Prodia langsung.

Lokasi: Jl. Wastukencana No. 38, Bandung, (022) 4231362

3. Klinik Utama Elim

tempat deteksi kanker payudara

Foto: alodokter.com

Moms juga bisa mengunjungi Klinik Utama Elim. Di klinik ini, Moms bisa mengambil USG Mammae untuk pemeriksaan kanker payudara, mulai dari Rp460.000.

Baca Juga: Sakit Leher Bisa Jadi Tanda Kanker? Ini Alasannya

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Moms bisa mengunjungi Instagram-nya di @klinikutamaelim190 atau langsung datang ke klinik.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.190, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Bandung, (022) 6029696

Itu dia Moms beberapa tempat di Bandung yang menerima pemeriksaan kanker payudara. Segera lakukan deteksi kanker payudara sebagai tindakan pencegahan.

Artikel Terkait