Bayi

BAYI
2 Maret 2020

Ini Pentingnya Terapi Wicara pada Anak dengan Langit dan Bibir Sumbing

Penanganan yang tepat dapat membuat Si Kecil bisa berkomunikasi dengan baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Anak dengan kondisi langit dan bibir sumbing perlu mendapatkan perawatan yang tepat, untuk mengembalikan fungsi estetika dan wicara, sehingga dapat berbicara dan berkomunikasi dengan baik.

Pada situs Nationwide Children's Hospital, perawatan untuk anak dengan kondisi ini tidak berakhir dengan perbaikan operasi. Tetapi butuh perawatan lain, salah satunya terapi wicara pada anak dengan langit dan bibir sumbing.

"Kasus langit dan bibir sumbing adalah kasus yang dianggap kompleks. Feeding problem dan bicara adalah masalah utama. Biasanya, terjadi saat anak lahir dan pasca operasi," jelas Rita Rahmawati, S.Pd, SST.TW, M.P.H, terapis wicara di acara 'Smile Train Media Gathering: Perawatan Komprehensif Operasi Bibir dan/atau Langit Sumbing' pada Kamis (30/1) di Hotel Mercure Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Karena itu, Rita lebih lanjut menjelaskan bahwa untuk penanganan gangguan komunikasi pada anak dengan langit dan bibir sumbing, perlu teknik pendekatan yang tepat.

Baca Juga: Alasan Balita Terlambat Bicara, Bisa dari Anak Maupun Orang Tua!

Masalah Bicara pada Anak dengan Langit dan Bibir Sumbing

terapi wicara pada anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Untuk masalah bicara pada anak dengan langit dan bibir sumbing, Rita menjelaskan bahwa kondisi ini bisa menyebabkan Si Kecil mudah mengalami hambatan dalam komunikasi.

"Apabila masalah bicara ini tidak diatasi, maka dapat berkembang menjadi masalah perilaku," kata Rita.

Sehingga, penting untuk melakukan terapi wicara pada anak sebagai salah satu bentuk penanganan yang tepat.

Beberapa bentuk masalah perilaku yang dapat terjadi yaitu seperti sifat mudah marah, sikap tidak tenang, terlalu aktif, pemalu, mudah menangis (cengeng), dan sangat sensitif.

Dalam Indian Journal of Plastic Surgery, terapi wicara tidak hanya fokus pada terapi tatap muka langsung, tetapi juga pada program pencegahan dini yang akan mengurangi gangguan komunikasi pada anak dengan langit dan bibir sumbing.

Baca Juga: 4 Tanda Autisme pada Anak, Salah Satunya Terlambat Bicara

Terapi Wicara pada Anak Tak Sekadar Bantu Ia Berbicara dengan Baik

terapi wicara pada anak-2

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Rita, terapi wicara pada anak tidak hanya membantu agar dapat berbicara dengan baik, tetapi mengatasi masalah lain seperti feeding problem, masalah artikulasi, bahasa, dan suara.

Termasuk juga dengan kemampuan jumlah perbendaharaan kata yang harus dikuasai oleh anak pada usia tertentu. Jika angkanya kurang, maka sudah termasuk dalam speech delay.

"Bila jumlah perbendarahaan kata anak kurang, ini berarti merupakan speech delay, anak harus mengejar jumlah kata sesuai usia perkembangannya. Karena perkembangan kognitif didasari dari bahasa. Bila bahasanya kurang baik, maka kognitifnya juga buruk," jelas Rita.

Melansir Kids Health, disebutkan bahwa terapi wicara adalah perawatan untuk anak-anak dengan gangguan bicara dan/atau bahasa. Gangguan bahasa ini mengacu pada masalah sulit memahami atau menyatukan kata-kata untuk menyampaikan ide.

Gangguan bahasa dapat bersifat reseptif (sulit memahami atau memroses bahasa) atau ekspresif (masalah dengan menyatukan kata-kata, kosakata terbatas).

Baca Juga: Dapat Sebabkan Speech Delay, Begini Cara Nycta Gina Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

Anak dengan Langit dan Bibir Sumbing Bisa 'Normal' 100 Persen

terapi wicara pada anak-3

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya menjelaskan tentang pentingnya terapi wicara pada anak dengan langit dan bibir sumbing, Rita juga berpesan bahwa anak dengan kondisi ini dapat 'normal' bahkan hingga 100 persen.

Rita juga memberikan beberapa tips bagi orang tua yang memiliki anak dengan kondisi langit dan bibir sumbing.

"Cari tahu kelainan bibir sumbing seperti apa yang dimiliki anak dan bagaimana penanganannya dari sumber yang tepat. Sehingga orang tua tidak merasa down dan cemas," jelasnya.

Selain itu, Rita juga menjelaskan pentingnya support system untuk para orang tua dengan anak kondisi langit dan bibir sumbing, agar mereka merasa tidak sendirian berjuang.

Artikel Terkait