Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Dec 10, 2018

Ternyata 6 Kondisi Rambut Ini Cerminkan Kondisi Kesehatan Kita Lho!

Bagikan



Rambut adalah mahkota perempuan. Tidak heran banyak perempuan rela menghabiskan waktu dan uang untuk melakukan perawatan rambut.

Tapi tahukah Moms, kondisi rambut kita yang sebenarnya mencerminkan kondisi kesehatan kita secara keseluruhan?

Dikutip dari Everydayhealth.com, sebuah studi menemukan bahwa perubahan tampilan rambut, tekstur, ketebalan, hingga warna menandakan kondisi kesehatan tubuh kita. Seperti apa? Berikut penjelasannya.

Uban dan Stres

Bukan hanya karena bertambah tua, stres juga ternyata bisa membuat seseorang beruban.

Paradi Mirmirani, dokter spesialis kulit dari The Permanente Medical Group mengatakan bahwa stres oksidatif bisa berdampak pada sel yang memproduksi pigmen.

Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Serangan radikal bebas ini yang kemudian membuat banyak orang yang usianya cenderung masih muda tapi sudah dipenuhi uban.

Baca Juga : Ssst, Ternyata Ini 5 Rahasia Priyanka Chopra Miliki Rambut Indah dan Tebal!

Rambut Rapuh dan Sindrom Cushing

Rambut rapuh merupakan salah satu gejala sindrom Cushing. Sindrom Cushing merupakan penyakit yang disebabkan oleh peningkatan kadar hormon kortisol yang abnormal.

Mirmirani mengatakan, ciri lain dari sindrom Cushing adalah tekanan darah tinggi, mudah lelah, dan sakit di bagian punggung.

Jika Moms mengalami gejala-gejala tersebut, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Rambut Kering dan Menipis dan Penyakit Tiroid

Orang yang terkena penyakit tiroid yang disebut hypothyroidsm bisa menyadarinya lewat kerontokan rambut dan perubahan penampilan.

Hypothyroidsm artinya kelenjar tiorid Moms tidak bekerja dengan efektif.

Kondisi ini bisa bisa membuat perubahan penampilan teriutama dari rambut, kelelahan, tidak tahan dingin, nyeri sendi, nyeri otot, wajah bengkak, dan penambahan berat badan.

Rambut Rontok dan Anemia

Jika Moms menyadari adanya lebih banyak rambut rontok dari biasanya saat menyisir, bisa jadi tubuh Moms kekurangan zat besi atau anemia.

Moms harus segera melakukan pengecekan. Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi akan membantu rambut Moms tidak lagi rontok.

Rambut rontok juga bisa terjadi secara sementara saat ada perubahan kadar estrogen seperti setelah melahirkan atau saat berhenti mengonsumsi pil KB.

Baca Juga : 5 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

Rambut Menipis dan Kekurangan Protein

Protein adalah bahan penting untuk rambut. Jadi, jika Moms tidak mendapatkan asupan proteinyang cukup, rambut bisa saja rontok dan menipis. Jika hal itu terjadi, Moms harus mengonsumsi lebih banyak protein.

Serpihan Kuning dan Ketombe

Serpihan kuning atau putih pada rambut, bahu, dan bahkan alis merupakan tanda dari ketombe.

Kondisi ini bisa disembuhkan dengan shampo khusus atau pengobatan dari dokter. Ketombe dapat disebabkan oleh peradangan pada kulit kepala.

Itulah tanda-tanda rambut yang mencerminkan kondisi kesehatan kita. Setelah ini, Moms mungkin bisa meluangkan sedikit waktu untuk memperhatikan tanda-tanda pada rambut di atas. Selamat mencoba!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.