Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Feb 8, 2018

Ternyata Ini 5 Manfaat Anak Memiliki Hobi

Bagikan


Sepertinya belakangan semakin banyak orang tua yang merasa kalau hobi balita adalah sesuatu yang akan mengganggu masa depannya. Mereka takut kalau hobi akan menghambat potensi akademis si kecil, yang zaman sekarang dianggap segalanya.

Akibatnya sudah jelas, banyak orang tua yang akhirnya tidak membebaskan buah hatinya menekuni hobi. Bahkan ada juga yang sampai melarang anaknya memiliki hobi sejak masih balita. Padahal Moms, sudah banyak fakta dan riset yang menunjukkan bahwa manfaat hobi sangat baik untuk tumbuh kembang balita.

Yuk, kita lihat bersama uraian berikut.

1. Mampu Mengatasi Stres

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Psychological Association mengatakan bahwa hobi mampu mengurangi atau bahkan mengatasi stres. Meskipun balita belum mengerti atau belum pernah merasakan stres, hobi akan membantu menjaga kesehatan mentalnya dalam kondisi prima.

Jadi kalau hobi balita adalah bernyanyi atau berdansa, biarkan saja. Bebaskan ia menjelajah bidang kesukaannya serta mendalami dan mempelajari setiap hal didalamnya. Kalau ternyata dia memiliki bakat luar biasa dalam hobi favoritnya, tentu Moms juga akan merasa senang bukan?

2. Meningkatkan Fokus & Atensi

manfaat anak memiliki hobi, hobi anak, anak melukis

Menurut Journal of Occupational and Organizational Psychology, hobi balita yang terus diasah dan dikembangkan ternyata akan membantu meningkatkan fokus dan perhatian si kecil lho, Moms.

Bukan hanya itu, balita yang memiliki hobi juga dinilai lebih kreatif serta memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik, dibandingkan dengan balita lain yang tidak memiliki hobi.

Baca Juga : Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi Ini!

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apa Moms merasa sulit mengenalkan si kecil pada orang lain? Atau merasa buah hati sangat pemalu dan kurang percaya diri? Jika iya, Moms bisa coba mengajak si kecil untuk lebih serius menjalankan hobinya.

Dalam studi yang dikeluarkan oleh Canadian Institute of Advance Research, proses mendalami dan mempelajari hobi ternyata dapat mengeluarkan rasa percaya diri yang selama ini terpendam. Seseorang yang sudah merasa sudah ‘jago’ dalam satu bidang akan merasa lebih percaya diri dan siap menerima tantangan yang baru.

4. Mudah Bersosialisasi

manfaat anak memiliki hobi, anak bersama teman, anak mudah bersosialisasi

Saat balita bermain dengan teman sebaya yang memiliki satu hobi dengannya, secara tidak langsung ia akan belajar cara bersosialisasi dengan baik. Mulai dari membuka pembicaraan, melakukan diskusi, hingga bertukar pikiran dan saling menukar ide.

Manfaat hobi ini ternyata didukung juga oleh penelitian yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information, dengan hasil yang hampir serupa.

Karena itulah, dukung hobi si kecil dengan cara memasukkannya ke grup atau komunitas yang sesuai dengan hobinya. Coba ajak dia untuk bermain bersama, sekaligus belajar lebih dalam tentang hobi yang diminatinya.

5. Menciptakan Growth Mindset

Dari semua manfaat hobi yang ada, bisa dibilang manfaat dari hobi inilah yang paling bagus untuk tumbuh kembang si kecil: menciptakan growth mindset agar dia dapat terus belajar hal baru setiap harinya.

Growth mindset adalah sebuah pola pikir yang diciptakan oleh Professor Carol Dweck yang melihat proses pembelajaran sebagai sesuatu yang menyenangkan, dan membuat otak ingin selalu belajar tentang hal baru. Kalau balita sudah memiliki pola pikir seperti ini sejak dini, tentu akan lebih mudah baginya untuk menjadi sukses di masa depan.

Dukung terus hobi balita, namun tetap awasi dan segera bertindak jika dia terlihat sudah melewati batas ya, Moms. Apa balita kesayangan Moms di rumah sudah punya hobi sendiri?

(WA)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.