Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
22 Februari 2019

Ternyata Ini 3 Alasan Anak Sering Mengigau Saat Tidur

Yuk simak Moms, apa saja penyebab anak sering mengigau saat tidur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Walaupun dalam keadaan mata terpejam, terkadang anak sering berbicara sendiri saat tidur alias mengigau.

Biasanya, pada anak yang mengigau ditandai seperti berbicara sendiri, mengadu giginya, sampai tidak jarang Si Kecil berjalan tertidur.

Menurut National Sleep Foundation Amerika Serikat, mengigau lebih sering terjadi pada anak-anak, khususnya balita, dan akan menghilang dengan sendirinya pada usia di atas 7 tahun.

Tidak sedikit orangtua yang menganggap hal ini masalah sepele, padahal kenyataannya mengigau bisa menjadi tanda berbagai macam gangguan kesehatan. Yuk simak Moms, apa saja penyebab anak sering mengigau saat tidur.

1. Kelelahan Bermain

607208843 h

Masa bermain memang menjadi aktivitas paling disukai anak. Bermain juga dapat menstimulasi tumbuh kembang anak dengan baik dan menjadi pemicu interaksi dengan lingkungan di sekitarnya.

Namun, Moms harus memperhatikan porsi waktu bermainnya, jangan sampai terlalu lama yang dapat mengganggu masa tidur Si Kecil.

Tidurnya akan menjadi gelisah sampai mengigau. Hal ini disebabkan oleh rekaman alam bawah sadarnya dari aktivitas yang baru saja dilakukannya.

Jangan biarkan hal ini terus berlanjut ya Moms, karena bisa berdampak pada pola tidur anak yang kacau, bahkan saraf di dalam otaknya bisa perlahan rusak.

Baca Juga: Benarkah Wonder Weeks Pengaruhi Kualitas Tidur dan Pertumbuhan Bayi?

2. Menonton Film Seram

000cf3e4 642

Moms harus membatasi waktu menonton film di Televisi saat malam hari menjelang tidur. Apalagi yang ditonton adalah film-film yang mengerikan dan menakutkan.

Saat tidur, alam bawah sadarnya masih akan memproses apa yang dialami dan dilihatnya sebelum masa tidurnya. Dengan begitu, Si Kecil dapat bermimpi buruk dan mengigau saat tidur.

3. Stres

child upset stress school exams 1024x683

Jangan salah Moms, anak juga bisa mengalami yang namanya stres. Penyebab utamanya bisa datang dari tekanan yang dialaminya di sekolah, hubungan pertemanannya, atau situasi keluarga di rumah.

Hal ini bisa menurunkan kemampuan otak, seperti yang dijelaskan pada penelitian dalam jurnal Neuroendocrinology.

Menurunnya kemampuan otak untuk menghambat pelepasan dari neurotransmitter yang bertugas sebagai pergerakan tubuh, termasuk gerakan lidah dan mulut dalam pembentukan kalimat.

Baca Juga: Ini Manfaat Tidur Siang untuk Balita

Nah Moms, itulah 3 penyebab utama yang paling sering menyebabkan anak mengigau saat tidur. Moms harus membuat Si Kecil agar tidak ada kejadian atau perubahan besar yang terjadi sebelum tidur malamnya.

Moms bisa memeluk Si Kecil sebelum tidur agar kondisinya tetap tenang dan membuktikan kalau Moms selalu ada baginya.

(IRN)

Artikel Terkait