Jalan-jalan

31 Juli 2021

7 Tempat Wisata Lampung yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

Ada beberapa tempat pilihan wisata Lampung yang wajib Moms dan keluarga kunjungi nih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Jika selama ini Moms dan keluarga belum pernah mengunjungi wisata Lampung, maka bahasan kali ini sangat tepat untuk memperkaya informasi seputar wisata di Indonesia.

Indonesia memiliki keragaman tempat wisata, yang datang dari berbagai wilayah. Moms mungkin sudah mengetahui beberapa tempat wisata yang sudah banyak dikunjungi, seperti di Bali, Yogyakarta, Malang, dan lain sebagainya.

Nah, apabila Moms ingin pergi ke lokasi wisata yang tidak biasa, coba lakukan wisata Lampung. Jarang diketahui, tetapi ternyata ada banyak tempat rekreasi dan kuliner di Bandar Lampung, baik itu tempat wisata di Lampung Tengah, Lampung Timur dan wilayah lainnya.

Berikut ini rekomendasi wisata Lampung yang bisa Moms dan keluarga kunjungi suatu hari nanti, ya!

Rekomendasi Tempat Wisata Lampung

Berikut ini beberapa daftar tempat wisata Lampung yang menarik dan bisa menjadi pilihan keluarga, yaitu:

1. Taman Nasional Way Kambas

wisata Lampung-1.jpg

Foto: instagram.com/jalan2menofficial

Berbicara tentang wisata Lampung, tidak lengkap tanpa menyebutkan taman nasional satu ini. Taman Nasional Way Kambas adalah destinasi wisata Lampung yang paling terkenal. Ini merupakan taman suaka alam yang berlokasi di Lampung Timur.

Dilansir dari laman resmi Taman Nasional Way Kambas, Moms dan keluarga bisa mengunjungi Pusat Latihan Gajah (PLG) dan menikmati resort di Way Kanan sebagai pilihan wisatanya.

Beberapa jenis pilihan atraksi wisata alam dengan obyek utama gajah yang dapat dinikmati di PLG, yaitu jungle tracking atau safari night. Moms dan keluarga dapat menyusuri lokasi PLG Way Kambas dan sekitarnya dengan menunggang gajah.

Moms juga dapat menikmati atraksi gajah, dengan melihat berbagai keahlian gajah Sumatera seperti joget, parade, menendang bola, melangkahi deretan manusia yang terbaring, dan sebagainya.

Sementara itu, beberapa pilihan wisata resort di Way Kanan, yaitu pengamatan burung (birdwatching). Adanya jenis burung langka, seperti jenis mentok rimba (Cairina scutulata), beberapa jenis burung rangkong, elang, dan banyak jenis burung lainnya, menjadi daya tarik utama kawasan ini.

Terdapat beberapa faktor pendukung lainnya untuk menikmati wisata resort di Way Kanan, seperti dermaga dan sarana transportasi air, jungle track dengan sarana interpretasi yang memadai. Terdapat juga fasilitasi penginapan, kafetaria, dan lainnya.

Nah, apakah Moms tertarik untuk mengunjungi wisata Lampung yang terkenal ini?

Taman Wisata Way Kambas terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Taman Wisata Way Kambas buka dari jam 08.00-18.00 WIB, dan jika ingin mendatanginya, Moms bisa membeli tiket masuk sebesar Rp7.000 saja.

Baca Juga: 4 Pilihan Wisata Edukasi Bersama Anak untuk Liburan Tahun Baru

2. Taman Wisata Lembah Hijau Lampung

wisata Lampung-2.jpg

Foto: instagram.com/tamanwisatalembahhijaulampung

Rekomendasi wisata Lampung berikutnya sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama anak-anak, lho, Moms.

Taman Wisata Lembah Hijau adalah wisata buatan di Lampung paling terkenal.

Tidak hanya sebagai taman rekreasi, tempat wisata Lampung ini juga ada tempat rekreasi air, dan kebun binatang kecil.

Nah, sebenarnya Lembah Hijau Lampung ini dibagi menjadi 2 tempat wisata yang bisa dipilih, yaitu Taman Wisata dan Taman Satwa.

Taman Wisata menjadi daya tarik utama bagi pengunjung Lembah Hijau Lampung. Selain dapat menikmati panorma alam dan objek wisata alami, Moms dapat mencoba berbagai macam wahana.

Beberapa pilihan wahananya, yaitu children playground, outbound kids, outbound training center, paint ball, dan air soft guns.

Waterboom Lembah Hijau Lampung juga menjadi area wisata yang terkenal di Lampung. Setidaknya, terdapat pilihan 5 kolam beserta dengan fasilitas wahana di setiap kolamnya.

Nah, Taman Satwa juga patut Moms dan keluarga kunjungi saat berada di Lembah Hijau Lampung. Taman Satwa ini menjadi area yang bernilai edukatif dan tetap terasa nyaman.

Kelebihannya lainnya, Taman Satwa dikelilingi oleh suasana alam yang masih terjaga dengan baik.

Moms dan keluarga bisa menyaksikan binatang khas Lampung, yaitu Gajah Lampung. Tidak hanya itu, ada beberapa hewan yang bisa Moms saksikan, seperti beruang, orang utan, buaya, banteng, dan beberapa jenis unggas.

Taman Wisata Lembah Hijau berlokasi di Jl. Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung, Karang Barat, Lampung. Tempat wisata ini buka dari jam 07.15-18.00 WIB, dengan harga tiket Rp10.000.

Baca Juga: 5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba!

3. Pantai Pasir Putih

wisata Lampung-3.jpg

Foto: instagram.com/ummu_arkan

Lokasi wilayah Lampung banyak berdekatan dengan garis pantai, sehingga terdapat banyak pilihan pantai sebagai wisata Lampung terbaik. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih.

Seperti namanya, Pantai Pasir Putih ini memberikan keindahan hamparan pasir yang putih, dilengkapi berbagai panorama indah lainnya.

Deretan pohon Waru di sepanjang garis pantai akan menambah kenyamanan saat ingin bersantai di pantai. Moms cukup membayar Rp20.000 untuk masuk ke pantai ini.

Selain itu, daya tarik dari Pantai Pasir Putih ini karena memiliki dua pulau yang bisa dijelajah, yaitu Pulau Condong dan Pulau Bule.

Jika Moms tertarik untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut, cukup dengan menyewa perahu nelayan.

Adapun biaya yang dikeluarkan untuk menyeberang pulau, yaitu Rp15.000-25.000 per orang atau Rp150.000-250.000 per perahu. Satu perahu kira-kira dapat menampung sekitar 10 orang.

Baca Juga: 5 Tips Liburan ke Pantai Bersama Balita Tetap Aman dan Menyenangkan

4. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang.jpg

Foto: andalastourism.com

Masih berhubungan dengan wisata laut, Moms dapat berkunjung ke Pulau Pahawang. Nah, wisata Lampung satu ini sangat cocok dikunjungi untuk Moms dan pasangan yang ingin berlibur berdua saja.

Pulau Pahawang menawarkan pesona laut yang indah, yang memiliki hutan mangrove, pantai pasir putih, dan tentunya Moms dapat menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

Ada beberapa kegiatan seru yang dapat Moms lakukan selama di Pulau Pahawang, seperti berenang atau bersantai di pantai, banana boat, hingga snorkeling.

Bisa dikatakan, Pulau Pahawang menjadi kepulauan dengan ekosistem alam dan bawah laut yang memanjakan mata.

Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Moms dapat menginap di Pulau Pahawang dengan menyewa homestay dalam kisaran harga tertentu.

Nah, untuk melakukan perjalanan ke Pulau Pahawang memang cukup panjang, namun akan sebanding dengan pesona alam yang ditawarkan.

Jadi, rasanya Moms tidak akan menyesal menempuh perjalanan yang panjang menuju Pulau Pahawang.

Moms harus menggunakan kendaraan menuju ke Pelabuhan Merak dan naik kapal ferry ke Lampung. Kemudian, Moms harus menuju ke Pelabuhan Ketapang, dan naik kapal menuju Pulau Pahawang.

Baca Juga: 5 Pulau Cantik Dekat Jakarta yang Layak Jadi Alternatif untuk Berlibur

5. Air Terjun Putri Malu

wisata Lampung-4.jpg

Foto: instagram.com/ahi_zadli

Ingin mencoba tempat wisata yang baru dan unik? Nah, bagi Moms dan keluarga yang ingin mencari kesejukan saat wisata Lampung, maka tempat wisata Air Terjun Putri Malu ini bisa dijadikan rekomendasi tempat liburan menarik.

Namun, apabila Moms punya anak yang masih berusia kecil, sebaiknya pertimbangkan sebelum mengajaknya ke wisata Lampung satu ini. Sebab, jarak trekking dari area parkiran menuju Air Terjun Putri Malu sekitar 7,5 kilometer.

Sepanjang jalur trekking, Moms dapat menikmati berbagai panorama dan pesona alam yang dapat diabadikan melalui foto.

Sesampainya di Air Terjun Putri Malu, tentu saja keseruan yang bisa dilakukan, yaitu bermain air atau mandi di kolam.

Air terjun ini memiliki kolam utama yang tidak begitu dalam, namun sebaiknya selalu berhati-hati, ya, Moms. Air Terjun Putri Malu terletak di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Disebut Putri Malu karena tetes air yang jatuh pada air terjun tersebut berbentuk melengkung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi.

Air Terjun Putri Malu ini terletak di kampung Juku Batu, Kecamatan Banjut, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Tempat wisata ini buka dari jam 06.00-18.00 WIB, untuk bisa masuk ke lokasi ini Moms diharuskan membayar harga tiket masuk sebesar Rp10.000.

Baca Juga: Yuk Ajak Si Kecil Liburan ke 13 Tempat Wisata di Bali Ini!

6. Puncak Mas

Puncak Mas.jpg

Foto: nativeindonesia.com

Ingin berkunjung ke tempat wisata Lampung yang instagramable? Nah, Moms dapat mengunjungi Puncak Mas. Lokasinya berada di sebuah bukit, dengan taman yang didesain menarik.

Daya tarik utamanya adalah taman yang luas dengan konsep kekinian. Moms dapat menikmati 3 pesona Lampung, yaitu Teluk Lampung, pusat kota Lampung, dan pemandangan bukit yang menarik.

Selain itu, berbagai sudut areanya juga dapat dijadikan konten yang terlihat kekinian, lho, Moms. Daya tarik wisata Lampung ini juga cocok bagi Moms yang suka foto-foto.

Ada juga wahana yang akan membuat Moms dan keluarga tertarik pergi ke Puncak Mas Lampung, yaitu wahana sepeda gantung atau disebut juga zipe bike.

Kenyamanan tempat wisata ini juga dilengkapi dengan tempat penginapan. Sangat menarik untuk dicoba, bukan?

Puncak Mas Lampung ini buka setiap hari. Alamatnya berada di Jl. H. Hamim RJP, Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Tiket masuk untuk ke Puncak Mas Lampung Rp20.000 per orang. Namun, harga ini di luar dari tiket parkir.

7. Waterpark Citra Garden

wisata Lampung-5.jpg

Foto: citra-lampung.blogspot.com

Kalau Moms hendak mencari lokasi wisata Lampung yang ramah anak, bisa dengan mengunjungi Waterpark Citra Garden.

Tempat wisata satu ini merupakan lokasi rekreasi air favorit saat berlibur.

Keunikan dari tempat wisata air ini, yaitu bertemakan bajak laut. Moms juga tidak perlu khawatir karena setiap wahana di dalamnya cukup bersahabat dengan anak kecil, penuh warna-warni yang akan menarik perhatian Si Kecil.

Tentunya bermain di Waterpark Citra Garden akan menambah keriangan anak saat berlibur, ya!

Waterpark Citra Garden bertempat di Jl. Dokter Setia Budi, Olok Gading Teluk Betung.

Biaya tiket masuk ke Waterpark Citra Garden, yaitu Rp30.000 per orang (hari biasa), Rp40.000 per orang (hari Sabtu, Minggu, dan hari libur).

Sementara itu, untuk menyewa loker akan dikenakan biaya Rp10.000.

Tempat ini buka dari hari Rabu-Jumat pada 14.00 hingga 18.00 WIB, dan buka lebih pagi di hari libur.

Nah, itulah pembahasan tentang beberapa pilihan rekomendasi lokasi wisata Lampung yang menarik dan patut dikunjungi saat berada di sana. Selamat berlibur bersama keluarga, ya, Moms!

  • https://waykambas.org/pusat-latihan-gajah-plg/ https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-putri-malu/
  • https://www.nativeindonesia.com/lembah-hijau-lampung/
  • https://www.andalastourism.com/pantai-pasir-putih-lampung
  • https://www.backpackerlampung.com/backpacker-lampung-cantiknya-air-terjun-putri-malu-way-kanan/
  • https://www.lampung.co/blog/waterpark-citra-garden-lampung-bermain-air-bersama-keluarga-yang-nyaman/
  • https://travel.kompas.com/read/2020/10/27/194000127/25-tempat-wisata-alam-lampung-yang-wajib-dikunjungi?page=all

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait