Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
27 Februari 2020

Ternyata, Ini Manfaat Bosan pada Perkembangan Anak!

Tahukah Moms bila ternyata ada banyak manfaat bosan pada perkembangan anak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Meski sudah memiliki segudang mainan dan kesempatan bermain gawai, Si Kecil masih saja bisa mengeluh bosan. Kejadian ini kerap membuat orang tua bingung karena takut anak menjadi rewel akibat kebosanan.

Padahal, tahukah Moms dan Dads, rasa bosan yang anak rasakan itu tidak selalu berarti negatif. Bahkan studi menemukan sejumlah manfaat bosan pada perkembangan anak.

manfaat bosan pada perkembangan anak

Foto: simplifyingmamahood.com

“Kebosanan atau kejemuan tidak perlu dicemaskan karena justru bisa dilihat sebagai suatu kesempatan [untuk mendukung perkembangan anak],” ujar Teresa Belton, peneliti di School of Education & Lifelong Learning di University of East Anglia.

Menurut Belton, banyak studi yang mengungkapkan manfaat bosan pada perkembangan anak. Oleh karena itu, orang tua justru dihimbau agar membiarkan anak merasa bosan.

Baca Juga: 5 Permainan untuk Dukung Perkembangan Anak 2 Tahun

Manfaat Bosan pada Perkembangan Anak

Kira-kira apa saja ya, manfaat bosan pada perkembangan anak?

1. Mengenali Minat Diri

manfaat bosan pada perkembangan anak

Foto: mindchampsorg.files.wordpress.com

Dr. Vanessa Lapointe, psikolog dan penulis buku Discipline Without Damage: How To Get Your Kids To Behave Without Messing Them Up mengatakan, merasa bosan adalah pengalaman penting bagi anak.

Saat anak berada dalam situasi yang tidak terstruktur, yaitu tidak diarahkan untuk melakukan kegiatan atau permainan tertentu, mau tak mau ia akan berpikir tentang apa yang ingin ia lakukan. Proses ini mendorong Si Kecil untuk mengeksplorasi hal-hal apa yang sebenarnya ia sukai dan kurang sukai.

Baca Juga: Ketahui Plus Minus Gadget Bagi Perkembangan Anak dan Durasi Pemakaian Sesuai Usia

2. Menjadi Kreatif dan Mandiri

manfaat bosan pada perkembangan anak

Foto: mumcentral.com.au

Saat Si Kecil merasa bosan dan orang tua tidak menawarkan pilihan kegiatan atau permainan baru, percayalah, Moms, anak akan memutar otaknya.

Ia akan melihat sekelilingnya guna mencari tahu apa yang bisa ia lakukan sendiri, tanpa bantuan orang dewasa, untuk menghibur atau menyenangkan dirinya.

3. Lebih Peka Terhadap Sekitarnya

manfaat bosan pada perkembangan anak

Foto: htaba.com

Karena bosan dan merasa tidak ada kegiatan, Si Kecil akan melihat-lihat sekelilingnya. Anak akan memperhatikan hal-hal kecil yang sebelumnya ia acuhkan karena sibuk dengan kegiatannya, kata Dr. Lim Boon Leng, psikiater di Gleneagles Medical Centre.

Jadi, manfaat bosan pada perkembangan anak tidak hanya karena Si Kecil terdorong untuk mengeksplorasi dirinya sendiri, tetapi juga dunia di sekelilingnya.

Baca Juga: Apakah Les Calistung Akan Menganggu Perkembangan Anak?

Awalnya, anak mungkin akan bingung – dan rewel – karena meski sudah mengeluh bosan, tetapi orang tua tidak menawarkan kegiatan atau permainan tertentu.

Moms dan Dads tidak perlu cemas. Ingatlah berbagai manfaat bosan pada perkembangan anak yang disampaikan oleh para ahli.

Alih-alih mencarikan pilihan kegiatan bagi Si Kecil, doronglah anak untuk kreatif; biarkan ia berpikir sendiri dan mencari tahu apa yang ia sukai dan ingin ia lakukan.

Artikel Terkait