Kesehatan

KESEHATAN
14 Januari 2018

Termasuk Mudah Gemuk? Bisa Jadi Karena 5 Faktor Ini

Penyebab gemuk yang mungkin tidak Moms sadari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Tubuh gemuk seolah menjadi momok yang menakutkan bagi semua wanita. Moms tentu ingin selalu tampil seksi dengan tubuh ideal.

Setelah melahirkan, tidak sedikit para wanita mengeluhkan tubuhnya tidak seramping dulu. Faktor penyebab gemuk bukan hanya karena efek melahirkan atau kebiasaan makan diluar batas. Masih banyak sebab lainnya. Berikut diantaranya.

1. Metabolisme

shutterstock 165782102

Apakah Moms pernah melihat orang yang porsi makannya jauh lebih banyak dari Moms tapi postur tubuhnya selalu stabil bahkan lebih kurus dari Moms? Pasti Moms sangat iri melihatnya.

Perlu Moms ketahui, sistem metabolisme tubuh setiap orang berbeda-beda Moms. Semakin cepat proses metabolisme seseorang, semakin cepat juga tubuh memproses asupan makanan yang masuk menjadi energi.

Saat metabolisme melambat, dan tidak dibakar sempurna lewat olahraga biasanya akan menjadi penimbunan lemak yang menjadikan badan mudah gemuk.

2. Banyak Konsumsi Karbohidrat

shutterstock 313942742

Nasi yang merupakan sumber karbohidrat utama makanan Indonesia sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Rasanya belum terasa makan kalau belum mengkonsumsi nasi.

Karbohidrat yang masuk dalam tubuh akan diproses menjadi gula dan sumber tenaga. Semakin banyak kadar gula dalam tubuh, pankreas akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan insulin yang bisa memproduksi lemak di bagian tubuh tertentu.

Kalau tidak ingin badan mudah gemuk, Moms bisa mencari alternatif sumber karbohidrat yang rendah gula.

Baca Juga : Turun Berat Badan dengan Camilan

3. Kurang Aktivitas Fisik

shutterstock 663157918

Orang gemuk memang identik dengan cap pemalas dan kurang gerak. Jika Moms sudah punya berat badan yang ideal, jangan sekali-kali membiasakan duduk berlama-lama di depan televisi, atau lebih memilih naik lift daripada berjalan kaki.

Aktivitas fisik sangat baik untuk melatih jantung juga membakar kalori yang masuk dalam tubuh agar tidak terjadi penimbunan lemak.

4. Stres

shutterstock 227470285

Setiap orang punya cara masing-masing untuk meluapkan emosinya ketika sedang stres. Tapi bagaimana kalau Moms sering melampiaskan stres dengan makan?

Wah bisa-bisa semakin sering Moms merasa stres semakin tidak terkontrol pola makan Moms. Untuk meminimalkan, cobalah berlatih manajemen emosi juga alihkan perhatian Moms jika merasa selalu ingin makan.

5. Pola Diet yang Salah

shutterstock 101356558

Apakah Moms termasuk wanita yang sering mencoba metode diet yang sedang tren? Ternyata salah metode diet bisa jadi penyebab badan mudah gemuk lho Moms.

Ketika Moms mati-matian diet menahan nafsu makan, tanpa dilandasi oleh pola pikir sehat tentu suatu hari akan terlintas bahwa Moms ingin cheating, dan hari tersebut Moms menjadi kalap makan dengan porsi yang lebih besar dari sebelumnya.

Ini yang bisa menimbulkan efek yoyo, yaitu berat badan akan kembali seperti semula, bahkan lebih. Maka dari itu, jangan asal ikut-ikutan trend diet, konsultasikanlah metode diet yang seperti apa, yang cocok untuk Anda kepada ahli gizi atau specialis terapis untuk penurunan berat badan.

Apa Moms pernah mengalami kenaikan berat badan yang drastis? Usaha apa yang biasanya Moms lakukan untuk menurunkan berat badan? Yuk share pengalaman Moms di kolom komentar.

(LMF)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait