Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
10 Desember 2020

Serupa Tak Sama, Ini Perbedaan Lipstik Berdasarkan Jenisnya

Masing-masing jenis pewarna bibir ini punya ciri khasnya, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Lipstik adalah riasan mutlak penting yang dapat mengubah penampilan Moms dengan banyak cara. Dari membuat Moms terlihat manis dan segar hingga cantik mempesona dengan bibir merah anggur.

Lipstik dapat memberikan keajaiban bagi kita! Beragam jenis lipstik dapat membingungkan karena ada begitu banyak tekstur, jenis, dan corak yang dapat dipilih. Lalu, apa saja perbedaan lipstik ini?

Jika Moms sering berbelanja online, pasti akan tersesat di antara segudang lipstik, lip gloss, lip tint, lip balm berwarna, dan jenis lipstik lainnya.

Tahukah Moms, ternyata berbagai jenis makeup bibir itu berbeda dan masing-masing pun memiliki fungsi yang berbeda-beda juga.

Dan tahukah Moms, mana yang cocok untuk jalan-jalan, mana yang cocok untuk kantor dan apa jenis lipstik terbaik untuk pesta?

Agar Moms tidak bingung, kenali perbedaan lipstik yuk, agar Moms lebih tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lipstik Merah untuk Riasan Hari Natal

Perbedaan Lipstik Berdasarkan Jenisnya

Apa saja perbedaan lipstik yang harus Moms ketahui? Yuk kita tengok satu per satu, Moms.

1. Lipstik

shutterstock 1017272923

Foto: Orami Photo Stock

Dari semua jenis produk makeup yang biasa digunakan untuk bibir, mungkin lipstik adalah salah satu yang paling lama.

Secara historis, lipstik sangat matte dengan warna penuh. Namun sekarang sudah ada banyak pilihan untuk lipstik.

Dari masa ke masa, pewarna bibir ini hadir semakin variatif terutama dalam urusan warna dan tekstur. Ada yang matte, satin dan ada pula yang lebih berkilau atau glossy.

Dan lini kosmetik apa pun akan membawa setidaknya 30 hingga 40 warna di semua lapisan.

Pada perbedaan lipstik, pewarna bibir jenis lipstik bagus untuk menambahkan warna penuh pada bibir dalam berbagai warna dan sentuhan akhir. Namun hindari jika Moms menginginkan warna yang tahan lama.

Ingatlah untuk mengoleskan kembali lipstik sesering mungkin, karena akan luntur setelah Moms makan atau minum.

2. Long-wear Lipstick

long-wear lipstick

Foto: hergamut.com

Perbedaan lipstik selanjutnya yaitu jenis long-wear lipstick.

Seperti namanya, lipstik tahan lama merupakan jenis lipstik yang lebih baru adalah lipstik yang tebal, buram, dan tahan lama untuk Moms yang ingin mengaplikasikan warna di pagi hari dan bertahan sepanjang hari.

Seperti pewarna bibir yang tahan lama, long-wear lipstick ini dijual dalam bentuk cair. Moms bisa mengoleskannya ke bibir, di mana mereka akan tetap bertahan di bibir kita selama 8 hingga 12 jam setelah mengering.

Moms bisa melepasnya dengan penghapus riasan. Tapi di situlah kesamaannya berakhir.

Akan tetapi, lipstik yang tahan lama bisa terasa kering, jadi biasanya dijual dengan lip gloss bening yang melembapkan, untuk dipakai sebagai top coat.

Jenis lipstik ini disarankan untuk Moms yang menginginkan warna yang tahan sepanjang hari dan hindari jika bibir Moms kering atau cenderung pecah-pecah.

Baca Juga : Ingin Bibir Terlihat Lebih Yummy? Begini Caranya

3. Lip Gloss

shutterstock 1019851618

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms mendengar kata-kata "lip gloss", Moms mungkin membayangkan anak usia 13 tahun mengoleskan gloss warna permen karet saat naik bus ke sekolah.

Tetapi ada banyak variasi warna yang menarik bagi semua orang, tidak hanya remaja.

"Mereka memenuhi kebutuhan dan kelompok usia yang berbeda," kata Jeanne San Diego, penata rias yang berbasis di California Selatan.

Pada perbedaan lipstik ini, ada begitu banyak jenis: full color, sheer, glitter, perlindungan SPF. Beberapa lebih tipis dan beberapa memberikan tampilan yang lebih alami, seperti sedikit warna.

Sesuai dengan namanya, lip gloss adalah jenis pewarna bibir dengan kandungan minyak yang tinggi sehingga memberikan kesan berkilau atau glossy.

Tak hanya itu, meski tak sebaik lip balm atau lip butter, lip gloss juga dapat menjaga kelembapan kulit, lho. Tak jarang banyak yang mengaplikasikan lip gloss yang tak berwarna setelah menggunakan lipstick.

Kesimpulan yang bisa ditarik, lip gloss baik untuk orang dengan kulit kering, karena lip gloss cenderung melembapkan.

Namun hindari jika Moms mencari warna yang tahan lama, karena kilap pada lip gloss lebih cepat lepas daripada lipstik. Ini juga bisa berantakan, karena tetap lembap selama kita memakainya.

4. Lip Liner

shutterstock 261724004

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang yang memakai lip liner mengaplikasikan pensil pada garis tepi bibir untuk membantu lipstik tetap di tempatnya.

Perbedaan lipstik jenis lip liner adalah, lapisan matte bertindak sebagai penghalang, mencegah lipstik yang lebih lembut berpindah ke kulit di sekitar mulut.

Beberapa orang mewarnai bibir mereka seluruhnya dengan liner sebelum mengaplikasikan lipstik, karena lipstik cenderung hilang setelah makan dan minum tetapi tidak dengan lip liner, karena mereka tidak ingin terlihat dengan bibir telanjang yang dikelilingi oleh lip liner tebal.

Menambahkan lip liner pada bibir akan memberi kita tampilan yang tahan lama. Lapisi dengan sedikit lip gloss bening agar tampilan lipstik tahan lama, karena cenderung lebih kering.

Untuk tampilan yang mulus, cocokkan warna lip liner dengan lipstik kita.

Jenis lipstik ini bagus untuk menguraikan bibir sebelum mengaplikasikan lipstik untuk menegaskan bibir dan menciptakan penghalang untuk mengandung lipstik.

Namun, hindari jika Moms tidak berencana memakai pewarna bibir dalam jumlah banyak, seperti lip balm.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lip Balm Bayi Terbaik, Menjaga Bibir Si Kecil Tetap Lembap

5. Lip Tint

shutterstock 756617908

Foto: Orami Photo Stock

Untuk jenis lip tint, yang membedakannya dengan produk bibir lain adalah kandungannya yang tidak menggunakan lilin. Bahan utama lip tint biasanya adalah air, gel, atau alkohol.

Itulah sebabnya mengapa pada sebagian bibir lip tint menyebabkan kering, namun yang membuat ia tetap dicintai adalah warnanya yang tahan lama.

Ciri khas lip tint ini memberikan perbedaan lipstik yang terlihat.

6. Lip Balm

shutterstock 618575636

Foto: Orami Photo Stock

Pelembap bibir telah banyak berkembang dan identik dengan industri kosmetik. Tinted balm menawarkan sedikit warna dengan cakupan tipis hingga sedang dan sentuhan satin, ditambah kelembapan.

Lip balm umumnya mengandung vitamin E, SPF, dan shea butter yang akan melembutkan bibir. Itulah mengapa lip balm dapat membentuk lapisan baru di atas permukaan kulit untuk melindungi bibir dan menjaga kelembapannya.

Bagi Moms yang memiliki bibir pecah-pecah sangat dianjurkan untuk menggunakan lip balm.

Perbedaan lipstik dengan lip balm adalah, warna dari lip balm tidak solid dan transparan.

Jadi Moms tidak perlu khawatir melihat ke cermin dan membuatnya sempurna. Tidak disarankan untuk Moms yang mencari riasan bibir yang tebal, dalam, dan gelap.

Baca Juga: Melebarkan Sayap, 7 Seleb Ini Keluarkan Merek Lipstik Sendiri

7. Lip Butter

shutterstock 513518338

Foto: Orami Photo Stock

Tekstur yang dimiliki lip butter memang lebih creamy bila dibandingkan dengan lip balm. Hanya saja lip butter tidak mengandung SPF.

Namun, persamaannya dengan lip balm adalah lip butter tidak memiliki warna dan juga tahan lama saat digunakan.

8. Lip Stains

perbedaan lipstik

Foto: sunseekinginstyle.com

Tidak banyak dari kita yang menggunakan pewarna bibir tapi mengapa tidak?

Kita biasanya akhirnya membeli lipstik tube lama yang sama tetapi jika ingin warna solid dengan tampilan yang kurang berkilau, lip stains adalah pilihan terbaik.

Perbedaan lipstik dengan lip stains adalah, produk ini lebih ringan dari formulasi matte dan memberi Moms warna yang hidup yang juga bisa kita lapisi dengan warna lain.

Jadi untuk hari-hari ketika kita harus langsung jalan-jalan setelah bekerja, cukup gunakan pewarna bibir favorit kita dan siap melakukannya.

Sekarang Moms sudah lebih tahu bukan perbedaan lipstik dari masing-masing jenis produk untuk bibir? Sebaiknya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bibir Moms.

Terkadang bila mengaplikasikan sesuatu hanya karena warnanya sajapun tidak akan terlihat indah karena banyaknya membuat bibir tetap terlihat kering atau pecah-pecah.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait