Kehamilan

KEHAMILAN
7 Mei 2019

Ternyata Ini Penyebab Perut Gatal Ketika Hamil Tua

Ternyata ini penyebabnya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Memasuki masa kehamilan, akan banyak hal yang terjadi pada seorang ibu.

Hal yang paling terlihat tentunya perubahan fisik dan setiap perubahan tersebut menjadi perhatian, ya, Moms.

Untuk itu, sangat penting dalam memperkaya informasi seputar kehamilan dengan sumber yang terpercaya.

Seiring dengan kencangnya arus teknologi, Moms bisa mendapatkan banyak informasi dan terkadang hal tersebut membuat semakin bingung.

Makanya, lebih baik memilih informasi dengan sumber yang tepat daripada hanya menerima mitos-mitos tanpa dasar yang jelas.

Hal ini diungkapkan langsung oleh seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Ricky Susanto.

Dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kalideres ini mengungkapkan pentingnya kebenaran informasi seputar kehamilan.

Baca Juga : Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

“Pemilihan informasi yang tepat sangat penting agar kita dapat bersikap dengan baik dan tidak khawatir mengenai kondisi kehamilan. Jangan langsung percaya dengan informasi yang hanya berdasarkan pengalaman namun tanpa data yang jelas,” ujarnya pada Kulwap Orami Community, Kamis (31/1) lalu.

Nah, salah satu perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil adalah perut membesar dengan berat badan yang bertambah seiring usia kandungan.

Menjelang hari kelahiran atau pada usia hamil tua, terkadang muncul rasa gatal di area perut. Apakah hal ini adalah wajar? Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi rasa gatal tersebut?

Daripada semakin bingung, simak ulasan berikut, yang bersumber langsung dari dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Perut Gatal Karena Faktor Hormonal pada Ibu Hamil

shutterstock_730038880.jpg

Sejak awal kehamilan hingga kelahiran, tubuh seorang ibu menghasilkan banyak hormon.

Seiring masa kehamilan pun, hormon tersebut akan mudah berubah dan memengaruhi kondisi tubuh ibu hamil.

Banyak hal yang terjadi karena perubahan hormon saat hamil seperti payudara yang membesar, terjadinya morning sick di awal kehamilan, perubahan mood yang drastis, perut terasa mulas menjelang kelahiran, atau kaki yang membengkak.

Perubahan hormon tersebut ternyata juga memengaruhi kondisi perut seorang ibu, yang menjadi mudah gatal ketika sudah hamil tua.

Perut yang gatal tersebut juga bisa menandakan kondisi perut yang mengembang karena bayi yang bertumbuh semakin besar. Tidak perlu khawatir, Moms dengan keadaan ini.

“Pada kondisi kehamilan kadang-kadang terdapat faktor hormonal yang menyebabkan rasa gatal pada perut. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan lotion. Gatal tidak mengindikasikan apa-apa,” jelas dr. Ricky.

Baca Juga : Waspadai Kram Perut Selama Kehamilan!

Mengatasi Perut Gatal Selama Hamil

shutterstock_1050935060.jpg

Terpenting adalah menjaga area perut agar tetap lembap. Kondisi kulit yang kering dapat membuat rasa gatal semakin parah dan dapat menyebabkan goresan. Hindari menggaruknya ketika perut terasa gatal.

“Ketika perut terasa gatal, sebaiknya tidak digaruk karena dapat menyebabkan luka dan menjadi infeksi. Saat ini sudah banyak lotion anti gatal yang aman untuk ibu hamil. Namun, jika keluhan semakin bertambah, tidak ada salahnya konsultasi ke dokter spesialis kulit,” lanjut dr. Ricky.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika perut terasa gatal dan disertai gejala lain seperti kaki dan tangan terasa gatal juga, dan urine berwarna gelap, Moms wajib untuk memeriksakan diri ke dokter karena dapat menjadi indikasi suatu gejala penyakit.

Setiap perubahan pada ibu saat kehamilan memang dapat membuat khawatir, namun dengan informasi yang tepat, Moms tidak perlu galau, ya!

(DG/CAR)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait