Jalan-jalan

23 September 2021

6 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Labuan Bajo masuk ke dalam wisata paling indah di Indonesia yang harus jadi agenda liburan, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Debora

Ada begitu banyak tempat wisata paling indah di Indonesia yang wajib Moms kunjungi bersama keluarga.

Perlu dipahami, Indonesia adalah negara dengan 18.110 pulau, 6.000 di antaranya berpenghuni, memiliki populasi sekitar 240 juta orang berasal dari 300 kelompok etnis yang berbicara lebih dari 250 bahasa yang berbeda.

Namun, ketika berbicara tempat wisata paling indah di Indonesia, beberapa orang langsung menyebutkan nama Bali.

Bali mendapatkan penghargaan sebagai kategori destinasi terpopuler oleh Tripadvisor Traveler’s Choice Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Tripadvisor.

Sehingga, tidak heran orang-orang selalu menyebut Bali sebagai rekomendasi tempat wisata paling indah di Indonesia.

Hanya saja bagi Moms dan Dads yang pernah mengunjungi Bali tentu ingin mencoba tempat wisata paling indah di Indonesia lainnya, bukan?

Simak ulasan berikut ini mengenai tempat wisata paling indah di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia

Selalu digadang-gadang sebagai negara yang indah untuk dikunjungi, berikut ini beberapa tempat wisata paling indah di Indonesia yang bisa masuk ke agenda liburan Moms dan Dads:

1. Bali

Bali.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun sering disebut namanya, Bali tetap menjadi tujuan wisata terfavorit di Indonesia.

Dikenal juga dengan sebutan pulau Dewata, suasana tropisnya yang mempesona akan langsung menyambut Moms dan Dads begitu menginjakkan kaki di pulau ini.

Pantai-pantai yang masih asli, gunung-gunung yang megah, kuil-kuil yang suci, seni yang begitu indah, berbagai kuliner yang lezat, dan masih banyak permata tersembunyi lainnya menunggu di Bali.

Ada beberapa tempat populer yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, seperti Hutan Monyet Ubud, Pura Uluwatu, atau Pantai Kuta.

Namun, Moms juga bisa pergi ke Pura Tirta Empul, yaitu sebuah pura air Hindu Bali yang terletak dekat dengan kota Tampaksiring, Gianyar, Bali.

Kompleks candi terdiri dari bangunan pemandian atau yang oleh penduduk setempat disebut juga petirtaan, berasal dari akar kata tirta yang berarti air suci.

Umat ​​Hindu Bali sering mengunjungi tempat ini untuk ritual penyucian, karena diyakini tempat pemandian ini mengalirkan mata air suci.

Jika mencari tempat yang lebih indah untuk berfoto, Tanah Lot akan menjadi pilihan yang sempurna.

Secara harfiah berarti “tanah di atas laut”, Tanah Lot menghadirkan citra pura Bali (pura) yang berdiri tinggi di atas batu karang, menghadap ke laut lepas yang luas dengan deburan ombak dan latar belakang warna sinematik langit.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Boyolali yang Punya Pesona Alam Indah

2. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat, Papua Barat

Foto: Orami Photo Stock

Pecinta wisata bahari dan akuatik pasti tidak asing dengan destinasi yang satu ini.

Bisa dibilang ini adalah surge murni yang terletak di Papua Barat.

Secara harfiah berarti Empat Raja, Raja Ampat adalah sebuah kepulauan yang terdiri lebih dari 1.500 pulau kecil, ngarai, yang mengelilingi empat pulau utama yaitu Waigeo, Batanta, Salwati, dan Misool.

Bagi pecinta bawah laut, tempat wisata paling indah seperti Raja Ampat menawarkan beberapa pengalaman bahari terbaik di dunia.

Wilayah Kepulauan Raja Ampat yang mencakup 9,8 juta hektar daratan dan lautan, merupakan rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang, dan 700 jenis moluska.

Ini menjadikannya habitat perairan paling beragam untuk terumbu karang dan biota bawah laut dunia.

Selain menjelajahi permukaan air, Moms dan Dads juga bisa menyelam lebih dalam dan menyelami alam bawah laut dunia lain.

Tentunya, ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan juga untuk Si Kecil.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Cirebon yang Seru!

3. Labuan Bajo

Labuan Bajo

Foto: Orami Photo Stock

Labuan Bajo sebenarnya adalah sebuah tempat pemancingan ikan kecil yang terletak di ujung paling barat Pulau Flores.

Kini, seiring dengan popularitas Taman Nasional Komodo, destinasi ini telah menjadi perwakilan dari banyak destinasi di Nusa Tenggara Timur juga tempat wisata paling indah di Indonesia.

Berada dalam kelompok yang sama dengan banyak destinasi lain di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo selalu menjadi tempat memulai, karena di situlah pelabuhan dan bandara berada.

Tempat ini menawarkan berbagai keseruan seperti Gua Batu Cermin, Perbukitan Amelia, Gua Rangko, dan air terjun ngarai Cunca Wulang, semuanya menawarkan pemandangan spektakuler yang akan membuat Moms sekeluarga terkejut.

Masuki zona Taman Nasional Komodo lebih dalam dan Moms akan menemukan Pantai Pink di Pulau Komodo, salah satu dari tujuh pantai merah muda di seluruh planet ini.

Kagumi pemandangan indah dunia lain dan ambil banyak gambar atau bidikan drone sambil menikmati tekstur halus pasir merah muda dan angin laut yang sejuk.

Mereka yang ingin mempelajari budaya baru dan menemukan filosofi yang mengubah hidup juga dapat mengunjungi Desa Wae Rebo, sebuah desa kecil dan terpencil di atas dataran tinggi di Pulau Flores.

Tempat ini memiliki struktur perumahan unik yang disebut Mbaru Niang dan telah menerima Top Award of Excellence dari UNESCO dalam Penghargaan Warisan Warisan Asia Pasifik UNESCO 2012.

Baca Juga: 15+ Destinasi Wisata Garut yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga, Seru Banget!

4. Bintan

Bintan.jpg

Foto: travelingyuk.com

Kenyamanan dan petualangan belum pernah menyatu secara harmonis dengan banyak keseruan seperti di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebagai pulau terbesar di Kepulauan Riau, Bintan adalah salah satu tujuan yang paling disukai bagi mereka yang mencari kesenangan dari resor mewah, lapangan golf kelas dunia, dan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Jika lebih condong ke sisi petualang, Moms dan keluarga dapat mencoba menjelajahi Padang Pasir Busung yang penuh teka-teki, kapal MV Doulos Phos yang terbengkalai, atau Danau Biru Kawal.

Jika Moms mencari kemewahan, cobalah menginap di Trikora Beach Club and Resort, The Sanchaya, atau Natra Bintan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jakarta untuk Wisata Edukasi

5. Danau Toba

Danau Toba

Foto: Orami Photo Stock

Terdiri dari area seluas 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip laut daripada danau.

Namun, karena merupakan kawah purba yang terbentuk dari letusan gunung berapi ribuan tahun yang lalu, yang kemudian dianggap sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Di tengah danau terdapat Pulau Samosir, pulau tempat tinggal suku Tomok dan Simanindo.

Temukan pelajaran dan filosofi berharga dari tradisi mereka, seperti Tarian Tradisional Tor-Tor, Wayang Kayu Sigale-Gale, pakaian tenun ulos, dan banyak lagi.

Mereka yang suka berpetualang bisa mencoba berkayak di sekitar danau dan melihat pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di atas kapal.

Baca Juga: 3 Wisata Selfie Kekinian yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

6. Lombok

Lombok.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tempat wisata paling indah di Indonesia yang juga populer karena pantainya yang indah, Gunung Rinjani yang megah, dan kehidupan laut yang luar biasa untuk dijelajahi adalah Lombok.

Wisata Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat memiliki kegembiraan tanpa batas bagi mereka yang mencari pesona tropis.

Para pencari adrenalin seperti Dads dapat menantang diri mereka sendiri dengan trekking ke puncak Gunung Rinjani atau menyewa sepeda dan bersepeda melewati persawahan Tetebatu yang rimbun.

Pencari budaya dapat mengunjungi desa tradisional Sade dan Rambitan dan berinteraksi dengan penduduk lokal suku Sasak untuk merasakan kehidupan sehari-hari mereka.

Bagi mereka yang memimpikan ombak yang berlari, Moms dan Dads dapat mengunjungi Mandalika yang memiliki keindahan pantai seluas 1.250 hektar.

Terletak di bagian selatan Lombok, Mandalika saat ini muncul sebagai resor yang luar biasa dengan banyak sorotan seperti pantai yang indah, hotel kelas atas, taman hiburan yang luar biasa, dan Sirkuit Jalanan Mandalika kelas dunia.

Semakin banyak alasan untuk memasukkan ini ke dalam rencana perjalanan.

Itulah beberapa tempat wisata paling indah di Indonesia yang bisa masuk ke dalam rencana liburan Moms bersama dengan keluarga.

Jangan lupa susun rencana terperinci agar tidak meninggalkan berbagai atraksi dalam tempat yang dikunjungi!

  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/keindahan-alam-indonesia-yang-mendunia-acc/19116
  • https://www.tripadvisor.co.id/Tourism-g294225-Indonesia-Vacations.html
  • https://www.tripadvisor.com/TravelersChoice-ThingsToDo-cTopOverall-g1
  • https://www.indonesia.travel/uk/en/trip-ideas/top-9-most-favourite-places-for-your-2021-travel-bucket-list-in-indonesia
  • https://www.indonesia.travel/gb/en/destinations
  • https://www.orami.co.id/magazine/ranu-manduro-wisata-alam-indonesia-yang-indah/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait