Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Sex & Relationship | Mar 15, 2018

Ternyata Ini 5 Alasan Ada Pasangan Menikah yang Tak Ingin Punya Anak

Bagikan


Memiliki keturunan (anak) adalah harapan dari setiap pasangan yang telah menikah. Anak menjadi alasan mereka dapat memperoleh kebahagian yang lebih dalam hubungan pernikahan mereka. Apakah Moms juga seperti itu?

Kadang-kadang pertanyaan “Kapan nih ada momongannya?” atau pernyataan mertua seperti “Mama sudah pengen gendong cucu nih.” mengikuti setiap pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki atau belum berencana untuk memiliki keturunan. 

Namun Moms, walaupun anak dianggap sebagai sumber kebahagiaan dalam berkeluarga, ada juga pasangan yang sudah menikah enggan atau tidak ingin memiliki anak.

Terlihat kurang wajar di mata masyarakat bahkan mereka (pasangan yang tidak ingin memiliki anak) dihakimi dan dianggap egois karena tidak mau memberikan kebahagiaan tambahan pada anggota keluarga lain.

Namun, apa sih sebenarnya alasan mereka tidak ingin memiliki anak?

1. Masa lalu

Masa lalu salah satu ataupun dari kedua belah pihak pasangan menjadi alasan mereka tidak ingin memiliki anak.

Pasangan tidak ingin pengalaman mereka tentang child maltreatment atau sexual harrasement dialami oleh anak-anak mereka nantinya.

Mereka juga tidak menginginkan mengulang kembali apa yang mungkin orang tua mereka telah lakukan terhadap mereka dulu.

2. Finansial

masalah finansial, pasangan tidak mau punya anak

Masalah finansial selalu menjadi momok dalam keluarga. Kondisi ekonomi yang kurang stabil menjadi salah satu alasan pasangan tidak ingin memiliki anak.

Tanggung jawab untuk biaya perawatan, pendidikan dan pemenuhan kebutuhan anak yang semakin hari semakin tinggi diakui tidak sanggup mereka lakukan.

Pasangan memilih untuk tidak memiliki anak daripada kelak harus menelantarkan anak-anak mereka jika tanggung jawab secara finansial tidak dapat dipenuhi.

Baca Juga : Jangan Katakan Ini Saat Berdebat dengan Pasangan

3. Health & Fertility Issues

Alasan lain pasangan tidak ingin memiliki anak adalah masalah kesehatan khususnya fertility issues.

Tidak semua orang diberkati dengan kondisi kesehatan yang baik maupun kemampuan fertility yang baik pula.

Kehamilan pada perempuan yang umumnya adalah hal yang wajar, pada sebagian orang berisiko kematian. Hal ini menjadi pertimbangan pasangan yang tidak ingin memiliki anak.

4. Emotional Issues

emotional issues, alasan pasangan tidak ingin punya anak

Tidak semua orang siap untuk memiliki anak. Moms, beberapa pasangan merasa tidak siap secara mental untuk memiliki dan merawat anak mereka.

Berbagai ketakutan akan proses kehamilan, proses mengurus anak dan ketakutan terhadap hal-hal lain yang berhubungan dengan keberadaan anak membuat pasangan memilih untuk tidak memiliki anak.

5. Dunia Tidak Selalu Menjadi Tempat yang Indah

Kita sebagai manusia yang sudah mengalami berbagai pengalaman di dunia dan merasakan perkembangan serta permasalahan yang ada mungkin juga enggan membiarkan anak kita kelak untuk menghadapi kejamnya dunia.

Kondisi bumi serta konflik-konflik sosial yang sudah mulai tidak ramah terhadap anak juga pertumbuhannya menjadi alasan pilihan untuk tidak memiliki anak menjadi pilihan terbaik yang dapat diambil oleh pasangan.

Berikut tadi adalah beberapa alasan mengapa pasangan memilih untuk tidak memiliki anak. Ada berbagai macam alasan lagi yang berbeda-beda pada setiap individu.

Moms, memiliki anak memang baik, tapi, keputusan untuk tidak memiliki anak juga bukan sesuatu yang salah. Yuk, hargai keputusan mereka yang tidak ingin memiliki anak!

(LMF)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.